Kebugaran Pria di Atas Usia 40 Tahun

Kebugaran Pria di Atas Usia 40 Tahunebugaran pria di atas usia 40 tahun berbeda dengan kebugaran pada usia di atas 40 tahun pada umumnya. Pria memiliki cita-cita, aspirasi dan jenis tubuh yang berbeda dengan wanita. Masalah ini harus diatasi atau cita-cita tidak akan bisa diraih.

Untuk memulai, pria memiliki massa otot lebih banyak daripada wanita, dan secara alami lemak tubuh yang lebih sedikit. Hal ini tidak berlaku bagi

semua wanita terhadap semua pria, namun ini merupakan pernyataan umum. Karena pria memiliki massa otot yang lebih banyak, maka mereka dapat melakukan kerja lebih sedikit dan mendapatkan hasil yang sama.

Sayangnya bagi mereka hal ini tidak berlaku bagi aspek-aspek lainnya untuk menjadi bugar seperti diet, nutrisi dan perubahan gaya hidup. Anda tidak bisa sedikit mengurangi rokok dan mendapatkan hasil yang sama seperti wanita yang berhenti total!

Salah satu aspek penting untuk kebugaran pria di atas usia 40 tahun adalah perubahan gaya hidup yang akan meningkatkan kesehatan dan kebugaran Anda. Perubahan ini termasuk berhenti merokok. Merokok adalah musuh nomer satu untuk meruntuhkan setiap program kebugaran.

Merokok mempengaruhi efisiensi paru-paru, kemampuan kardiovaskular dan merusak jaringan paru-paru pada tingkat sel. Sekitar 1 dari 6 kematian di AS terkait dalam beberapa hal dengan efek merokok. CDC melaporkan bahwa di AS pada tahun 1999, sekitar 295.5 kematian per 100.000 dikaitkan dengan merokok.

Aspek lain terhadap kebugaran pria di atas usia 40 tahun adalah kemampuan untuk membuat perubahan diet dan nutrisi yang akan memberi manfaat bagi kesehatan dan kebugaran Anda. Kita adalah apa yang kita makan. Tubuh kita menggunakan bahan bakar yang kita makan untuk membangun sel-sel, menyediakan energi dan kurang lebih menjalankan tubuh kita. Jika Anda memikirkan tubuh Anda sebagai mobil balap, maka Anda akan mengerti mengapa Anda tidak akan mengisi bahan bakar mobil tersebut dengan solar. Begitu juga Anda tidak seharusnya mengisi bahan bakar tubuh Anda dengan bir, kacang dan kue kering.

Jika Anda tidak yakin seperti apa diet bernutrisi baik itu, pertimbangkan untuk melakukan konsultasi sekali atau dua kali dengan seorang ahli diet yang dapat menolong Anda memasukan perubahan secara perlahan ke dalam diet Anda. Aturan dasarnya termasuk makan 5-7 porsi buah dan sayuran setiap hari, meminum 8 hingga 10 gelas air setiap hari, dan mengurangi jumlah tepung putih di dalam diet Anda dalam bentuk pasta, roti dan keripik.

Satu hal yang sering diabaikan dalam hal kebugaran pria di atas usia 40 tahun adalah perawatan gigi. Percaya atau tidak, Anda bisa meningkatkan kesehatan Anda dengan menggunakan benang gigi dan menggosok gigi. Studi penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan benang gigi dan menggosok gigi secara teratur mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut yang telah dikaitkan dengan penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Dan jika Anda membutuhkan alasan langsung mengenai hal tersebut adalah bahwa hal itu dapat mengurangi masalah nafas bau.

Banyak pria seringkali akan tahan dengan ketidaknyamanan, rasa sakit dan perasaan penuaan tanpa mencari pengetahuan atau mencoba untuk mengubah kebiasaan mereka. Anda jelas bukan salah satu dari mereka! Ambil inisiatif yang Anda miliki dengan membaca artikel ini dan mengubah kebiasaan gaya hidup yang menghalangi Anda mencapai kebugaran fisik yang Anda impikan.

Potongan terakhir dari puzzle, meski Anda berpikir bahwa ini adalah yang pertama, sebenarnya adalah program olahraga yang Anda pilih. Program kebugaran pria di atas usia 40 tahun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan program lainnya kecuali sedikit lebih pelan untuk mengakomodasi penurunan kebugaran fisik dan proses penuaan. Hanya karena Anda berusia di atas 40 tahun tidak berarti bahwa Anda tidak bisa sehat, hanya saja diperlukan waktu sedikit lebih lama dan usaha lebih daripada saat Anda berusia 20 tahun.

Dijabarkan sampai ke intinya, program kebugaran pria di atas usia 40 tahun membutuhkan sistem yang membuat Anda bergerak selama 30 menit setidaknya tiga kali setiap minggu. Untuk mendapatkan paling besar, Anda mungkin harus melakukan kerja kardiovskular selama 30 menit 3 kali seminggu dan latihan berat atau latihan kekuatan dua kali seminggu. Aktivitas  kardiovaskular tidak membutuhkan peralatan khusus dan bisa dibangun dari kegiatan sehar-hari Anda. Bermain tenis dengan teman, lari pagi dengan pasangan, bersepeda dengan anak Anda, lompat tali di depan televisi, apa pun yang membuat detak jantung Anda meningkat dan nafas semakin dalam dan lebih cepat. Seiring Anda terus latihan setiap minggu, Anda akan melihat bahwa Anda hanya harus bekerja sedikit lebih keras agar jantung dan paru-paru Anda bekerja.

Menggabungkan latihan kekuatan dengan beban ke dalam rutinitas kebugaran pria usia di atas 40 tahun akan membantu melindungi tulang dari osteoporosis, memperbaiki postur tubuh, meratakan otot perut, menurunkan resiko serangan jantung dan stroke serta membuat kegiatan sehari-hari lebih mudah dan mengurangi stres.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari latihan kekuatan bukan berarti Anda menjadi tuan semesta. Sebaliknya melakukan latihan beban tangan di rumah dan memutar DVD di TV benar-benar dapat menyiasatinya. Jika Anda punya waktu dan uang untuk membiayai keanggotaan di suatu pusat kebugaran dengan pelatih pribadi, maka hal itu dapat meningkatkan hasilnya. Bagaimanapun juga, jika Anda memilih untuk melakukannya, maka lakukanlah.

Kebugaran pria di atas usia 40 tahun adalah aspek penting terhadap kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. Hal itu akan membuat Anda selalu termotivasi, bugar, energetik dan sehat seiring Anda menua di mana risiko serangan jantung, stroke dan lumpuh menjadi sangat nyata.

Olahraga dan kesehatan