Tentang kesehatan

Resiko Operasi Katarak

operasi katarakperasi katarak merupakan prosedur operasi umum yang dilakukan di Amerika. Karena teknik operasi dan teknologi terkini, operasi tersebut menjadi yang paling efektif (dengan lebih dari 90% tingkat keberhasilan). Tetapi, seperti operasi lainnya, operasi katarak juga mempunyai beberapa risiko dan risiko yang paling umum adalah infeksi dan pendarahan.


Pengkabutan dari bagian belakang kapsul adalah satu dari risiko operasi katarak dan pembengkakkan retina merupakan salah satu risiko potensialnya, walaupun risiko ini cenderung hilang setelah beberapa minggu. Di bawah ini merupakan beberapa risiko potensial operasi katarak dan komplikasinya:

  • Astigmatisme, Astigmatisme dapat terjadi setelah operasi katarak, tetapi ini dapat diobati dengan lensa koreksi dan tidak mempengaruhi pengelihatan.
  • Infeksi, Walaupun jenis risiko operasi katarak ini tidak umum, tetapi masih dapat terjadi karena kelalaian dalam teknik sterilisasi.
  • Pendarahan, Tidak umum namun dapat terjadi dan kadangkala ini disebabkan karena penempatan pengirisan pada area kornea mata.
  • Pembengkakkan Kornea, Disebabkan oleh respon dari mata ketika alat operasi dimasukkan kedalamnya. Biasanya tidak diketahui hingga beberapa jam setelah operasi dan dapat menyebabkan pengelihatan kabur.
  • Glaukoma, Pertumbuhan glaukoma merupakan satu dari risiko potensial operasi katarak. Ini disebabkan karena sebagian dari cairan yang digunakan selama operasi tidak melewati sistem pengeringan alami mata sehingga menyebabkan tekanan di dalam mata yang ditandai dengan sakit kepala atau rasa sakit tajam di area mata. Tekanan ini dapat diredakan melalui pengobatan.
  • Detasemen Retina (Retinal Detachment), Seseorang yang melakukan operasi katarak meningkatkan risikonya untuk menderita detasemen retina dan orang yang melakukan prosedur operasi laser setelah operasi katarak untuk mengobati jarak penglihatan lensanya akan mempunyai risiko yang lebih besar untuk menderita detasemen retina.

Beberapa dari risiko dan komplikasi operasi katarak dapat diobati melalui prosedur operasi lebih lanjut dan sebagian dari komplikasinya mungkin masih mempunyai beberapa efek terhadap penglihatan Anda bahkan setelah pengobatan.
Tetapi jika Anda memilih untuk tidak melakukan operasi katarak, maka katarak tersebut akan perlahan mengurangi pengelihatan Anda dan efeknya dapat menganggu kemampuan Anda dalam melakukan aktivitas pada siang dan malam hari (dimana masalah penglihatan akan menjadi lebih hebat ketika malam hari).

Ada banyak sekali keuntungan ketika Anda memilih untuk mengangkat katarak, antara lain meningkatkan penglihatan warna Anda, dimana warna akan menjadi lebih bergetar dan hidup, ketajaman penglihatan akan meningkat drastis, lensa intra-okular yang ditanam saat operasi katarak akan menurunkan drastis masalah fokus mata sehingga akan mengurangi ketergantungan pada penggunaan kacamata. Namun kacamata mungkin tetap akan diperlukan ketika membaca atau mengemudi.