Tentang kesehatan

Beberapa Jenis Makanan Bebas Kolesterol

buahampir semua orang tahu kata "kolesterol". Kebanyakan dari kita tahu kalau ini adalah suatu zat seperti lilin yang ditemukan di arteri bersama dengan lemak. Kolesterol sangat krusial bagi pembentukan membran sel dan jaringan tubuh lainnya. Tetapi bila kadar kolesterol menjadi tinggi, ini dapat mengarah ke stroke. Kadar kolesterol tinggi adalah salah satu faktor

risiko utama dari penyakit jantung. Menjaga diet yang sehat dan cukup berolahraga dapat menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi makanan-makanan bebas kolesterol akan mengarahkan kita kedalam kehidupan yang lebih sehat.

Di sisi lain, ini bukan berarti Anda dapat mengonsumsi semua yang ada hanya karena makanan tersebut bebas kolesterol. Namun ini berarti Anda menyadari apa yang Anda konsumsi. Mengonsumsi setidaknya tiga hingga lima kali buah-buahan atau sayuran setiap hari sangatlah bagus. Buah-buahan dan sayuran adalah makanan bebas kolesterol. Bila Anda ingin makanan didalam diet Anda semuanya bebas kolesterol, buah-buahan dan sayuran sangat baik sebagai substitusi. Saat belanja buah-buahan dan sayuran, belilah dalam bentuk makanan kecil, salad, lauk-pauk, pencuci mulut, dan makanan utama. Tambahkan variasi sayuran dengan daging atau buatlah menu utama vegetarian. Cuci dan potonglah sayuran mentah sebelum menyimpannya. Selalu sajikan buah-buahan segar sebagai hidangan pencuci mulut.

Roti, nasi, sereal, kacang-kacangan dan pasta adalah makanan yang tinggi akan zat tepung dan serat namun rendah akan lemak jenuh dan kalori. Makanan ini tidak memiliki asupan kolesterol (kecuali produk roti bakery atau roti manis). Konsumsilah enam hingga sebelas hidangan dari kelompok makanan ini setiap harinya. Bila Anda memiliki kadar kolesterol HDL yang rendah, Anda harus menjaga asupan karbohidrat Anda dibawah kadar maksimun sekitar 60% dari total kalori. Anda harus selalu ingat bila Anda membeli makanan dari kelompok makanan ini, pilihlah whole-grain bread karena mengandung lebih banyak serat dibandingkan white bread, serta belilah sereal kering (dry cereal) karena kebanyakan sereal kering memiliki lemak yang rendah. Batasi roti yang manis, karena mengandung kolesterol tinggi.

Bila Anda akan makan, ingatlah untuk memilih restoran yang menyajikan makanan enak rendah lemak dan rendah kolesterol. Tanyakan kepada penyajinya bagaimana menyiapkan makanan yang Anda pesan. Hindari gorengan, krispi, pelapis, braised, au gratin (kulit roti yang keras), stewed, ditumis; makanan ini tinggi akan lemak. Dan juga hindari sajian yang diawetkan (asinan, asaman), diasap, dijus, berbahan dasar tomat dan makanan dengan saus teriyaki. Namun pilihlah makanan yang diuap, dibakar, direbus, dipanggang, baked, roasted. Bila anda makan di restoran fastfood, selalu hindari burger dengan keju, saus spesial dan bacon (daging babi).

Bacon, sosis, dan telur mengandung kolesterol. Cobalah mengonsumsi buah-buahan segar, ham yang tipis (lean ham), dan makanan dari gandum untuk sarapan. Telur memiliki kolesterol sangat tinggi, terutama kuning telurnya. Cobalah mengganti kuning telur dengan putih telur. putih telur tidak memiliki kolesterol. Satu kuning terlur memiliki 213 miligram kolesterol. Untuk unggas, pilihlah ayam daripada bebek. Pastikan untuk membuang kulitnya sebelum dimasak. Lemaknya tersimpan di kulit.

Ingatlah, untuk mendapatkan diet bebas kolesterol, seseorang harus mengonsumsi makanan bebas kolesterol.