Tips Jitu Membiasakan Pola Tidur yang Sehat kepada Anak

Tips Jitu Membiasakan Pola Tidur yang Sehat kepada Anak cap=A]nak-anak merupakan misteri sekaligus kebahagiaan tersendiri. Anak-anak bisa membuat kita tertawa, dapat juga membuat kita marah. Sebagai orang tua, tugas kita adalah menolong mereka membiasakan diri pada pola hidup sehat yang akan mereka gunakan sepanjang hidupnya. Hari ini kita akan berbicara tentang bagaimana mengatur pola tidur yang sehat.

Anak-anak memerlukan waktu tidur yang lebih panjang daripada orang dewasa. Tubuh kecil mereka sedang

bertumbuh dengan cepat setiap hari. Ketika tubuh mereka beristirahat, tubuh akan menjadi pulih kembali. Perbaikan jaringan yang rusak terjadi ketika tubuh tertidur.

Kita sudah sepakat bahwa anak-anak perlu waktu tidur yang cukup. Yang tidak setuju adalah anak itu sendiri. Mereka ingin bermain, makan dan lainnya kecuali tidur. Anda pasti mengerti hal ini, jika Anda pernah menidurkan mereka sebelum mereka mengantuk. Setelah lampu dimatikan, bocah-bocah mungil itu sudah berjalan kaki ke kamar Anda dengan boneka ditangannya.

Apa yang mesti kita lakukan? Ada banyak teori dan solusi yang tersedia, namun disini, kita akan membicarakan beberapa tips yang akan membuat kita lebih mudah menentukan waktunya tidur.

Tetapkan jam tidur dan konsisten selalu.

 

Hal ini membutuhkan kerjasama kedua orang tua. Jika salah satu masih dikantor, yang lain harus bisa mengawasi pelaksanaan peraturan itu. Contohnya: pada jam delapan malam, antarkan  anak-anak kedalam tempat tidur. Mereka mungkin akan merayu Anda supaya bisa menggeser jam tidur, namun ingatlah bahwa konsistensi adalah kunci keberhasilan.

Buatlah  kebiasaan baru pada jam tidur.

Anak-anak suka sekali minta didongengkan, diberi air minum, diselimuti. Anda boleh melakukan semua itu untuk mereka, mulailah setengah jam lebih awal. Jika mereka ingin dongeng atau video, mereka harus duduk di tempat tidur pukul 19:30. Anda tidak perlu memberitahu bahwa itu lebih cepat setengah jam dari sebenarnya. Boleh juga memberikan ijin mandi air hangat dimalam hari yang akan membantu mereka bersantai.

Tawarkan makanan kecil.

Anak tidak akan tidur jika perutnya keroncongan. Makan malam mungkin pada jam 5, namun masih boleh kita berikan makanan ringan pada pukul 7 jika jam tidur mereka pukul 8.

Berikan kesibukan ekstra pada anak-anak.

Anak yang bermain juga adalah anak yang mengantuk. Olahraga setiap hari dapat membuat anak lebih menurut dan lebih nyaman tidur dimalam hari.

Dinginkan kamar tidur.

Anak biasanya lebih nyaman jika kamar mereka lebih dingin.

Apakah anak Anda sulit ditidurkan pada waktu malam? Tips diatas dapat membantu Anda mengatasinya.

Olahraga dan kesehatan