Ketombe: Bagaimana Menghilangkan Gatal

rambutkan memalukan ketika Anda memakai blus atau kemeja warna gelap dan ada orang yang membersihkan butiran putih dari pundak Anda. Ini adalah akibat dari ketombe, tetapi hal ini dapat dikendalikan. Tetaplah membaca untuk

menyingkirkan putih-putih itu di sini dan saat ini.

Apa itu Ketombe?

Ketombe sebenarnya adalah kulit mati yang mengelupas dari kulit kepala Anda. Sel-sel kulit hidup di seluruh tubuh Anda, lapisan teratasnya mati dan selnya dibuang, tanpa ada seorangpun yang memperhatikannya. Ketika berurusan dengan ketombe, sesuatu yang lain sedang terjadi. Terdapat kekeringan di kulit kepala, yang menjadikannya lebih mudah dilihat.

Menurut para ahli, sel-sel kulit mengalami suatu siklus yang mengadakan pembaruan setiap 45 hari. Bagi orang yang memiliki ketombe, siklus ini terjadi lebih cepat dari pada normalnya. Sel yang meluruh kehilangan kelembaban dan lebih tebal. Ini adalah salah satu alasan mengapa ketombe dapat dilihat. Kehilangan kelembaban dapat membuat kulit kepala Anda gatal, yang menyebabkan gumpalan kulit mati semakin terlihat.

Apa yang menyebabkan ketombe? Tidak ada yang yakin akan akar penyebabnya tetapi ada beberapa spekulasi. Pertama adalah stres. Pada kenyatannya stres yang berlebihan dapat mengubah kimia tubuh Anda dan pada gilirannya mengakibatkan perubahan siklus hormonal tubuh.

Siklus kulit yang tidak normal
ini juga bisa mengakibatkan peningkatan flora kulit. Mikroorganisme ini bisa merusak minyak di kelenjar minyak (sebaceous glands), menyebabkan peradangan pada kulit kepala. Akibatnya Anda akan merasa gatal-gatal dan menggaruk kulit kepala.

Bagaimana Menghilangkan Ketombe?

Adalah tidak nyaman ketika Anda harus menggaruk kulit kepala di depan umum atau membersihkan ketombe dari pakaian Anda. Meskipun tidak terbukti ketombe menyebabkan kebotakan. Namun demikian menggaruk-garuk dapat menimbulkan kerusakan pada kulit kepala Anda. Merawat ketombe ketika Anda mulai menemukannya adalah rangkaian tindakan yang terbaik. Berikut adalah beberapa tips:

  • Sering-seringlah keramas - Keramas menyingkirkan minyak berlebihan yang merupakan makanan empuk bagi flora kulit dan iritasi.
  • Cobalah sampo anti ketombe - Sampo ini dapat mengembalikan kelembaban kulit kepala sembari membersihkan ketombe dan menghentikan gatal. Biarkan sampo menembus poros rambut sebelum Anda membasuhnya. Ulangilah beberapa kali.
  • Tambahkan minyak ke kulit kepala - Menambahkan sedikit minyak dapat memudahkan Anda menyingkirkan ketombe tanpa iritasi lainnya. Gumpalan kulit mati akan melekat ke minyaknya dan Anda dapat membersihkannya dari rambut Anda.
  • Bicarakan dengan dokter spesialis kulit - Meskipun ketombe tidak berbahaya, berkonsultasi dengan profesional dapat sekaligus memastikan bahwa tidak ada yang bermasalah dengan kepala Anda.

Langkah-langkah di atas dapat Anda ambil untuk mengurangi luasnya kejadian akibat pengaruh ketombe, menjadikannya dapat dikendalikan.