Kehamilan di Minggu ke-18

Kehamilan di Minggu ke-18Jika Anda ingin tahu apakah Anda akan memiliki anak laki-laki atau perempuan, kemngkinan besar Anda bisa melihatnya ketika kehamilan memasuki minggu ke-18.

 

Anda mungkin juga akan bersiap-siap untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam hal dan minggu tersebut adalah titik tengah dari keseluruhan waktu kehamilan yang sehat. Inilah saatnya untuk menyelesaikan semua hal, membuat beberapa keputusan dan mulai berpikir tentang hal-hal yang mungkin Anda anggap tidak penting sebelumnya.

Anda Tidak boleh menganggap bahwa melakukan beberapa perencanaan di minggu ke-18 adalah terlalu dini, karena trimester ketiga bisa menjadi masa yang sulit dan melelahkan bagi sejumlah besar wanita hamil.

Salah satu hal yang paling menarik tentang kehamilan di minggu ke-18 adalah Anda akan bisa mengetahui jenis kelamin dan kondisi kesehatan janin melalui USG. Beberapa orang melakukannya di minggu ke-18 dan beberapa wanita lain menunggu sampai kehamilan memasuki minggu ke-22.

Jenis kelamin janin memang tidak selalu bisa terbaca di minggu ke-18, tapi tentu saja selalu ada kemungkinan Anda bisa mengetahuinya di minggu tersebut. Jika Anda benar-benar ingin tahu jenis kelamin janin Anda, sebaiknya Anda menunggu beberapa minggu lagi agar jenis kelaminnya bisa terbaca dengan lebih jelas. Tetapi ingat, meskipun beberapa bayi sangat jelas jenis kelaminnya, ada juga beberapa bayi yang sulit untuk dibaca jenis kelaminnya. Hasil USG untuk mengetahui jenis kelamin memang tidak selalu akurat.

USG yang dilakukan saat kehamilan memasuki minggu ke-18 juga bisa digunakan untuk mengetahui kondisi kesehatan bayi Anda, dan Anda akan bisa mengetahui apakah janin dalam kondisi baik-baik saja atau tidak.

Jika Anda khawatir bayi Anda terkena Down Syndrome (kelainan genetik karena kekurangan kromosom), tapi Anda tidak ingin melakukan tes amniosintesis (sebuah prosedur untuk mengetahui adanya down syndrome) jika memang tidak perlu, dokter dapat menganalisanya melalui USG dan akan memberitahu Anda jika bayi tampaknya baik-baik saja atau jika Anda hanya perlu melakukan tes amnio. Bayi akan diukur dan livernya akan diperiksa untuk mendeteksi apakah ada masalah atau tidak. Waktu kelahiran bayi Anda mungkin akan disesuaikan dengan pertumbuhan bayi.

Ketika Anda memasuki titik tengah masa kehamilan, ada beberapa hal lain yang dapat Anda pikirkan. Apakah Anda yakin bahwa Anda telah memilih dokter yang tepat? Jika Anda ragu-ragu, ini adalah saat yang tepat untuk memastikan apakah Anda tetap bertahan dengan dokter tersebut atau ingin mencari dokter yang lain. Anda juga dapat mulai berpikir untuk bergabung dengan kelompok atau program-program untuk wanita hamil yang sudah berumur 18 minggu.

Apabila kelas atau program tersebut tidak ada di kota Anda, Anda mungkin bisa mencari sebuah komunitas yang mirip dengan program-program tersebut untuk menemukan apa yang Anda inginkan, karena bergabung dengan kelompok yang mempunyai permasalahan yang sama merupakan ide yang bijaksana.

Anda juga dapat mulai berpikir tentang persalinan ketika Anda sudah berada di masa kehamilan 18 minggu. Anda memang memiliki banyak waktu, tapi tidak ada salahnya untuk berpikir lebih awal tentang segala hal. Apakah Anda tahu jenis persalinan apa yang Anda inginkan? Apakah Anda ingin menggunakan penghilang rasa sakit? Siapakah yang akan datang membantu setelah bayi lahir ataukah Anda ingin sendirian saja?

Jika Anda sudah punyak anak, siapakah yang akan menjaga anak-anak Anda saat Anda melahirkan? Siapa yang dapat membantu Anda jika persalinan datang lebih awal sedangkan suami Anda sedang tidak ada di rumah? Apakah Anda sudah memilih nama untuk calon bayi Anda? Anda bisa mulai mempertimbangkan banyak hal lebih awal sebelum saat persalinan datang sehingga Anda tidak akan panik karena telah mempersiapkan segalanyai.

Olahraga dan kesehatan