Mesin USG: Untuk Skrotum (Kantung Buah Zakar)

Mesin USG: Untuk Skrotum (Kantung Buah Zakar)esin USG bisa digunakan untuk melihat bagian dalam tubuh dan karakteristik lain dari berbagai organ. Skrotum atau kantung buah zakar merupakan salah satu bagian yang bisa diperiksa secara menyeluruh karena terdapat banyak kemungkinan anomali dan pertumbuhan yang bisa terjadi di antara pasien pria. Prosedurnya non-invasif dan aman, jadi bisa dipastikan Anda mendapatkan

hasil yang akurat tanpa harus menghabiskan banyak uang atau menjalani prosedur yang panjang dan penuh tekanan.

Mendefinisikan USG Skrotum

USG skrotum dilakukan dengan pemaparan getaran suara dengan frekuensi tinggi kepada skrotum untuk menciptakan gambar dari struktur dan fitur bagian dalam. Tes ini tidak menggunakan radiasi ionisasi, yang kadang bisa menjadi penyebab ketidaksuburan dan masalah lainnya. Gambar USG diambil secara langsung sehingga Anda bisa melihat gerakan yang ada dan bentuk dari organ internal. Bahkan aliran darah bisa terlihat mengalir melalui pembuluh darah.

USG skrotum merupakan prosedur non-invasif, tidak sakit dan cepat. Prosedurnya hanya memakan waktu 20 hingga 30 menit. Dokter kemudian akan menggunakan gambar yang telah disimpan untuk menentukan apakah terdapat hal yang tidak normal agar bisa segera diobati dan disembuhkan. USG akan memberikan foto testis, termasuk jaringan sekitar dari pasien pria.

Fungsi Lain USG

Untuk mengevaluasi dan mendiagnosa masalah testis, penggambaran USG merupakan metode primer. Studi tersebut dapat digunakan untuk menentukan apakah ada massa di dalam kantung buah zakar dan jika terisi cairan, kista atau padat. Fungsi lainnya termasuk pencarian lokasi tepatnya sebuah testis yang tidak turun, mendiagnosa hasil trauma kantung buah zakar, mengevaluasi kemungkinan penyebab ketidaksuburan seperti varikokel dan mendiagnosa penyebab rasa sakit atau pembengkakan pada testis seperti pada kasus torsi atau peradangan.

Prosedur ini juga bisa digunakan untuk mengevaluasi struktur lainnya seperti epididimis, saluran yang mengumpulkan sperma yang dihasilkan oleh testis, serta begitu juga dengan prostat. Munculnya rasa sakit yang tiba-tiba pada kantung buah zakar bisa merupakan masalah yang serius. Epididimis merupakan alasan yang paling umum terjadi untuk hal ini, dimana terjadi peradangan pada epididimis. Antibiotik bisa mengatasi masalah ini, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan terhentinya aliran darah atau abses ke testis.

Lebih Lanjut Mengenai Mesin USG

USG skrotum bisa menemukan testis yang hilang atau tidak turun. Jarang terjadi kasus dimana testis tidak berkembang dengan baik atau tidak berkembang sama sekali. Sekitar 3% bayi laki-laki penuh bulan memiliki testis yang tidak turun. Si anak memiliki kesempatan tinggi terkena kanker jika masalah tersebut dibiarkan. Prosedur diagnostik juga bisa menemukan torsi testikular, dimana tali sperma berisikan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kantung buah zakar terlilit. Biasanya penyebabnya adalah jaringan yang tidak terlalu melekat. Masalahnya lebih umum terjadi di kalangan remaja dan bisa sangat menyakitkan. Pembedahan sesegera mungkin diperlukan untuk mencegah kerusakan testis secara permanen.

Mesin USG bisa menemukan dan mengevaluasi massa seperti tumor dan gumpalan di dalam kantung buah zakar. Sebagian besar massa yang ditemukan berada tepat di luar testis. Mayoritas tidak bersifat kanker, sementara yang berada di dalam bersifat ganas.

Untuk mempersiapkan diri menjalani prosedur tersebut, gunakan pakaian yang longgar dan nyaman, karena Anda akan diminta membuka pakaian Anda dan memakai terusan. Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan. Anda bisa keluar dari klinik segera setelah selesai menjalani tes tersebut, tanpa tindakan pencegahan atau instruksi khusus. Hasilnya akan tersedia dalam beberapa jam. Izinkan ahli diagnostik untuk menginterpretasikan hasil datanya untuk Anda.

Olahraga dan kesehatan