Memahami Vasektomi; Apa-apa Saja yang Harus Dipertimbangkan

Memahami Vasektomi; Apa-apa saja yang harus di pertimbangkan cap=P]rogam Keluarga Berencana (KB) merupakan topik penting saat ini. Ketika tidak digunakan, maka hasilnya adalah anak-anak yang tidak diinginkan lahir ke dunia. Salah satu cara untuk memastikan bahwa konsepsi tersebut tidak terjadi adalah

melalui prosedur pembedahan disebut vasektomi.

Vasektomi adalah prosedur sterilisasi untuk laki-laki yang dapat dilakukan melalui pembedahan atau insisi. Andalah yang menentukan pilihan. Sebelum Anda membuat keputusan itu, sebaiknya Anda dan pasangan melakukan konsultasi lebih dahulu kepada dokter Anda dengan mengajukan beberapa pertanyaan sehubungan dengan masalah ini.

Anak-anak, Apakah Anda yakin bahwa Anda tidak ingin mempunya anak lagi ? Jika Anda sudah memiliki keluarga dan tidak ingin ada "kejutan", hal ini dapat menjadi cara yang lebih handal untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Prosedur untuk pria jauh lebih sederhana dari ligasi tuba untuk wanita.

Bisakah di kembalikan ke keadaan semula ?

Perubahan hidup terjadi. Misalnya  Anda sudah menikah , tapi di masa depan Anda mungkin saja bercerai atau menduda dan menemukan cinta baru. Seorang anak dapat menjadi pusat kebahagiaan cinta Anda untuk pasangan Anda. Tanyakan apakah ada teknik yang bisa digunakan untuk mengembalikan pada kondisi sebelum vasektomi, sehingga Anda dapat menjadi subur lagi saat Anda menginginkan keturunan.

Sebelum operasi

Jika Anda memilih untuk menjalani prosedur operasi, ketahuilah apa yang dianjurkan untuk Anda persiapkan sebelum hari operasi. Ini mungkin termasuk kondisi darah, pengetesan  anestesi atau melakukan puasa untuk kurun waktu tertentu. Anda juga mungkin diminta untuk menggunakan antiseptik yang bersih dan mencukur daerah skrotum sebelum operasi, untuk memastikan kondisi yang steril dari bakteri.

Apa risikonya ?

Ada yang berpendapat bahwa ada risikonya adalah kemungkinan kanker prostat, tetapi hal ini tidak terbukti. Tanyakan  juga risiko jika terjadi kegagalan pada hasil operasi. Meskipun kemungkinannya kecil tetapi seharusnya dibahas juga. Tanyakan tentang apa yang akan Anda rasakan ketika Anda bangun atau saat pengaruh anestesinya hilang, sehingga Anda dapat mempersiapkan baik fisik maupun mental.

Prosedur

Cari tahu persis prosedur apa saja yang akan dilakukan, langkah demi langkah. Hal ini dapat mengurangi kecemasan terhadap apa yang akan terjadi.

Setelah operasi

Daerah skrotum akan menjadi mati rasa selama beberapa jam. Anda dapat mengompreskan es batu di daerah tersebut dan memakai celana atau celana dalam olahraga. Aktivitas berat mungkin akan dilarang dilakukan selama beberapa hari.

Efektivitas

Hal ini masih memungkinkan untuk hamil selama beberapa bulan setelah vasektomi. Akan ada sperma dalam semen sekitar dua puluh atau lebih saat ejakulasi . Dokter Anda akan memberitahu Anda tentang kebutuhan kontrasepsi sampai semuanya jelas. Dia akan terus-menerus akan memeriksa dan melakukan pengujian pada Anda untuk memeriksa jumlah sperma sampai nihil.

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk  mengendalikan kelahiran dengan vasektomi? Ini adalah prosedur yang akan  memakan waktu sekitar 30 menit dan Anda mungkin saja memiliki pertanyaan-pertanyaan  tentang hal itu. Jangan ragu untuk menanyakannya ke dokter Anda semua pertanyaan, sehingga Anda merasa yakin sudah membuat keputusan yang tepat.

Olahraga dan kesehatan