Diet Selama Kehamilan

Diet Selama Kehamilanenjadi seorang ibu merupakan pengalaman yang indah bagi seorang wanita. Alam menjamin kelanjutan mahluk hidup melalui keturunan, manusia tidak dikecualikan dari peraturan universal ini. Meskipun perkembangan kesadaran manusia dan kemajuan ilmu pengetahuan telah menempatkan beberapa pembatasan atau pengecualian untuk tujuan dan akhir dari hubungan antara pria dan wanita, sudah merupakan hukum alam untuk

mendapatkan keturunan dan karena itu memastikan kelanjutan ras manusia.

Diet merupakan faktor penting untuk diperhatikan selama kehamilan. Seseorang harus selalu ingat bahwa ia harus makan untuk dua orang selama kehamilan, meskipun makan berlebihan bukanlah jawabannya. Ia harus mengkonsumsi jumlah protein, vitamin dan mineral yang cukup karena si ibu merupakan satu-satunya sumber dari zat-zat yang penting bagi janin.

Diet kehamilan tidak menganjurkan diet non-karbohidrat secara menyeluruh karena hal itu akan menghasilkan produksi keton di dalam aliran darah karena tidak adanya karbohidrat, yang akan menyebabkan risiko kerusakan otak pada janin. Selain itu, ini juga bisa mengakibatkan konstipasi bagi ibu hamil karena karbohidrat menyuplai dosis tambahan zat besi yang dibutuhkan oleh janin.

Makanan selama kehamilan harus meliputi buah-buahan yang cukup untuk memastikan asupan vitamin dalam jumlah yang dibutuhkan. Ibu hamil harus berhati-hati agar tidak makan berlebihan sehingga bisa menyebabkan obesitas, terutama mereka yang menderita diabetes, tekanan darah rendah atau memiliki berat badan berlebihan.

Biasanya diet rendah karbohidrat meliputi whole grains (makanan yang terbuat dari biji2an utuh - red) dan buah-buahan dengan nasi putih dan pasta yang minimal. Jika seseorang melakukan diet tinggi karbohidrat sebaiknya makan sedikit-sedikit tapi sering. Hindari daging olahan karena mengandung nutrisi yang kurang dan kalori yang lebih banyak. Konsumsi jumlah kacang-kacangan, selada dan buah-buahan harus mencukupi. Hindari garam dan saus dalam dosis besar. Ibu hamil disarankan untuk berkonsultasi dengan ginekolog/ dokter kandungan untuk mendapatkan resep diet seimbang. Ada hubungan antara makanan selama kehamilan dengan kesehatan janin.

Seseorang harus mempersiapkan diri menjadi ibu yang baik dengan memperkaya pengetahuan tentang perawatan bayi serta perawatan kesehatan setelah melahirkan. Seseorang harus siap secara emosional untuk menyesuaikan perubahan-perubahan fisik, emosional yang harus dihadapinya pada periode ini. Peran suami yang penuh kasih selama periode ini tidak bisa dielakkan. Ia yang harus merawat, memberi kenyamanan dan kepercayaan diri istrinya untuk mempersiapkan diri menjadi ibu yang dewasa, sehat dan penuh kasih.

Artikel ini hanya digunakan untuk memberikan informasi. Informasi yang terkandung di sini tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai pengganti atau digunakan bersamaan dengan nasihat profesional medis mengenai kehamilan. Sebelum memulai diet atau minum obat apa pun, pasien harus berkonsultasi dengan dokter medis berlisensi untuk saran dan/ atau untuk menentukan tindakan yang terbaik untuk situasi yang dimilikinya.