Tentang kesehatan

Setelah Operasi Katarak

Setelah Operasi Katarak

rosedur operasi katarak biasanya berlangsung tidak lebih dari satu jam dan tidak menimbulkan rasa sakit. Kebanyakan, mereka yang menjalani operasi katarak memilih untuk tetap sadar selama operasi, meskipun ada beberapa orang yang lebih suka dibius untuk waktu yang singkat. Di sisi lain, jika pasien memilih untuk tetap sadar, pasien akan diberikan anestesi untuk mematikan saraf yang mengelilingi mata. Sebuah "penutup spekulum" akan dipasang di mata pasien yang biasanya  akan

menimbulkan rasa tidak nyaman. Setelah operasi katarak pasien akan diberi pelindung mata untuk menutupi mata. Beberapa efek bisa muncul sesudah operasi katarak, seperti pasien akan mengalami peningkatan kepekaan terhadap cahaya dan kadang-kadang sejumlah kecil cairan akan keluar dari mata. Keluarnya cairan ini umum terjadi setelah menjalani  operasi katarak, sehingga pasien mungkin merasa sedikit tidak nyaman namun akan berkurang dan hilang sepenuhnya dalam beberapa hari kemudian. Gatal-gatal dan merasa sedikit tidak nyaman adalah normal. Kebanyakan pasien biasanya pulang ke rumah setelah operasi walaupun tidak diperbolehkan mengemudi.

Segera setelah operasi dokter akan menjadwalkan pemeriksaan pada pasien untuk menindaklanjuti kemajuan pasien. Pasien kemudian diberi resep obat tetes mata atau antibiotik untuk membantu meningkatkan proses penyembuhan. Setelah balutan mata dibuka, pasien disarankan untuk memakai pelindung mata ketika tidur untuk melindungi mata dari cidera dan kerusakan.

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk pasien yang harus ditaati setelah prosedur operasi katarak:

  • Hindari latihan berat selama dua sampai tiga minggu setelah prosedur operasi katarak.
  • Hindari kerja kasar dua minggu setelah operasi katarak.
  • Hindari olahraga berat dua minggu setelah menjalani operasi katarak. Berenang  akan aman dilakukan sebulan setelah operasi katarak. Ikuti panduan ini dan Anda akan memperbaiki indera penglihatan Anda dengan resiko komplikasi yang lebih kecil. Meskipun begitu beberapa pasien masih memerlukan kacamata atau lensa kontak untuk meningkatkan penglihatan mereka.

Masalah yang umum terjadi setelah operasi katarak adalah meningkatnya tekanan, radang, penglihatan kabur karena pembengkakan, nyeri, mata merah dan pendarahan. Masalah paling serius (tetapi jarang terjadi) setelah operasi katarak adalah infeksi, kehilangan daya penglihatan dan terlihatnya kilatan cahaya di mata. Pasien harus menghubungi dokter jika rasa sakit semakin meningkat dan daya penglihatan terus memburuk setelah operasi katarak. Semua komplikasi ini bisa diobati jika segera diberi penanganan medis. Yang penting untuk diingat adalah jangan menyentuh mata Anda dengan jari setelah operasi katarak. Jangan mengangkat benda berat karena akan meningkatkan tekanan pada mata. Beristirahatlah dengan cukup. Dan yang paling penting Anda harus mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan dokter. Temuilah dokter Anda segera  jika mengalami masalah.