Memahami Masa Perkembangan Bayi

Memahami Masa Perkembangan Bayiayi Anda yang baru lahir tidak akan banyak melakukan aktifitas kecuali tidur, makan dan buang air. Anda tidak bisa berbuat banyak terhadap bayi Anda kecuali menyusuinya, mengganti popoknya dan menidurkannya dan  kemudian ikut  tertidur karena lelah juga. Pada saat Anda terbiasa dengan keadaan dan rutinitas merawat bayi Anda yang baru lahir, siklus baru dimulai dan segala sesuatunya berubah. Masa perkembangan bayi datang dan pergi dengan sangat cepat, beberapa diantaranya begitu samar, sehingga

Anda tidak dapat langsung mengetahuinya. Salah satu kesalahan orang tua adalah mencemaskan masa perkembangan ini dan membandingkan anak mereka dengan anak lain yang berumur sama. Bayi akan mencapai setiap tahapan pada saatnya, dan masalah cepat atau lambat tidak akan memberi pengaruh tertentu.

Jangan khawatir jika bayi adik atau kakak Anda telah mencapai semua tahap perkembangan bayi lebih cepat daripada bayi Anda. Hal itu tidak berarti bayi saudara Anda itu lebih cerdas ataupun lebih baik. Sebagian bayi mempunyai kepribadian yang tersembunyi. Mereka sama cerdasnya dengan bayi lain, tetapi mereka tidak tergesa-gesa untuk cepat merangkak. Kadangkala mereka tidak cepat berbicara seperti bayi lainnya, namun sekali mereka dapat berbicara, mereka akan berbicara banyak dengan kalimat-kalimat, bukan hanya dengan satu dua kata. Membandingkan bayi hanya akan membuat Anda cemas. Hal tersebut diatas tidak berarti bayi Anda tertinggal atau lebih pintar dari bayi lainnya. Cobalah untuk lebih rileks.

Salah satu masa perkembangan bayi adalah bahwa bayi akan tidur lama dalam satu waktu. Waktu ini merupakan waktu yang baik bagi si ibu untuk beristirahat. Karena  saat iitu bu merasa tidak mampu  lagi untuk melalui satu malam lagi dimana ia  harus terbangun tiga kali untuk menyusui bayi. Tentu saja, pada saat pertama,  ibu sama sekali tidak merasa santai, karena mungkin ibu terbangun  secara tiba-tiba dan mengkhawatirkan bayinya. Pada saat bayi mencapai masa ini, ibu dapat mulai tidur lebih lama, namun hanya jika si ibu telah mengetahui tentang tahap ini, sehingga tidak perlu merasa cemas yang berlebihan bahwa sesuatu terjadi akan pada bayinya.

Jangan memaksakan tahap perkembangan bayi. Jika Anda memberi makan bayi Anda dengan sereal terlalu cepat, atau mulai memberi buah dan sayuran, Anda akan memberikan risiko kegemukan pada bayi Anda atau masalah-masalah lain yang berhubungan dengan makan. Ada petunjuk tertentu tentang kapan sebaiknya bayi mulai jenis jenis makanan tertentu dan alasannya. Memberi makan sereal kepada bayi terlalu cepat akan mengakibatkan masalah di kemudian hari. Hal itu tidak akan membantu bayi Anda tidur lebih cepat, namun akan menyebabkan pencernaan mereka tidak terasa nyaman karena sistem pencernaan mereka belum siap dengan makanan tersebut.

Tahap perkembangan bayi lainnya seperti merangkak, berjalan dan berbicara semuanya sangat penting sebagaimana belajar menggenggam dan tengkurap. Ada tempat-tempat untuk bertanya tentang hal-hal tersebut yang dapat Anda kunjungi. Mereka dapat menjelaskan tentang hal tersebut, namun ingatlah bahwa hal tersebut hanyalah petunjuk. Bayi Anda pasti akan melalui hal-hal tersebut namun tidak ada aturan pastinya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah, ketika masa untuk perkembangan bayi sudah terlewati dan tidak ada kemajuan, inilah saatnya Anda menemui dokter. Diluar itu, gunakanlah tahap perkembangan bayi sebagai petunjuk dan nikmatillah saat-saat intim bersama bayi Anda yang unik.

Olahraga dan kesehatan