Perawatan Kebersihan Diri bagi Kesehatan Anak Anda

Perawatan Kebersihan Diri bagi kesehatan anak anda Setiap anak memiliki hobi bermain yang dapat membuatnya kotor. Bermain dengan teman dibawah panas matahari atau memanjat pohon. Apapun aktivitasnya, sangat perlu untuk menjaga perawatan kebersihan diri untuk kepentingan kesehatannya. Buat agar anak Anda menyadari bahwa

menjaga kebersihan sama pentingnya dengan memiliki teman baru. Lebih lagi, dengan menjaga kebersihan akan memberikannya perasaan positif terhadap dirinya sendiri.

Anda tidak perlu memakai pakaian mahal hanya untuk terlihat menawan. Bahkan baju rumah Anda dapat memberikan rasa percaya diri hanya dengan menjaga kebersihan diri anda dari ujung atas sampai bawah. Anda, sebagai orang tua, harus dapat  menjelaskannya kepada anak Anda sedini mungkin, saat ia telah mampu belajar melaksanakan tugas menjaga kebersihan diri.

Rambut

Tubuh kita dilapisi oleh rambut. Tidak peduli setipis atau setebal apa rambut tersebut, tetap itu adalah rambut. Folikel rambut memproduksi minyak yang dapat menjaga rambut tetap halus. Kulit kepala Anda mengandung kelenjar keringat dan sel kulit mati. Jika digabungkan, keringat, minyak, dan sel-sel mati dapat mengubah rambut Anda berminyak tebal dan tampak kotor, ini tidak akan terjadi bila Anda membersihkannya secara teratur. Untuk menjaga rambut anak Anda tetap bersih, Anda harus:

  • Keramas secara teratur (pilih produk yang tidak merusak rambut dan kulit kepala anak Anda)
  • Pijat kulit kepala dengan baik untuk membantu menghilangkan sel-sel mati yang tidak diperlukan, minyak kotor, dll.
  • Bilas hingga bersih menggunakan air bersih.
  • Jika putri Anda memiliki rambut yang panjang, beri kondisioner agar rambutnya menjadi halus. Namun, penggunaan kondisioner ini tidak harus.
  • Ketika menyisir rambut, gunakan sisir yang renggang terutama untuk rambut yang masih basah.

Pakaian

Ganti pakaian anak Anda tiap hari. Meskipun tidak harus, Anda dapat mengganti bajunya lebih dari sekali setiap hari. Ini perlu dilakukan hanya jika anak Anda banyak berkeringat setelah bermain dibawah panas matahari. Secepatnya ganti pakaiannya untuk mencegah perkembangan mikroorganisme yang menyebabkan bau badan.

Kaki

Beri saran kepada anak Anda untuk mencuci kakinya dengan baik ketika mandi atau sebelum pergi tidur. Keringkan dengan baik menggunakan handuk bersih. Jika Anda akan pergi berenang dan akan mandi di tempat mandi umum, sebaiknya Anda juga menyarankan kepada anak Anda untuk mandi dengan membersihkan seluruh bagian tubuhnya, termasuk kakinya. Ini akan melindunginya dari infeksi atau masalah kulit orang lain yang bersentuhan dengannya saat berenang di kolam renang umum.

Sepatu

Menghabiskan banyak waktu untuk kaki anak Anda sama pentingnya dengan menghabiskan banyak waktu untuk sepatunya. Kaki manusia adalah bagian tubuh yang dipertimbangkan sebagai tempat akumulasi kelenjar keringat terbanyak. Begitu kaki anak Anda berkeringat, keringatnya akan menempel ke sepatunya, sehingga, menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit di kaki. Segera setelah ia sampai di rumah sepulang sekolah, biarkan ia membuka sepatunya terlebih dahulu. Ajarkan ia bagaimana untuk menjaga sepatunya tetap bersih dengan cara mencuci, menyikat, dan menyemirnya.

Parfum dan deodoran

Produk-produk 'pengharum' dapat digunakan untuk meningkatkan penampilannya yang baik. Jika anak Anda telah cukup dewasa untuk memiliki bau badan, maka sudah saatnya untuk membelikan deodoran agar dapat menjaga ketiaknya tidak berbau asam seperti cuka.

Meskipun ia masih muda, adalah hal yang baik jika Anda mengajarinya berbagai aspek tentang bagaimana peduli terhadap tubuhnya. Menjaga diri selalu bersih dapat menarik banyak teman dan orang. Kebersihan diri sudah tentu akan meningkatkan kesehatannya dan kesan orang lain terhadapnya.

Olahraga dan kesehatan