Apa Itu Menstruasi Normal ?

Organ reproduksi wanitaMenstruasi, setiap wanita memiliki pengalaman menstruasi dan  masing-masing memiliki pendapat pribadi tentang bagaimana menstruasi mempengaruhi hidup mereka. Menstruasi adalah fase terlihat dari siklus menstrul yang dihitung dari hari pertama perdarahan di satu siklus sampai hari sebelum hari pertama perdarahan berikutnya. Menstruasi adalah waktu yang menandakan tahun-tahun reproduksi dalam kehidupan seorang wanita. Awal menstruasi disebut menarche dan akhir periode ini disebut menopause.

Sangat penting untuk wanita mengenali yang dimaksud dengan siklus normal sehingga dapat mengenali gejala-gejala yang tidak normal yang mungkin menandakan awal sebuah disfungsi atau penyakit.


Perdarahan yang dialami setiap bulan sebenarnya adalah akhir dari 25 sampai 35 hari proses persiapan tubuh untuk hamil. Sebuah periode normal berlangsung antara 3 sampai 7 hari menggunakan hitungan hari pertama perdarahan. Meskipun proses berlangsung 25 sampai 35 hari, siklus pada gadis-gadis remaja biasanya tidak teratur selama beberapa tahun.

Karakteristik yang paling umum dari siklus normal meliputi keputihan di pertengahan siklus, perdarahan selama 3-7 hari, kram, kembung, nyeri payudara, kemurungan dan perubahan bau badan saat berkeringat. Wanita harus memperhatikan perubahan tertentu di tubuh mereka setiap bulan, sehingga dapat mengantisipasi awal periode dan jika terjadi perubahan yang tidak normal.

Kram adalah keluhan umum yang ada di sebagian besar sekolah dan berarti kehilangan waktu kerja bagi wanita. Kram bisa menjadi masalah jika kramnya parah atau rasa sakit tidak berkurang setelah mengkonsumsi obat bebas. Kram menstruasi dapat terjadi di perut bagian bawah, paha atas dan punggung bawah. Para wanita menggambarkan rasa sakit kram sebagai kondisi tumpul dan sakit yang hebat.

Selama menstruasi aliran darah dapat ringan, sedang atau berat tergantung pada seberapa tebal lapisan rahim di bulan itu. Kebanyakan wanita mengalami fluktuasi aliran darah setiap bulannya, tetapi rata-rata jumlahnya sama dari bulan ke bulan.

Keputihan bisa menjadi tidak sehat dan berhubungan dengan infeksi bakteri, bau yang tidak menyenangkan dan sering gatal, iritasi serta sakit saat buang air kecil. Infeksi vagina disebut vaginosis. Ketika vaginosis akibat infeksi bakteri terjadi, keputihan bisa terlihat jelas, berwarna putih susu atau abu-abu. Rasa sakit dan iritasi biasanya lebih buruk mendekati menstruasi.

Jamur adalah bentuk lain dari infeksi. 75% dari wanita memiliki infeksi jamur paling tidak sekali dalam hidup. Pada infeksi jamur, keputihan berwarna putih seperti keju lembut. Infeksi jamur disebabkan oleh perubahan hormon, pakaian ketat, memakai pakaian renang basah untuk jangka waktu lama, diabetes, kelebihan berat badan dan penggunaan antibiotik.

Para wanita harus menghindari penggunakan semprotan air atau sabun dan sabun beraroma tajam. Bersihkan daerah vagina dengan sabun ringan di luar daerah vagina. Kenakan pakaian longgar, celana dalam katun dan disarankan memakai pantiliner. Mereka juga harus ingat untuk menyeka dari depan ke belakang, mengurangi tingkat stres dan menjaga diafragma dan aplikator tampon agar tetap bersih.

Unsur lain dari menstruasi untuk diperhatikan adalah amenore atau tidak adanya menstruasi. Gadis-gadis muda harusnya telah mulai mengalami menstruasi di umur 16, jika belum maka mereka harus berkonsultasi dengan dokter. Amenore sekunder terjadi pada wanita yang sebelumnya menstruasi tetapi kemudian berhenti selama 3 siklus. Penyebab yang paling mungkin dari amenore sekunder adalah penurunan berat badan ekstrim, stres, gangguan makan serta olahraga berlebihan. Hilangnya menstruasi dapat menyebabkan osteoporosis sehingga harus cepat ditangani.

Para wanita dapat menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut ke diri mereka sendiri:

* Apakah mengalami perubahan besar di siklus menstruasi ?
* Apakah menstruasi yang terjadi sangat berat atau sangat ringan?
* Apakah tingkat kram parah?
* Apakah keputihan serta bau badan berat dan kuat?

Pertimbangkan semua faktor diatas untuk menentukan apakah siklus menstruasi Anda normal atau Anda harus berkonsultasi ke dokter.

 

Olahraga dan kesehatan