Tentang kesehatan

10 Tips Berhenti Merokok Secara Total

 

RokokDengan begitu banyaknya petunjuk serta saran tentang bagaimana berhenti merokok maka sangat mudah dipahami kenapa masih banyak orang yang tidak berhenti merokok. Kebanyakan orang dibingungkan dengan proses-prosesnya! Pesan-pesan beredar yang mana saja yang bertentangan ? Kenyataannya ialah dengan begitu banyaknya informasi yang disampaikan di sekitar kita sangat membingungkan orang-orang maka mereka akan mengambil jalan termudah dengan melanjutkan kebiasaan merokok dan menunggu sampai ada solusi yang mudah. Memang pada kenyataannya mengambil langkah untuk berhenti merokok tidaklah mudah. Solusi yang tepat hanyalah dengan fakta bahwa berhenti merokok adalah yang terbaik buat Anda dan kesehatan Anda.


Kebanyakan orang telah mengetahui bahwa berhenti merokok dapat meningkatkan kesehatannya, namun belajar untuk berhenti merokok tidaklah mudah. Dengan begitu banyaknya godaan lingkungan serta tekanan stres dari kehidupan sehari-hari maka merokok merupakan pelampiasan yang tepat bagi mereka.

Tip #1 Anda perlu alasan yang kuat untuk berhenti.

Memutuskan berhenti merokok dengan alasan langit itu biru bukanlah alasan yang cukup. Kebutuhan untuk berhenti merokok adalah jelas, namun keinginan untuk berhenti merokok harus datang dari dalam diri Anda supaya proses bisa berjalan dengan sukses.

Tip #2 Hadiahi diri Anda saat ada peningkatan.

Berhenti merokok tidaklah segampang Anda berhenti mengonsumsi daging kalkun. Maka hadiah kecil sangat diperlukan sebagai penyemangat dalam proses. Ini akan akan menjadi motivasi bagus untuk Anda.

 

Tip #3 Rencanakan strategi berhenti merokok.

Putuskan bagaimana cara Anda untuk berhenti dan tetap berpegang teguh pada ini. Tentukan waktu kapan Anda mulai berhenti merokok. Jika dalam jangka waktu tersebut, katakanlah enam minggu Anda belum bisa berhenti merokok juga, buatlah rencana baru. Ini akan memberi Anda cukup waktu untuk mencoba metode yang baru, sementara juga memberi Anda keleluasaan untuk mencoba hal yang lain.

Tip #4 Pecahkan masalah Anda.

Jika Anda merokok karena ada masalah yang Anda hadapi, maka Anda perlu menghadapi hal itu terlebih dulu sebelum Anda bisa sukses dengan program berhenti merokok Anda. Apapun alasan Anda merokok, ini harus dihadapi dulu jika ingin berhenti.

Tip #5 Buat hukuman untuk Anda sendiri.

Sebagai contoh, jika biasanya Anda berhenti untuk minum kopi di Starbucks tiap hari, Anda bisa menghukum diri Anda sendiri untuk tidak mampir pada saat Anda gagal untuk tidak merokok pada hari itu. Apapun hukuman yang Anda pilih, pilihlan sesuatu yang berat bagi Anda.

Tip #6 Minta pertolongan dari teman dan keluarga.

Anda perlu dukungan saat anda mencoba berhenti merokok, ini akan membuat Anda merasa bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi prosesnya.

Tip #7 Cari seseorang yang juga berusaha berhenti merokok.

Jika Anda berusaha sendirian, Anda akan cenderung untuk kembali merokok. Jika ada seseorang yang menjadi teman dan saling mengingatkan, maka ada kesempatan besar untuk sukses. Usaha berhenti merokok sangatlah tidak mudah, namun tugas yang berat lebih mudah diselesaikan jika mempunyai teman.

Tip #8 Mempunyai waktu tidur yang cukup banyak.

Usaha berhenti merokok sangatlah sulit. Jika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, Anda bisa menjadi rewel, gusar dan marah pada dunia. Ini akan merugikan tujuan Anda untuk berhenti merokok secara total.

Tip #9 Berencana untuk berhenti total.

Ini mungkin aneh, namun jika Anda hanya berencana berhenti untuk akhir pekan saja, Anda tidak butuh banyak usaha di dalam prosesnya. Jika Anda berencana berhenti total, banyak waktu dan usaha yang akan terjadi di dalam prosesnya begitu juga dengan rencana Anda untuk berhenti.

Tip #10 Cari cara agar pikiran Anda tidak tertuju pada rokok.

Jika Anda selalu berpikir tentang rokok, Anda pasti akan tergoda untuk merokok. Membaca buku, berolahraga, berbicara di telepon, surfing di internet ataupun memasak adalah cara-cara yang bagus untuk mengalihkan pikiran Anda dan menjaga supaya Anda memikirkan tentang rokok.

Olahraga dan kesehatan