Menopause Dini

osteoporosisanya karena Anda masih berusia di awal dua puluhan tidak berarti bahwa Anda selalu masih memiliki lebih dari dua dekade sebelum anda berhadapan langsung dengan menopause dan

semua kompleksitasnya. Menopause selalu dikaitkan dengan wanita yang rambutnya telah menipis dan beruban, memiliki kerutan di wajah, dan usia tua. Tapi yang mengejutkan, menopause dapat terjadi tepat setelah anda lulus sekolah menengah atas. Sebuah kenyataan yang menyakitkan.

Menopause dini dan menopause prematur terjadi di sekitar 1% perempuan antara usia 15-45. Sementara kedua istilah tampaknya sama, namun sebenarnya adalah dua hal yang berbeda. Akan dianggap sebagai menopause dini jika terjadi sebelum seorang wanita berusia 45 tahun. Namun, jika menopause terjadi sebelum seorang wanita mencapai usia 40 tahun, maka disebut menopause prematur.

Meskipun ada beberapa alasan yang jelas yang menyebabkan menopause dini dan menopause prematur pada wanita, dokter tidak dapat menjelaskan mengapa beberapa wanita muda mengalami menopause dini atau menopause prematur. Meskipun demikian, penyebab paling jelas adalah:

Kegagalan Ovarium Prematur (KOP).

Ini adalah menopause dini yang terjadi secara alamiah. Ini berarti bahwa ovarium wanita gagal berfungsi dengan baik. Ovarium mungkin telah berhenti memproduksi telur atau hormon-hormon yang diperlukan untuk ovulasi. KOP disebabkan oleh beberapa faktor. Enam puluh lima persen kasus KOP disebabkan gangguan auto-imun. Hal ini ditandai ketika tubuh memproduksi antibodi untuk melawan diri sendiri. Faktor lain adalah genetika. Sebagian kecil wanita memiliki kecenderungan untuk mulai menopause dini seperti ibu mereka. Beberapa wanita dilahirkan dengan memiliki jumlah telur lebih sedikit dari yang dibutuhkan tubuh, yang menyebabkan menopause dini.

Bedah Menopause.

Karena alasan kesehatan, seorang perempuan mungkin memerlukan untuk menjalani operasi yang akan mengakibatkan menopause dini. Hal ini merupakan keputusan yang disadari oleh wanita untuk kemudian mengalami menopause lebih awal daripada yang seharusnya mereka alami, karena itu adalah pilihan terbaik berkaitan dengan kesehatan mereka. Salah satu operasi tersebut adalah histerektomi atau pengangkatan uterus, saluran tuba fallopi, dan kadang-kadang ovarium.

Menopause Karena Kemoterapi.

Perawatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi benar-benar dapat mengakibatkan menopause dini. Sementara pengobatan ini bertujuan untuk menghancurkan sel kanker, sel-sel sehat, khususnya sel-sel ovarium juga hancur selama proses ini. Sebagian pasien kanker yang telah melalui perawatan ini mengalami menopause sementara, sedangkan yang lainnya mengalami menopause permanen.

Menopause Karena Infeksi.

Meskipun sangat jarang terjadi, menopause sebenarnya dapat disebabkan oleh infeksi yang berkaitan dengan TBC dan gondok. Infeksi ini terkadang menyerang ovarium yang dapat mengakibatkan menopause dini.

Menopause dini bisa terjadi pada seorang wanita beberapa tahun sebelumnya dari yang seharusnya. Namun, ini tidak berarti bahwa keadaannya lebih sakit dibandingkan wanita yang telah menopause pada usia 50 tahunan. Yang penting adalah perubahan yang dapat anda terima dan lakukan dalam rangka untuk memiliki kehidupan yang sehat setelah menopause.

Olahraga dan kesehatan