Nutrisi Selama Masa Kehamilan

Nutrisi Selama Masa Kehamilanepatah lama yang mengatakan ‘kita adalah apa yang kita makan’ benar adanya. Terlebih lagi bagi para wanita hamil yang tidak hanya makan untuk diri mereka sendiri namun juga memberi nutrisi kepada si calon bayi. Nutrisi-nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan menentukan bagaimana perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda, pertambahan berat badan, serta perkembangan sel-sel sarafnya.

Segera setelah Anda berpikir untuk memutuskan memiliki anak, Anda juga harus mulai memutuskan berbagai hal terkait dengan gaya hidup Anda, termasuk makanan sehari-hari yang Anda konsumsi. Nutrisi yang baik selama masa kehamilan merupakan hadiah terbesar bagi bayi Anda.

Pelajarilah lima macam kelompok makanan dan berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan Anda dan bayi.

Nutrisi yang Anda butuhkan selama masa kehamilan dapat mudah sekali berubah, tergantung pada kebutuhan dan perubahan toleransi Anda terhadap makanan-makanan tertentu. Setidaknya ada tiga aturan dasar yang wajib Anda ikuti selama tiga trimester masa kehamilan. Anda harus mengonsumsi makanan yang seimbang setiap harinya. Jika Anda mengonsumsi protein di saat makan siang, imbangilah dengan buah-buahan serta sayuran di sore harinya. Jangan melewatkan jadwal makan. Pada trimester pertama Anda mungkin harus berlatih makan-makanan hijau sebab itu berfungsi mengurangi efek mual Anda di pagi hari atau lebih dikenal dengan isltilah morning sickness. Minumlah banyak air putih setiap hari untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh. Selama kehamilan, tubuh Anda menambah lebih banyak liquid dan darah. Oleh sebab itu, Anda dapat membantu tubuh mempertahankan kesehatannya dengan tidak membiarkan diri Anda mengalami dehidrasi.

Nutrisi selama kehamilan yang baik ialah kalsium, sebagai pendukung utama tubuh Anda dan bayi yang dikandung. Rekomendasi yang pas untuk kalsium ialah 1200 mg per hari. Walaupun produk-produk susu mengandung kadar kalsium cukup tinggi, ada juga protein di situ yang bisa menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh. Pilihan yang lebih baik untuk mendapatkan asupan kalsium adalah dengan mengonsumsi tumbuh-tumbuhan yang mengandung kalsium, seperti brokoli dan bayam yang penyajiannya bisa langsung dicuci dan tanpa dimasak. Sumber kalsium lainnya ialah salmon, kol, buncis, jus jeruk, dan tentu saja suplemen kalsium.

Asam folat adalah nutrisi penting yang berperan dalam perkembangan saraf bayi Anda. Sebenarnya asam folat ini paling penting peranannya bahkan sebelum wanita menyadari bahwa ia positif hamil, Di mana asam folat berfungsi untuk mengembangkan otak dan saraf tulang belakang bayi. Untuk alasan ini, setiap wanita yang diprediksi akan segera hamil dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan asam folat, atau mereka juga bisa langsung mengonsumsi jenis-jenis makanan yang kaya kandungan asam folatnya. Beberapa makanan sumber asam folat yang baik ialah tahu, kacang, selai kacang, sereal, dan roti.

Selama trimester pertama, perhatian terbesar Anda mungkin adalah bagaimana mengatasi morning sickness. Terdapat beberapa metode untuk menangani morning sickness yang sebenarnya tidak hanya terjadi di pagi hari. Pada trimester kedua Anda harus meningkatkan asupan 200-300 kalori setiap harinya. Kalori ini bisa berasal dari protein, padi-padian, buah-buahan, dan sayuran. Pada trimester kedua Anda akan menemukan bahwa sistem pencernaan melambat, dan makanan tertentu menyebabkan Anda mudah mengeluarkan gas (kentut), serta menyebabkan ketidaknyamanan. Ikuti pola makan ini dan Anda bisa menyingkirkannya kapan saja selama tubuh Anda tetap mendapatkan cukup vitamin dan mineral. Lengkapi kebutuhan Anda sehari-hari dengan vitamin sebelum periode melahirkan tiba.

Nutrisi yang tepat selama periode kehamilan trimester ketiga akan membuat bayi Anda naik berat badannya hingga mencapai tiga kali lipat. Anda akan lebih cepat merasa kenyang karena menyempitnya ruangan pelvis. Namun demikian, Anda tetap harus mengonsumsi cukup kalori dari makanan-makanan seimbang. Cara terbaik melakukan ini ialah dengan makan kecil lebih sering selama setiap hari berjalan.

Sambil memikirkan nutrisi selama masa kehamilan, para wanita juga khawatir akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup banyak selama periode ini. Ingatlah bahwa Anda makan untuk dua orang, dan kesehatan bayi Anda tergantung pada makanan apa yang Anda makan. Berapa banyak kenaikan berat badan yang Anda alami selama masa kehamilan tergantung pada berat badan Anda sebelumnya. Normalnya, kenaikan berat badan berkisar antara 9-15 kg. Ketika Anda mulai kelebihan berat badan, itu haruslah berasal dari perut Anda yang sedang membesar, karena hal tersebut akan membantu proses persalinan dan juga berperan dalam kesehatan bayi.

Yang patut diwaspadai mengenai nutrisi selama masa kehamilan ialah ketika mengonsumsi ikan. Swordfish, king mackerel, hiu, dan tilefish mengandung kadar merkuri yang cukup tinggi sehingga dapat membahayakan sistem saraf dan otak bayi Anda, baik sebelum melahirkan atau ketika sedang menyusui. Para wanita yang sedang hamil, berencana hamil, maupun yang sudah sedang menyusui dianjurkan untuk tidak mengonsumsi jenis-jenis ikan di atas.

Olahraga dan kesehatan