Drugs dan Efek Sampingnya, Penting untuk Remaja

Drugs dan Efek Sampingnya, Penting untuk Remajaanyak orangtua khawatir ketika anak-anak mereka mulai memasuki masa remaja. Salah satu risiko yang harus mereka hadapi adalah ancaman obat-obatan terlarang beserta akibat yang ditimbulkannya terhadap anak-anak mereka. Berikut akan dibahas beberapa fakta mengenai obat-obat terlarang (drugs) lengkap dengan efek sampingnya.

Memberi Informasi Mengenai Drugs Kepada Anak

Anda harus ingat bahwa menakut-nakuti anak mengenai drugs adalah bukan merupakan ide yang baik. Anda tidak harus menggertak anak Anda untuk menjauhkan mereka dari drugs. Beberkan fakta yang seimbang mengenai drugs secara jujur dan biarkan mereka memilih keputusan yang tepat untuk mereka sendiri.

Tidak ada kata terlalu awal untuk berbicara mengenai drugs terhadap mereka sebab saat ini para anak telah banyak mengenal drugs, alkohol, dan seks lebih dini dari yang seharusnya. Ketika Anda berusaha menghindari, mereka akan mencari tahu hal-hal tersebut melalui teman-teman sebaya mereka. Kebanyakan info yang didapat juga tidak menyeluruh dikarenakan pengetahuan mereka yang juga masih minim. Oleh karena itu, para orangtua diharapkan selangkah lebih maju. Beri kesempatan pada anak-anak untuk bertanya, dan tugas Andalah sebagai orangtua untuk memberikan pengetahuan secara lebih dalam dan mendetail.

Jenis-Jenis Drugs Populer dan Efek Sampingnya

Ketika membicarakan drugs, anak-anak Anda pasti akan memiliki banyak pertanyaan. Mulailah dengan pengenalan awal terhadap drugs dan cermati arah pembicaraan selanjutnya. Berikut adalah fakta mengenai drugs yang sering dijumpai di jalanan dan apa efek yang ditimbulkan masing-masing mereka.

Heroin

Berasal dari tanaman yang disebut opium. Diekstrak dari perasan bunga opium. Sangat bersifat adiktif, dan digunakan dengan cara dihirup, dihisap, atau disuntikan ke tubuh. Heroin memiliki nama jalanan populer lain seperti horse dan smack. Dosis kecil heroin akan membuat rasa euforia berlebih, seperti melayang meninggalkan tubuh. Ketika sakau hilang, maka hal-hal berikut yang akan muncul: mengantuk, mual, muntah, dan kram. Jika tidak hati-hati, kemungkinan overdosis sangatlah mudah terjadi.

Kokain

DIsebut juga snow, crack, dan nose candy. Kokain diekstrak dari daun tanaman cocoa. Penggunanannya bisa dengan cara dihirup, dihisap, dan disuntik. Drugs ini biasa dicampur dengan substansi lain untuk memperoleh kemurniannya. Substansi kimia lain yang dicampur pada kokain dapat membuat ketagihan hingga overdosis yang akan mengakibatkan kerusakan mental pada penggunanya. Kokain yang telah di-crack tersebut dapat merangsang terjadinya serangan jantung bahkan pada saat pertama kali digunakan.

Alkohol

Barang ini diklasifikasikan drugs walaupun sebenarnya legal. Jika Anda berusia di bawah 21 tahun, Anda tidak diperkenankan membelinya. Namun banyak sekali cara yang dilakukan anak-anak untuk memperolehnya. Alkohol mengganggu tubuh manusia dalam pembuatan keputusan, keseimbangan, visi, dan reaksi. Mengemudi kendaraan di bawah pengaruh alkohol merupakan pembunuh nomor satu di kalangan remaja. Minum terlalu banyak alkohol dapat menuntun pada keracunan alkohol dan dapat pula menyebabkan kematian.

Designer Drugs

Daftar yang termassuk di dalamnya contohnya saja ekstasi, PCP, LSD, GHB, dan crystal meth. Semua obat-obatan tersebut dibuat untuk memberikan rasa yang sama dengan jenis-jenis drugs di atas, namun tidak menggunakan substansi illegal. Mereka mematikan, dengan penggunaan massal dapat menyebabkan kelumpuhan dan kerusakan otak serta menuntun pada kematian.

Obat Batuk (Cough Medicine)

Bisa merupakan obat tanpa resep yang digunakan untuk mencapai fly. Bahan aktifnya yaitu dextromethorphan dapat menyebabkan gangguan jiwa (paranoia), rasa pusing dan merasa seperti meninggalkan tubuh, yang bahkan sering dicari secara sengaja oleh anak-anak. Penggunaan secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan otak, kejang, dan kematian.

Anak-anak mencoba drugs untuk berbagai macam alasan. Memberikan pengetahuan kepada mereka mengenai drugs dan efek sampingnya dapat menjadi penghalang mereka dalam mencoba barang berbahaya ini.