Kehamilan: Pentingnya Pemeriksaan kehamilan

Perawatan pralahirApakah Anda baru-baru ini mengetahui bahwa Anda hamil? Apakah Anda menggunakan alat tes kehamilan atau dokter yang mengkonfirmasi kehamilan Anda, Anda mungkin mengalami berbagai macam perubahan emosi. Emosi-emosi tersebut mungkin termasuk perasaan bahagia, kegembiraan, harapan, serta ketakutan.


Ketika sampai pada persoalan melahirkan seorang anak khususnya anak pertama, banyak ibu-ibu yang memiliki berbagai macam masalah yang harus dihadapi. Masalah-masalah tersebut dapat berupa masalah uang, ruang tambahan, perawatan kesehatan, dan perlengkapan bayi yang dibutuhkan seperti susu formula dan popok. Meskipun masalah-masalah ini harus ditangani, terdapat suatu hal yang harus didahulukan yaitu kesehatan Anda dan bayi Anda. Saat mengetahui bahwa Anda hamil, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk melakukan pemeriksaan kehamilan.

Meskipun penting untuk dicamkan bahwa pemeriksaan kehamilan merupakan suatu hal yang harus segera Anda dapatkan ketika hamil, ada banyak ibu-ibu (terutama yang baru pertama kali menjadi ibu) yang bertanya-tanya apa pentingnya melakukan pemeriksaan tersebut. Jika ini merupakan pertanyaan yang juga Anda ajukan pada diri Anda maka Anda tidak sendirian. Beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan pemeriksaan kehamilan secara aktif ketika hamil dijelaskan dibawah ini.

Apa yang harus Anda ketahui adalah bahwa pemeriksaan kehamilan merupakan hal yang penting bagi kesehatan bayi Anda dan juga kesehatan Anda. Walaupun lebih terfokus pada bayi Anda dan perkembangannya, pemeriksaan kehamilan juga digunakan untuk memastikan bahwa Anda juga sehat. Hal ini dilakukan dengan mengamati berat badan Anda, tekanan darah Anda, begitu juga dengan ukuran perut Anda yang membesar. Itulah salah satu alasan mengapa Anda harus menghadiri semua janji temu pemeriksaan kehamilan Anda karena penting bagi kesehatan Anda serta bayi anda.

Alasan lain mengapa jadwal temu pemeriksaan kehamilan begitu penting adalah karena dapat digunakan untuk menentukan jika bayi Anda akan memiliki kondisi medis atau komplikasi tertentu saat mereka lahir. Sementara banyak orang tua tidak ingin tahu sebelum waktunya, banyak juga orang tua yang ingin mengetahui hal tersebut. Mengetahui jikalau bayi Anda akan memiliki kondisi medis tertentu merupakan hal yang penting karena dapat membantu Anda mempersiapkan diri secara finansial untuk menangani komplikasi tersebut serta penyesuaian hidup yang perlu dibuat.

Alasan-alasan yang dikemukakan di atas hanya merupakan sebagian kecil dari banyak alasan mengapa begitu penting melakukan pemeriksaan kehamilan ketika hamil. Selain memantau kesehatan Anda dan bayi , Anda juga harus menganggap pemeriksaan kehamilan sebagai pengalaman yang penting, menarik dan menyenangkan. Ketika menghadiri janji pemeriksaan kehamilan anda, apakah anda akan mengunjungi praktek dokter keluarga, sesorang ginekolog, atau bidan, anda dapat melihat sonogram bayi anda juga detak jantungnya. Hal ini merupakan hal yang tidak akan pernah dilupakan orang tua.

Terlepas dari pentingnya pemeriksaan kehamilan, ada banyak wanita hamil yang tidak melakukannya. Hal ini terjadi karena beberapa alasan; namun, alasan yang paling umum terkait dengan keuangan. Apabila anda saat ini tidak memiliki asuransi atau asuransi kesehatan tidak mencakup pemeriksaan kehamilan, Anda pasti terpengaruh dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pemeriksaan kehamilan ini. Apa yang harus Anda ketahui adalah bahwa banyak pekerja kesehatan profesional akan sangat bersedia untuk diajak bekerja sama, seperti dalam penyusunan rencana pembayaran. Ada juga pusat-pusat kesehatan yang dapat ditemukan di negara-negara tertentu yang memang diperuntukkan bagi wanita berpenghasilan rendah atau mereka yang tidak memiliki asuransi medis.

Sebagaimana diuraikan di atas, pemeriksaan kehamilan merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan Anda dan bayi Anda ketika Anda sedang hamil. Apakah Anda sedang mengandung anak pertama atau ketiga, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kehamilan dengan jumlah kunjungan yang dianjurkan. Kehamilan merupakan salah satu masalah yang paling penting yang harus Anda hadapi di dalam hidup Anda dan hal tersebut sangatlah penting ditangani dengan cara yang tepat.

Olahraga dan kesehatan