Tentang kesehatan

Tips Mengatasi Rasa Takut di Udara

Tips Mengatasi Rasa Takut di Udara[dropcap color=grey cap=S]aya seringkali ketakutan untuk berada di udara, terus terang saya bahkan tidak akan menggunakan pesawat terbang untuk pergi liburan. Saya seringkali kehilangan kesenangan bersama teman-teman saya yang bepergian dengan pesawat terbang ke Acapulco, Halifax, Spain dan semua tujuan liburan menarik lainnya. Namun sekarang, saya bisa pergi menggunakan pesawat terbang tanpa[/dropcap]

perlu berpikir dua kali. Bila saya berhenti dan memikirkannya, saya akan tetap takut menggunakan pesawat terbang, tetapi bila saya tetap menjaga pandangan saya lurus ke depan, saya akan merasakan ketakutan lebih sedikit. Saya ingin berbagi beberapa tips untuk mengatasi rasa takut di udara yang dapat menolong mengatasi ketakutan Anda, seperti halnya saya.

Anda mungkin mengira saya akan memulai dengan memberikan beberapa nasehat bijaksana tentang pengendalian diri atau mengatasi keterbatasan kemampuan Anda, namun bukan itu caranya. Saya akan memulai dari obat-obatan. Saya pergi ke dokter dan menceritakan tentang ketakutan saya di udara, dan kemudian ia meresepkan pil anti-ansietas yang menakjubkan bernama Xanax untuk saya. Ketika bepergian, saya akan menunggu hingga melewati pintu keamanan dan kemudian meminum satu pil sambil menunggu panggilan masuk ke pesawat. Saat saya sudah masuk ke pesawat, saya benar-benar merasakan sangat mengantuk, dan saat pesawat mulai terbang, saya sudah tertidur lelap.

Minum Xanax sebelum penerbangan membantu saya mengatasi rasa takut saya diawal, tetapi saya tidak ingin seumur hidup bergantung pada obat sedatif setiap kali saya akan naik pesawat terbang. Teman saya yang merupakan seorang psikiater telah memberi saya tips bagus untuk mengatasi rasa takut tersebut sehingga membantu transisi saya menuju penerbangan bebas obat-obatan. Ia memberitahu agar saya berulang kali memberi tahu kepada diri saya sendiri kalau penerbangan itu aman. Ia memberi saya beberapa statistik tentang mengapa menggunakan pesawat terbang lebih aman dibandingkan bentuk transportasi lainnya dan mengapa turbulensi - meskipun tidak menyenangkan - tidaklah berbahaya. Ia membuat saya menonton suatu rekaman simulasi dari penerbangan pesawat terbang, sehingga saya secara perlahan mengurangi rasa takut saya tersebut dengan nyaman di rumah. Ternyata, ia mendapatkan tips-tips ini dari seorang pasien yang mengikuti kelas untuk mengatasi akrophobia yang dimilikinya.

Anehnya, tips mengatasi rasa takut di udara yang terbaik - satu-satunya yang benar-benar membantu saya memutus ketergantungan saya terhadap Xanax - tidak didapat dari buku tentang phobia atau kelas khusus, atau dari ahli kesehatan kejiwaan, tetapi dari seorang guru meditasi. Saya telah menjalani suatu kursus meditasi untuk membantu saya mengatasi ketakutan kronis ini, dan kelas kursus tersebut juga merupakan aset berharga dalam mengatasi phobia saya. Saya telah belajar tentang bagaimana menarik nafas dalam-dalam, rileks, menjernihkan pikiran saya dan untuk kembali ke pikiran yang menyenangkan kapanpun saya mulai dikuasai pikiran-pikiran ketakutan. Perlahan, penerbangan demi penerbangan, saya menggunakan pendekatan pemikiran rasional dari teman psikiater saya dan latihan mental dari guru meditasi saya untuk mengatasi ketakutan saya.