Tips Terbaru untuk Mencegah Rambut Rontok

rambut rontokaktor yang dikenal sebagai Androgenetic Alopecia adalah alasan nomor satu mengapa individu mengalami rambut rontok, namun  itu bukan satu-satunya. Kondisi medis seperti hipotiroidisme, kurap dan infeksi jamur juga dapat menyebabkan rambut rontok. Obat-obat tertentu seperti pengencer darah, obat asam urat, pil KB dan terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan rambut rontok tiba-tiba atau tidak normal karena

menjalani diet ketat, perubahan hormonal tiba-tiba, kemoterapi dan radiasi. Jika Anda minum obat dengan resep bicarakan dengan dokter Anda dan cari tahu apakah obat Anda memberikan dampak  terhadap rontoknya rambut Anda.

Pada waktu tertentu, 10% dari rambut kita berada dalam apa yang disebut sebagai "fase istirahat" dan setelah 2-3 bulan beristirahat, rambut rontok dan rambut baru tumbuh di tempatnya. Namun, beberapa orang mengalami masalah rambut rontok lebih dari yang sewajarnya.

Uraian di bawah ini adalah beberapa anjuran yang sangat baik untuk mencegah rambut rontok lebih lanjut :

  • Hindari mengonsumsi vitamin A dalam dosis besar. Terlalu banyak vitamin A dapat menyebabkan rambut Anda rontok.
  • Olahraga, melakukan yoga, meditasi atau temukan beberapa latihan lain yang akan membantu mengurangi kecemasan dan tingkat stres Anda. Jika Anda mengikat rambut Anda , atau membuat kepang pada rambut Anda, menggunakan besi pengeriting, pengering rambut atau rol panas, cobalah mengubah gaya rambut Anda ke salah satu yang tidak terlalu memberikan tekanan dan stres pada rambut dan kulit kepala.
  • Jika perawatan minyak panas atau bahan kimia seperti yang digunakan dalam cat permanen menyebabkan peradangan pada kulit kepala, hentikan penggunaannya, atau kurangi frekuensi pemakaiannya.
  • Gunakan shampo dan pelembab yang lembut untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu bagi rambut Anda.
  • Pada pria, jamu seperti saw palmetto dan akar licorice membantu menghalangi pembentukan DHT. Hal yang sama berlaku juga pada suplementasi yang mengandung seng. Sebagai manfaat tambahan, studi menunjukkan bahwa suplemen ini juga dapat membantu mencegah pembesaran prostat.
  • Pijat kulit kepala Anda dengan minyak rosemary yang berbahan dasar minyak zaitun. Minyak rosemary dan memijat kulit kepala dapat merangsang sirkulasi di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Sekali lagi, jika Anda mengalami rambut rontok, periksakan ke dokter Anda untuk memastikan bahwa penyebabnya bukan gangguan yang lebih serius.