Tips Berolahraga Sebelum Melahirkan

Tips Berolahraga Sebelum Melahirkaniapa bilang Anda harus berhenti bergerak hanya karena Anda sedang hamil ? Tetap aktif selama kehamilan dapat membantu Anda untuk lebih mudah melahirkan, belum lagi kemudahan yang  bisa Anda dapatkan setelah Anda melahirkan.

Olahraga penting untuk semua orang bahkan untuk wanita hamil. Beberapa wanita bahkan tidak terlihat sedang hamil karena mereka menjaga otot-otot mereka tetap ramping

dan kuat selama masa kehamilan. Mungkin Anda termasuk yang  tidak berolahraga sebelum hamil, namun  Anda bisa memulainya sekarang.

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk mengetahui tentang apa yang harus dilakukan seorang wanita hamil dalam berolahraga, dan juga seberapa besar porsi  yang dianjurkan. Bisa saja Anda terlalu bersemangat, namun tentunya Anda tidak ingin melakukan sesuatu yang akan membahayakan bagi bayi Anda.

Mengapa Anda Perlu Berolahraga Ketika Hamil ?

Olahraga penting bagi kesehatan Anda dan sangat baik untuk  dilakukan setiap saat dalam hidup Anda. Selama kehamilan, tetap sehat dapat menghilangkan banyak perubahan yang mengejutkan Anda selama masa kehamilan. Misalnya, beberapa wanita mendapat masalah dengan morning sickness. Diet yang sesuai namun tetap dapat beraktivitas dapat membantu memperpendek atau meringankan morning sickness saat anda hamil.

Bagaimana dengan pergelangan kaki bengkak ? Tetaplah  aktif untuk menjaga agar pergelangan kaki tetap kecil dan ramping.

Alasan lain mengenai pentingnya berolahraga ketika hamil adalah untuk kepentingan persalinan dan kelahiran. Kelas Lamaze sangat membantu dalam mengajarkan teknik bernapas saat kontraksi. Jika tubuh Anda dalam kondisi prima, bayi akan lebih mudah dikeluarkan. Anda akan merasa sedikit lebih rileks dan kuat saat Anda mendorong bayi untuk menuju  jalan lahir.

Jenis-Jenis Olahraga Yang Bermanfaat

Ada satu nasihat yang berkata : Jika Anda tidak berolahraga sebelum hamil, Anda tidak perlu kuatir. Jangan memulainya dengan program lari-lari di bulan kedua kehamilan. Dari semua jenis olahraga, berjalan kaki adalah kegiatan yang paling baik dan paling  mudah dilakukan serta  tidak memerlukan  peralatan khusus.

Ajaklah teman untuk berjalan-jalan kaki  setiap hari. Hal ini akan memperbaiki sistem pernapasan, postur serta mengurangi nyeri punggung dan kaki. Bahkan mungkin saja Anda memutuskan bahwa Anda menjadi  suka berolahraga dan ingin terus melakukannya setelah melahirkan.

Bagi mereka yang gemar berolahraga, jangan biarkan kehamilan menghentikan kegemaran Anda. Hindarilah memulai olahraga jenis baru saat ini, karena pengaruhnya  mungkin tidak baik bagi Anda atau si bayi. Tetaplah pada rencana  yang sudah Anda buat  saat ini sesuai porsi yang sudah ditentukan dan jalankan rencana tersebut selama mungkin.

Berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda. Dokter mungkin menyarankan Anda untuk menghentikan aktivitas berdampak tinggi setelah trimester pertama. Olahraga ringan akan membuat Anda tetap sehat segera sesudah bayi dalam perut mulai terbentuk.

Olahraga sebelum melahirkan yang disarankan diantaranya:

  • Berjalan
  • Renang
  • Latihan beban (dengan bobot lebih ringan dan sering diulang)
  • Aerobik di air

Hindari latihan yang melibatkan keseimbangan atau mengangkat benda  lebih tinggi dari kepala. Karena Anda terbebani oleh berat badan bayi, maka faktor keseimbangan bisa menjadi masalah. Sit-up dapat membantu Anda untuk menjaga otot perut agar tetap kencang, namun  jangan melakukan full sit-up. Dan dalam melakukan semuanya itu, ingatlah untuk tetap minum air putih yang cukup.

Apakah Anda hamil ? Olahraga akan membantu Anda dalam upaya  menjaga kehamilan dan persalinan yang sehat.

Olahraga dan kesehatan