Membantu Mereka yang Memiliki Bayi Prematur

Membantu Mereka yang Mendapatkan Bayi Prematurarena beberapa alasan, kelahiran prematur saat ini meningkat. Ini berarti Anda atau seseorang yang Anda kenal dapat memiliki bayi prematur. Bayi yang sangat berharga ini seringkali diharuskan untuk menginap di NICU atau unit perawatan intensif neonatal selama beberapa minggu sebelum mereka dapat dibawa pulang, dengan beberapa diantaranya menginap selama tiga atau empat bulan. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini merupakan waktu cobaan yang sangat emosional bagi keluarga dan

membuat keluarga dalam kebimbangan. Jika Anda mengenal seseorang yang baru saja melahirkan bayi prematur, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantunya. Tergantung pada keadaannya, ada berbagai hal penting yang dapat Anda lakukan bagi mereka.

Jika orang tua bayi prematur sudah memiliki seorang anak atau beberapa anak, satu hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka adalah menawarkan untuk mengasuh anaknya. Ini akan lebih mudah dilakukan bila Anda sudah memiliki anak, tetapi bahkan jika tidak, lihat kapan Anda ada waktu luang untuk membantu mereka. Mereka akan ingin sebisa mungkin menghabiskan banyak waktu di NICU bersama dengan bayi prematurnya, tetapi banyak NICu yang tidak membolehkan anak-anak dibawah 18 tahun untuk terlalu sering berkunjung dan seringkali waktu kunjungannya singkat karena kuman dan penyakit yang cenderung dibawa oleh anak-anak. Jika sedang musim flu, siapapun yang berumur dibawah 18 tahun sama sekali tidak mungkin untuk berkunjung.  Jika orang tua mempunyai tempat untuk menitipkan anaknya, mereka akan dapat pergi untuk menghabiskan waktu bersama bayi prematurnya sehingga secara keseluruhan mereka akan merasa lebih baik.

Jika kedua orang tua dari bayi prematur tersebut bekerja, waktu mereka untuk berada di NICU mungkin terbatas, yang membuat mereka bersedih. Selain tempat untuk menitipkan anaknya, mungkin makanan buatan sendiri sekali atau dua kali seminggu akan menjadi hadiah yang sangat diharapkan. Buatlah sesuatu yang bisa mereka hangatkan di mikrowave dan sesuatu yang dapat disimpan dengan baik di lemari pendingin, sehingga mereka dapat memiliki makanan yang mudah dan singkat untuk disiapkan. Waktu memasak yang singkat berarti lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama dengan bayi prematurnya. Bahkan Anda dapat menawarkan diri untuk menggantikan mereka belanja ke supermarket sehingga semakin memberi mereka banyak waktu luang.

Beberapa orang merasa aneh bila orang lain membersihkan rumah mereka, tetapi Anda dapat menawarkan bantuan kepada orang tua dari bayi prematur dengan merapikan rumahnya beberapa kali seminggu. Tawarkan bantuan untuk laundry dan cuci piring. Merapikan yang berantakan dan membersihkan dengan mesin penyedot debu. Tugas-tugas kecil ini mudah bagi Anda untuk melakukannya, tetapi ini akan memberi banyak waktu bagi mereka. Bila mereka tidak terlalu mengkhawatirkan tentang pekerjaan bersih-bersih harian ini, mereka akan dapat berkonsentrasi pada bayi mereka dan pergi ke NICU setelah pulang bekerja. Anda juga bisa menawarkan untuk mengajak anjing peliharaan mereka jalan-jalan keluar atau tugas kecil lainnya yang mungkin membuat mereka harus tetap di rumah.

Jika Anda berniat memberikan shower/pancuran bayi bagi seseorang yang memiliki bayi prematur, jangan menghentikan ide Anda ini bahkan jika si bayi datang sebelum shower tersebut. Anda sebaiknya tetap membuat shower bayi tersebut, dan pahami untuk membuatnya pendek. Namun demikian, hal terakhir yang orang tua bayi inginkan yaitu merasa berbeda dari orang tua lainnya. Mereka mungkin tidak merasa seperti sedang merayakan karena mereka merasa khawatir terhadap bayi prematurnya, namun ini semua memperlihatkan kepada mereka bahwa Anda peduli terhadap mereka dan mereka masih memiliki alasan untuk merasa  bahagia. Segera  jalankan rencana Anda untuk memberi mereka shower bayi, hanya saja berikan pada tanggal dan waktu yang tepat.

Olahraga dan kesehatan