Penyakit yang Disebabkan Panas Pada Anak Remaja

remaja sakit cap=P]enyakit yang terkait dengan panas disebabkan oleh kontak yang terlalu lama dengan panas dan kelembaban tanpa berhenti dan karena kurangnya asupan cairan. Anak-anak dan remaja menyesuaikan diri terhadap panas dalam berbagai variasi dibandingkan dengan orang dewasa yang lebih cepat beradaptasi. Namun, produksi panas pada remaja lebih tinggi jika dibandingkan dengan

orang dewasa dan remaja relatif kurang berkeringat. Berkeringat adalah tindakan alami dari tubuh dan mekanisme pendinginan untuk melawan panas. Anak-anak dan remaja sering mengabaikan fakta-fakta ini dan tidak menghidrasi diri sendiri dengan cukup saat mereka bermain, berpartisipasi dalam olahraga dan latihan fisik.

Anak-anak dan remaja dengan masalah kesehatan kronis atau mereka yang menjalani pengobatan tertentu dapat lebih rentan terhadap masalah yang berhubungan dengan panas. Remaja yang kegemukan atau mereka yang mengenakan pakaian tebal pada saat beraktivitas juga menderita penyakit akibat panas. Penyakit-penyakit akibat panas pada dasarnya digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu: kram, stroke dan kelelahan akibat panas.

Kram akibat panas adalah yang paling ringan dari semua cedera akibat panas dan yang memberikan sakit kram otot serta kejang otot yang terjadi selama dan setelah olahraga yang intens, juga ketika berkeringat dalam keadaan panas tinggi. Gejala-gejala kram akibat panas termasuk kram di kaki yang menyakitkan. Kulit yang memerah dan lembab juga termasuk gejala kram akibat panas. Gejalanya bisa juga disertai demam ringan yang umumnya di bawah 102 derajat Fahrenheit. Remaja yang menderita kram panas harus pindah ke tempat yang dingin dan beristirahat dengan cukup. Lepaskan semua pakaian yang berlebihan atau letakkan pakaian dingin pada kulit atau dinginkan kulit menggunakan pendingin udara atau kipas angin. Minuman olahraga yang dingin dan yang mengandung gula dan garam juga boleh diminum. Peregangan pada otot yang kram secara perlahan dan hati-hati juga dapat membantu mengurangi kram panas.

Di sisi lain, kelelahan akibat panas adalah lebih serius dan parah dibandingkan dengan kram akibat panas dan ini terjadi akibat kehilangan kandungan garam dan air yang berlebihan dari dalam tubuh. Kondisi panas yang ekstrim, asupan cairan yang tidak memadai dan berkeringat berlebihan akan mengakibatkan kondisi ini. Kelelahan akibat panas juga terjadi sebagai akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk mempertahankan suhu tubuh di bawah normal yang lebih lanjut dapat memburuk dan mengakibatkan stroke akibat panas yang merupakan kondisi yang lebih parah lagi. Gejala-gejala kelelahan akibat panas adalah: kram otot, kulit lembab dan pucat, mual, demam di atas 102 derajat Fahrenheit, diare, muntah, kelelahan, sakit kepala, kelemahan, gelisah dan perasaan ingin pingsan. Remaja yang menderita kelelahan akibat panas harus tinggal di tempat sejuk dan istirahat cukup. Melepas pakaian yang berlebihan, mengenakan baju yang dingin dan duduk di dekat kipas atau pendingin udara juga membantu memperingan keadaan. Meminum minuman olahraga yang dingin yang mengandung garam dan gula juga dianjurkan. Jika remaja tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan bahkan setelah melakukan semua tindakan diatas, maka harus segera berkonsultasi dengan dokter.

Stroke akibat panas adalah kondisi terberat dari semua penyakit yang berhubungan dengan panas. Dalam kondisi ini, tubuh akan kewalahan terhadap panas yang berlebihan dan efisiensi dari sistem yang mengatur panas tubuh turun jauh sehingga dapat mengakibatkan keadaan darurat yang serius dan memerlukan perhatian medis secepatnya. Gejala-gejala stroke akibat panas termasuk kulit hangat dan kering, demam sangat tinggi umumnya di atas 104 derajat Fahrenheit, peningkatan denyut jantung, kehilangan nafsu makan, mual, sakit kepala, muntah, kelelahan, emosi, kebingungan, pingsan, kejang, koma dan kemungkinan kematian. Seorang remaja yang mengalami gejala stroke akibat panas harus tinggal di tempat yang dingin dan istirahat yang cukup. Stroke akibat panas adalah kondisi serius dan harus melakukan panggilan pertolongan darurat. Sementara itu, remaja yang mengalaminya harus dibebaskan dari pakaian yang berlebihan dan harus memakai pakaian yang dingin dan juga meletakkan air yang dingin di kulitnya untuk menurunkan suhu badannya. Meletakkan kantong es di ketiak juga dapat membantu. Berikan minuman dingin jika remaja tersebut masih sadar.

Stroke akibat panas sangat dapat dicegah jika tindakan pencegahan tertentu dilakukan seperti meminum air secukupnya sepanjang hari-hari yang panas, menghindari minuman beralkohol dan berkafein, menggunakan baju yang ringan, berolahraga di waktu-waktu cuaca dingin sepanjang hari, mengenakan topi dan kacamata, menggunakan payung di cuaca hari yang panas, menggunakan tabir surya yang mengandung SPF setidaknya 15, dan sebagainya.

Olahraga dan kesehatan