Tentang kesehatan

Kanker Tulang

kerangka cap=K]anker Tulang merupakan istilah yang digunakan ketika sel kanker terlihat pada tulang. Kanker yang dimulai dari tulang disebut kanker tulang primer. Kanker tersebut seringkali ditemukan pada lengan dan kaki tetapi dapat terjadi pada bagian tulang manapun dalam tubuh. Anak-anak dan orang muda lebih rentan terhadap kanker tulang daripada orang dewasa.

Kanker tulang primer disebut Sarcoma. Ada beberapa tipe Sarcoma dan tiap jenisnya dimulai dengan

jaringan tulang yang berbeda. Sarcoma yang paling umum adalah Osteosarcoma, Sarcoma Ewing, dan Chondrosarcoma.

Pada orang muda, kanker tulang yang paling umum adalah Osteosarcoma yang biasanya terjadi di antara usia 10 dan 20 tahun dan pria lebih sering terinfeksi daripada wanita. Osteosarcoma seringkali dimulai pada ujung tulang (dimana jaringan tulang yang baru terbentuk ketika orang muda tumbuh) yang biasanya menginfeksi tulang panjang dari lengan dan kaki.

Sarcoma Ewing biasanya terjadi pada remaja dan kebanyakan ditemukan di antara usia 10 dan 20 tahun. Kanker ini terbentuk pada bagian tengah dari batang tulang besar dan kebanyakan menginfeksi tulang pinggul dan tulang panjang pada paha dan lengan atas, tetapi juga dapat terjadi di pinggul.

Chondrosarcoma merupakan tipe tumor yang terbentuk di tulang rawan (jaringan karet antara persendian) dan ditemukan pada kebanyakan orang dewasa. Tipe lain dari kanker tulang adalah Fibrosarcoma (sel tumor raksasa yang menular) dan Chordoma. Sel tersebut merupakan kanker yang langka dan kebanyakan orang yang terinfeksi berusia 30 tahun keatas.

Gejala yang paling umum dari kanker tulang adalah rasa sakit. Tetapi, gejala-gejalanya dapat bervariasi tergantung pada tempat dan ukuran kankernya. Kadangkala rasa kuat dan sedikit gumpalan lunak pada tulang dapat ditasakan melalui kulit. Kadang-kadang kanker tulang menganggu pergerakan normal dan juga dapat melemahkan atau menyebabkan tulang untuk patah. Tumor yang terjadi di dalam atau dekat persendian dapat menyebabkan bengkak dan rasa lembek pada bagian yang terinfeksi. Gejala lainnya yaitu kelelahan, demam, penurunan berat badan, dan anemia. Sangat penting untuk mengecek ke dokter ketika Anda mengalami gejala-gejala ini, tetapi gejala ini dapat juga disebabkan oleh kondisi lain yang tidak terlalu serius.

Pengobatan untuk tumor tulang meliputi operasi, seperti amputasi tungkai dan lengan. Kemoterapi dan Radioterapi sangat efektif untuk beberapa tumor (seperti Sacroma Ewing) tetapi tidak untuk lainnya (seperti Chondrosarcoma). Setelah pengobatan untuk kanker tulang telah selesai, sangat penting untuk melakukan follow-up atau cek up rutin dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa kankernya tidak kembali lagi dan menanganinya dengan baik jika memang terjadi. Cek up dapat dengan cek fisik, x-ray, scan, tes darah, dan tes laboratorium lain. Orang yang telah didiagnosa kanker tulang akan mempunyai kekhawatiran fisik, emosional dan praktikal yang banyak. Mereka akan khawatir dengan pembuangan tungkai dan lengan atau operasi lainnya akan mempengaruhi tidak hanya penampilan mereka tetapi juga perasaan orang-orang terhadapnya. Pasien dapat dibantu untuk mengatasi semuanya melalui grup pembantu khusus untuk orang muda penderita kanker dan keluarga mereka. Contohnya, Perhimpunan Kanker Amerika yang merupakan organisasi sosial dimana mempunyai banyak jasa untuk para pasien dan keluarganya.