Tentang kesehatan

Robot Memberikan Perawatan Lebih Maju untuk Kanker Prostat?

Saat ini, dimanapun Anda membaca tentang bagaimana cara mendapatkan pekerjaan, Anda akan membaca hal yang sama, lagi dan lagi - tingkatkan pendidikan dan perbaharui ketrampilan Anda bila Anda ingin tetap dibutuhkan.

Membaca sesuatu seperti ini akan membuat Anda berpikir tentang

seorang perawat yang melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seorang pekerja pabrik yang berusaha mendapatkan gelar diploma di bidang komputer atau sejenisnya.

Anda mungkin tidak berpikir tentang seorang ahli bedah dengan jam terbang tinggi yang tidak akan memiliki pasien bila ia tidak meng-update kemampuannya. Namun inilah yang terjadi saat ini terhadap para ahli bedah urologi berpengalaman dan terlatih di bidang bedah tradisional. Cara yang selama ini mereka lakukan selalu cukup bagus -

Mereka membuat suatu insisi laparoskopi di tubuh pasien, lalu memasukkan instrumen bedah dengan kedua tangannya sambil melihat apa yang terjadi melalui kamera yang telah dimasukkan sebelumnya, mereka mencari tahu apa yang perlu dieksisi melalui pandangannya dan kemudian melakukannya dengan sangat presisi. Namun sekarang pasien tidak menginginkan prosedur-prosedur primitif ini. Mereka hanya akan mendengarkan pilihan-pilihan yang benar-benar merupakan perawatan lebih maju untuk kanker prostat, terutama, pilihan operasi yang menggunakan robot.

Ini adalah hal terbaru. Ada sebuah robot kendali jarak jauh yang tubuhnya ramping dan kecil serta dapat dikendalikan dengan akurat, seorang ahli bedah yang teruji akan duduk di tempat lain pada semacam pusat pengendali canggih layaknya videogame. Ini seperti layaknya seorang pilot angkatan udara yang mengendalikan pesawat tanpa awak di Afghanistan dan Pakistan menggunakan remote control sambil duduk di suatu tempat di Amerika.

Memang, bedah prostat menggunakan robot akan mengeluarkan biaya lagi; namun ini terdengar sangat canggih, sehingga membuat pasien tidak lagi ingin mempertimbangkan cara lama. Mereka merasa ketepatan dan hasil yang memang didisain untuk robot, tidak akan dapat dicapai oleh dokter manusia. Mereka akan bertanya pada dokter, dan bila tidak ada pilihan operasi menggunakan robot didalam rencana perawatan mereka, mereka akan pergi ke tempat lain yang memilikinya.

Masalahnya adalah, tidak ada seorang pun yang telah benar-benar membuktikan bahwa semuanya akan berjalan lebih baik bila Anda menggunakan robot. Memang ada segi positif bila menggunakan robot - yang paling utama adalah dengan dioperasi menggunakan robot hanya akan menyebabkan sedikit komplikasi dan infeksi saat di rumah sakit. Tetapi ada masalah serius lainnya yang dapat disebabkan oleh robot. Saat Anda dioperasi menggunakan robot untuk mengatasi masalah prostat, Anda akan mendapati impotensi dan inkontinensia yang jauh lebih sering.

Semua kebingungan ini adalah sesuatu yang dapat menghasilkan banyak uang bagi bisnis. Kebanyakan marketing yang tidak jujur mengambil keuntungan dari sini. Ada iklan menyesatkan yang kata-katanya seolah-olah memberi makna bahwa perawatan lebih maju untuk kanker prostat dengan menggunakan robot akan memberikan hasil yang lebih baik bagi Anda; tetapi mereka juga berbelit-belit dengan kata-kata untuk berusaha melepaskan diri dari komitmen dan tanggung jawab. Namun demikian, orang Amerika telah dengan jelas membelinya. Akankah Anda percaya kalau sembilan dari sepuluh operasi prostat di Amerika telah dilakukan menggunakan robot?, tidak ada jenis perawatan medis lainnya yang pernah mengambil alih suatu perawatan seperti ini dan secepat ini.

Para peneliti dan ahli sama sekali tidak memiliki penjelasan kalau menggunakan robot berarti suatu perbaikan bagi pasien. Tetapi tetap saja, kita memiliki pasien dimana-mana yang bersikeras bahwa mereka ingin dioperasi menggunakan robot atau tidak dioperasi sama sekali. Dan kita bertanya-tanya mengapa perawatan medis di Amerika semakin mahal setiap tahunnya. Semua ini adalah inovasi yang sia-sia.

 

Olahraga dan kesehatan