Tanda-tanda Awal Kehamilan

Tes kehamilanDalam rangka untuk memiliki bayi yang sehat dan persalinan yang aman, perawatan yang baik sebelum melahirkan adalah sangat penting bagi ibu hamil. Hal yang terbaik untuk memulainya adalah  perawatan khusus di bawah pengawasan dokter sesegera mungkin setelah Anda tahu bahwa Anda sedang hamil. Berikut adalah beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang merujuk kepada kehamilan.

Tentu saja, salah satu tanda awal kehamilan adalah periode terlambat haid. Bahkan jika Anda tidak melacak siklus menstruasi Anda untuk hari itu dan tandai kalender Anda, Anda masih harus memiliki gambaran kasar tentang kapan waktu Anda harus tiba. Jika Anda melewatkan waktu Anda sama sekali, atau jika aliran sangat ringan dan hanya berlangsung untuk waktu yang singkat, maka hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda sedang hamil. Pada titik ini, Anda mungkin bisa menunggu beberapa hari, melakukan tes di rumah, dan kemudian diikuti dengan kunjungan ke dokter Anda jika hasilnya positif.

Ada banyak cara lain untuk mengetahui apakah Anda mungkin hamil, karena tubuh mengalami perubahan besar begitu banyak. Sebagai contoh, salah satu tanda kehamilan yang banyak perempuan laporkan pada tahap awal adalah kelelahan. Hal ini biasanya karena produksi hormon meningkat, terutama progesteron, dan dapat membuat Anda merasa lesu, lelah, dan siap untuk tidur panjang yang menyenangkan di tengah hari.

Lain dari tanda-tanda kehamilan yang paling umum adalah mual persisten. "Morning sickness" ini mungkin adalah gejala yang paling perempuan takuti, karena mereka mengalami kesulitan menjaga makanan dan keseringan muntah. Mual ini bisa menyerang setiap saat, siang ataupun malam, dan biasanya berlangsung melalui trimester pertama. Jika Anda menderita morning sickness, Anda sebaiknya tetap berpegang pada makanan lunak untuk sementara waktu - dan ke dokter segera untuk mengkonfirmasi bahwa anda sedang hamil dan mulai rezim kehamilan Anda.

Tanda-tanda awal kehamilan lainnya termasuk perubahan suasana hati tiba-tiba, sering buang air kecil, sensitivitas meningkat atau pembesaran payudara, dan perasaan stress. Tentu saja, dengan sendirinya, gejala-gejala ini mungkin berarti sesuatu yang lain sama sekali (atau bahkan tidak ada sama sekali), jadi jangan mencoba menyimpulkan tentang apa yang mungkin terjadi, Anda pastinya harus melakukan tes rumah atau ke dokter kandungan untuk mendapatkan konfirmasi.

Seperti yang Anda lihat, salah satu kunci untuk mendeteksi tanda-tanda kehamilan yang mulai terjadi untuk tubuh Anda sendiri. Kedengarannya aneh untuk mengatakannya, tetapi Anda akan terkejut melihat betapa banyak perempuan tidak bisa mengingat tanggal periode terakhir mereka atau apakah mereka merasa lebih tertekan dari biasanya. Namun jika Anda aktif secara seksual, Anda benar-benar harus lebih memperhatikan hal-hal ini - bahkan jika Anda sedang dalam kontrol kelahiran dan berpikir Anda tidak perlu khawatir.

Intinya di sini adalah bahwa jika Anda mulai melihat satu atau lebih dari tanda-tanda awal kehamilan, pergilah ke dokter secepat mungkin. Perawatan pra-lahir regular diberikan oleh seorang profesional kesehatan yang berkualitas dapat membantu memastikan perjalanan yang aman melalui semua tiga trimester, serta pengiriman yang lancar dan seorang bayi yang cantik di ujung jalan!