Metode Kanguru Untuk Bayi Prematur

prematurPerawatan kangguru atau menggendong bayi dengan memakai gendongan kanguru terlihat seperti kanguru yang membawa bayi mereka didalam kantong mereka. Popularitas metode ini meningkat di tahun 1980-an ketika para peneliti di Bogota Columbia menemukan bahwa bayi prematur dapat berkembang dengan baik ketika mereka dibawa dalam gendongan Kanguru.

Pada awal 1980-an angka kematian bayi berada di 70 persen  atau 70 persen dari bayi yang baru lahir meninggal akibat kurangnya perhatian, penyakit prematuritas atau karena suatu penyakit.  Setelah dokter memperkenalkan metode Kanguru, tingkat kematian menurun secara signifikan.  Berikut adalah hasil popularitas dari metode ini dalam perawatan bayi baru lahir  terutama prematur.

Hari ini di Amerika ada beberapa rumah sakit yang secara teratur menggunakan metode Kanguru dalam pengobatan bayi prematur.  Ibu dan ayah didorong untuk menahan kulit bayi ke kulit mereka dengan hanya menggunakan popok antara ibu dan bayi selama 3 jam per hari.  Di Bogata metode ini dilakukan selama 24 jam untuk menempelkan bayi prematur di dada ibu mereka.  Jika membutuhkan, oksigen diberikan melalui sebuah tabung yang ditempatkan pada dada ibu.

Manfaat metode Kanguru sangat banyak dan menakjubkan.  Ketika bayi ditempelkan kulit ke kulit di dada ibu mereka, mereka memiliki detak jantung lebih stabil tanpa bukti bradikardia (melemahnya detak jantung), bernafas lebih teratur dan meningkatkan oksigen.  Bayi tidak memiliki stres karena dingin, tidur lebih lama dan lebih nyenyak, memiliki berat badan lebih cepat, perkembangan otak yang lebih cepat, penurunan menangis, waktu yang lebih banyak dalam berkonsentrasi dan lebih berhasil dalam menyusui.

Tapi manfaatnya untuk ibu dan anak tidak berhenti hanya pada anak saja.  Ibu juga mendapatkan ikatan yang lebih besar dengan bayi mereka yang terpisah dalam tabung inkubator di NICU dan mereka memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa mereka dapat merawat bayi mereka nantinya.  Dan dengan bayi yang sehat biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah.

Karena bayi lebih baik bisa tidur dan mempertahankan suhu normal mereka untuk menghemat kalori yang mana dapat dialirkan untuk penambahan berat badan dan perkembangan otak mereka.  Menariknya alam menyediakan inkubator  yang paling sempurna bagi bayi yaitu terletak pada dada ibu mereka. Suhu payudara akan hangat atau dingin dalam menyesuaikan suhu tubuh bayi sebanyak 35°F dalam dua menit!

Menggunakan metode Kanguru tidak hanya mendapatkan pengalaman pribadi untuk Anda dan bayi Anda, tetapi juga memberikan Anda kesempatan untuk  menyusui sambil mempertahankan kontak mata.  Ibu sering menggunakan selimut kepada bayi mereka ketika mereka sedang menyusui di tempat umum.  Namun hal ini tidak memungkinkan bisa melakukan kontak mata yang begitu penting dalam perkembangan neurologis ibu dan anak.  Perawatan metode Kanguru juga memungkinkan anak untuk menyusu lebih sering dan sesering yang mereka inginkan karena mereka berada dalam posisi yang benar dan memiliki posisi yang siap untuk melakukannya.

Para peneliti telah menemukan bahwa dengan sering menyusui dapat meningkatkan kepuasan bayi dan mengurangi menangis.  Dengan menyusui ibu dapat meningkatkan suplai ASI dan mengurangi kehilangan darah setelah melahirkan.  Hal ini juga meningkatkan ikatan antara ibu dan bayi yang berhubungan dengan hormon yang keluar selama proses menyusui.

Menggunakan metode Kanguru ditemukan untuk meningkatkan kesehatan bayi prematur, meningkatkan berat badan, meningkatkan perkembangan otak serta meningkatkan ikatan yang besar antara ibu dan anak.  Ini adalah proses yang menguntungkan antara ibu dan bayinya.

Olahraga dan kesehatan