Apakah Kanker Itu?

Apakah Kanker Itu?[dropcap color=blue cap=K]anker kulit, kanker payudara, kanker paru-paru, dan lain sebagainya. Kita mengetahui bahwa kanker sangat mengerikan, namun apa tepatnya kanker itu? Tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimana mekanisme penyebaran kanker dan[/dropcap]

pengaruhnya terhadap angka kematian.

Hidup dalam lingkungan yang sehat semaksimal mungkin dan mencari penanganan yang sesuai jika dibutuhkan merupakan tindakan yang baik dan tepat. Namun akan sangat membantu jika Anda memiliki pengetahuan tentang apa kanker itu sebenarnya, terutama ketika kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di negara kita. Memahami dan mengerti apa kanker itu dan bagaimana persisnya ia terjadi di dalam tubuh merupakan cara penting dalam menguatkan pasien yang terkena kondisi tidak menguntungkan tersebut.

Tubuh kita terdiri dari banyak sekali sel. BANYAK sekali! Sel menyusun segalanya yang ada di dalam tubuh kita: kulit, otak, organ-organ, dan masih banyak lagi. Tubuh kita memiliki kemampuan untuk memproduksi sel-sel, yang mana hal tersebut sangat menguntungkan sebab kita kehilangan banyak sekali sel setiap harinya.

Ketika lutut Anda terluka, Anda kehilangan kulit dan sel-sel darah di situ. Lalu sel-sel yang ada akan bereproduksi kembali menghasilkan sel-sel baru menggantikan yang telah hilang. Ketika sel-sel tersebut telah tergantikan, maka kegiatan reproduksi sel akan berhenti dengan sendirinya. Reproduksi sel merupakan hal yang sangat baik.

Namun bagaimana jika sel tidak berhenti mereproduksi sel baru dan berlangsung terus-menerus? Mengerikan bukan? Itulah yang dinamakan kanker. Mungkin Anda pernah mendengar mengenai tumor. Sebuah gumpalan yang terbentuk karena sekumpulan sel yang tidak berhenti tumbuh. Jadi, apakah kanker kulit itu? Pertumbuhan tidak normal sel-sel kulit. Apakah kanker otak itu? Perkembangan yang tidak biasa sel-sel otak. Dan kanker paru-paru? Perkembangan jaringan paru-paru yang tidak terkendali.

Berita baiknya, beberapa jenis kanker terkait dengan lingkungan, di mana mereka disebabkan oleh berbagai faktor eksternal dan dapat dicegah. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan tabir surya dan mengurangi kemungkinan terkena radiasi sinar ultraviolet yang dapat merangsang pertumbuhan kanker kulit. Anda juga dapat menghindari rokok untuk mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Namun berita buruknya adalah, beberapa jenis kanker yang lain bersifat warisan dan Anda mungkin terpilih untuk mengembangkannya. Namun demikian bukan berarti kanker tidak dapat ditangani.

Dengan mengadopsi gaya hidup dan kebiasaan yang sehat seperti olahraga, makanan yang baik, dan merawat tubuh secara keseluruhan dengan baik pula, Anda dapat menghindari kanker sehingga memperpanjang waktu hidup Anda.

Banyak pula orang menderita kanker berasal dari pikiran mereka sendiri yang mengatakan bahwa hal tersebut sudah tidak ada harapan lagi dan hidup mereka tak berarti. Sikap menyerah seperti ini layaknya kanker yang harus segera dilenyapkan dari tubuh. Anda hanya hidup sekali, maka buatlah diri dan hidup Anda berarti.