Penyebab dan Obat untuk Infeksi Saluran Kemih

Kandung Kemih sinar xanita yang lebih aktif secara seksual adalah penderita terbanyak dari infeksi saluran kencing atau infeksi kandung kemih atau ginjal. Pria juga menderita infeksi ini tapi kebanyakan setelah usia 50 tahun.

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan oleh bakteri yang bergerak dari saluran kencing atau uretra ke dalam kandung kemih. Di antara wanita, kehamilan, hubungan seksual, diabetes atau infeksi saluran kemih di masa lalu menyebabkan

infeksi tersebut. Risiko juga meningkat ketika mereka menyeka dari belakang ke depan setelah buang air besar.

Gejala khas antara lain adalah keinginan untuk sering buang air kecil dengan ketidakmampuan untuk mengeluarkan lebih dari sejumlah kecil air seni atau rasa sakit dan sensasi terbakar pada saat buang air kecil atau bahkan rembes atau kebocoran pada siang hari dan saat tidur. Kemungkinan juga urin mengeluarkan bau busuk atau mengandung bintik darah.

Yang harus dilakukan saat Anda mengalami infeksi kandung kemih :

  • Anda harus minum antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda. Pastikan untuk menghabiskan semua obat walaupun gejala hilang karena jika Anda menghentikan pengobatan terlalu awal, beberapa bakteri dapat bertahan hidup dan menginfeksi lagi.
  • Banyak istirahat dan jika demam berlangsung lama, tinggal di tempat tidur sampai suhu Anda mencapai normal dan Anda merasa lebih baik.
  • Minum 6 sampai 8 gelas seukuran kaleng soda cairan terutama air putih setiap hari untuk membersihkan ginjal dan membuang kuman dari saluran kemih Anda. Minum jus cranberry atau minum vitamin C akan membantu untuk membuat urin Anda lebih asam dan menjaga infeksi terkendali.
  • Buang air kecil sesering Anda merasa ingin buang air kecil dan coba untuk mengosongkan kandung kemih sepenuhnya setiap kali sebelum dan setelah berhubungan seks.
  • Hindari konsumsi alkohol atau kafein selama perawatan karena mengiritasi kandung kemih.
  • Lebih baik mandi pancuran daripada mandi berendam setiap hari dan cuci daerah kelamin dengan sabun dan air. Jangan menggunakan minyak atau busa mandi.
  • Juga ingat untuk menyapu dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau buang air besar karena ini mengurangi kemungkinan kuman masuk ke kandung kemih. Juga dianjurkan untuk memakai celana dengan area selangkangan terbuat dari bahan katun.
  • Lakukan kunjungan perawatan tindak lanjut Anda secara teratur untuk menyembuhkan infeksi, bila tidak infeksi berkelanjutan dapat merusak ginjal.

Olahraga dan kesehatan