Tentang kesehatan

Kecelakaan di Tempat Kerja

Kecelakaan di Tempat Kerjaal-hal buruk bisa terjadi di tempat kerja sepanjang waktu. Kadang-kadang hanya hal kecil yang dapat diatasi dengan mudah, tetapi kadang kala kecelakaan yang terjadi dapat merubah kehidupan seseorang selamanya. Apapun masalahnya, tidak seorangpun bisa menghindar sepenuhnya dari kecelakaan di tempat kerja. Tidak ada tempat kerja yang 100% aman. Beberapa jenis pekerjaan memang lebih berbahaya daripada yang lain, tapi

setiap orang bisa terluka di tempat kerja di bidang apapun setiap saat. Apakah yang harus Anda lakukan jika hal ini terjadi pada Anda? Beberapa orang tidak tahu apa yang harus mereka lakukan jika hal ini terjadi pada mereka, lalu mereka akan membabi buta melakukan hal-hal yang diberitahukan orang lain pada mereka. Hal itu akan memperburuk situasi karena mereka tidak akan mendapatkan bantuan atau kompensasi yang seharusnya mereka terima.

Paling tidak, Anda harus mendapatkan kompensasi atas gaji Anda yang hilang dan setiap biaya medis yang dikenakan setelah kecelakaan di tempat kerja. Ini berarti Anda masih akan digaji meskipun Anda tidak dapat bekerja pada waktu itu, dan jika Anda harus pergi ke dokter karena Anda cedera atau masalah kesehatan lain, perusahaan harus menanggung semua biayanya. Banyak pekerja yang tidak tahu bahwa hal-hal mendasar ini adalah hak mereka. Anda harus memberikan informasi ketika Anda memulai suatu pekerjaan. Paling tidak, jika sesuatu terjadi dan Anda harus pergi ke dokter, Anda harus memberitahu perusahaan bahwa hal itu terjadi di tempat kerja sehingga tidak akan ada lagi pertanyaan nantinya saat Anda harus pergi ke dokter lagi.

Kecelakaan yang parah di tempat kerja bukanlah sesuatu yang sering terjadi seperti kecelakaan kecil lainnya, tetapi tetap saja bisa terjadi. Mudah-mudahan Anda bekerja pada  perusahaan yang peduli pada Anda seperti seharusnya, namun tidak semua perusahaan seperti itu. Kenyataannya, Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi jika Anda terluka. Anda harus selalu membuat catatan harian tentang apa yang terjadi dan perkembangannya setiap hari, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda membutuhkannya. Catatlah selalu bagaimana perasaan Anda, kunjungan Anda ke dokter, apa saja yang dikatakan kepada Anda oleh siapa pun di perusahaan dan apa saja yang terjadi yang berhubungan dengan kecelakaan yang Anda alami.

Satu hal yang seharusnya tidak boleh terjadi setelah kecelakaan di tempat kerja adalah pemecatan. Jika Anda dipecat karena Anda kecelakaan di tempat kerja dan dokter memerintahkan Anda untuk beristirahat dalam jangka waktu tertentu, Anda dapat mencari seorang pengacara. Meskipun peraturan tentang kecelakaan di tempat kerja tidak sama di tiap-tiap negara, Anda memiliki hak hukum untuk mempertahankan pekerjaan Anda kecuali Anda dianggap sudah tidak mampu bekerja lagi karena alasan medis. Menyewa seorang pengacara mungkin kelihatannya terlalu ekstrim, tetapi jika hidup Anda berubah, Anda memiliki hak untuk mendapatkan kompensasi. Jika kecelakaan itu terjadi karena kelalaian perusahaan, mereka bisa saja memecat Anda untuk keluar dari masalah, tapi jangan biarkan mereka lolos begitu saja.

Mudah-mudahan, Anda tidak akan pernah mengalami kecelakaan di tempat kerja, tetapi jika Anda mengalaminya, mudah-mudahan perusahaan peduli terhadap Anda sebagaimana mestinya. Tetapi Anda harus ingat bahwa hal itu tidak selalu terjadi sesuai harapan. Jika Anda telah menjelaskan dari awal bahwa cedera itu terjadi di tempat kerja, dan selama Anda terus membuat catatan tentang semua hal yang terjadi, seharusnya Anda tidak akan menemui kesulitan untuk mendapatkan hak Anda, meskipun Anda harus menyewa pengacara untuk mendapatkannya. Banyak pengacara yang bersedia mendampingi Anda tanpa biaya awal dan bersedia dibayar ketika uang kompensasi sudah Anda terima. Jadi jangan ragu untuk menghubungi pengacara jika Anda membutuhkan bantuan.