Tentang kesehatan

Mata Juling: Gejala dan Opsi Pengobatannya

mata cap=M]ata juling mengakibatkan masalah dengan penglihatan. Kedua mata tidak melihat ke arah yang sama sehingga mereka tidak fokus pada satu objek. Jika Anda curiga bahwa Anda mengalami ini, berikut adalah beberapa gejala dan opsi perawatan yang potensial.

Mata juling bisa dimulai dengan mata malas. Otot mata lemah sehingga mata tidak fokus. Tergantung pada alasan terjadinya mata malas, mata bisa

tampak juling. Juling pada mata diistilahkan sebagai strabismus.

Gejala-Gejala Mata Juling

Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki strabismus, maka Anda mungkin mendapati diri Anda mengalami:

  • Penglihatan ganda
  • Masalah ketika melihat dengan satu mata
  • Mata bergerak ke arah yang berbeda dengan satu mata melihat ke atas, ke bawah, ke dalam, atau ke luar

Terdapat beberapa alasan sehingga mata menjadi juling. Keadaan ini memiliki banyak kaitan dengan otot yang menahan bola mata. Otot yang lemah di satu sisi mata dapat menyebabkan bola mata menggeluyur. Terkadang ototnya terlalu kuat dan bola mata tampak tidak bergerak di satu posisi. Kondisi ini bisa dipersepsikan sebagai kelumpuhan otot mata.

Opsi pengobatan

Mata juling bisa diobati. Pada anak-anak, dokter mata bisa mencoba beberapa opsi yang non invasif untuk mengendalikan permasalahannya. Semakin dini gejalanya didapati, semakin baik hasil yang akan didapatkan.

Tes mata akan membuat Anda memahami opsi apa saja yang tersedia. Salah satunya mungkin meresepkan kaca mata. Resepnya mungkin lebih kuat di satu mata daripada yang lainnya untuk memaksa kedua mata fokus secara bersamaan. Kaca matanya mungkin memiliki prisma untuk menguatkan mata.

Anak-anak mungkin diminta untuk melakukan latihan visual. Latihan ini bisa saja termasuk menutupi satu mata secara rutin dan mencoba untuk fokus pada objek dengan mata yang lebih lemah.

Satu hal yang harus diperhatikan : strabismus tidak akan pergi dengan sendirinya. Akibat dari tidak berusaha mencari pengobatan adalah otak bisa jadi mengabaikan sinyal dari mata yang bermasalah secara bersamaan. Hal ini akan mengurangi penglihatan anak menjadi hanya satu mata saja. Tindakan korektif bisa mengurangi atau memperbaiki masalahnya. Dalam keadaan ketika tindakan tersebut tidak bekerja dengan baik maka pembedahan dapat menjamin.

Pembedahan strabismus digunakan untuk secara fisik mensinkronkan kedua mata. Pembedahan mata akan melakukan pengujian pada anak untuk melihat apakah cara terbaik untuk mencapainya. Dalam pembedahan strabismus, otot yang tersambung ke mata diatur ulang posisinya agar dapat memfokuskan lebih baik. Koreksi awal ketika pembedahan telah direkomendasikan dapat menyelamatkan penglihatan di mata yang bermasalah tersebut.

Deteksi awal kondisi ini dapat membantu mengembalikan penglihatan anak Anda baik melalui metode non invasif atau pembedahan, ketika hal itu direkomendasikan.