Apa itu Prostat?

Apa itu Prostat?nda mungkin sudah sering mendengar kata 'prostat' dibicarakan di berbagai tempat, namun banyak yang tidak tahu apa prostat sebenarnya. Prostat adalah organ yang dimiliki oleh sistem reproduksi pria. Prostat berada tepat di bawah kandung kemih, dan menghasilkan cairan yang melindungi sperma. Bagi yang tidak akrab dengan biologi, sperma harus mencapai sel telur seorang wanita agar dapat bereproduksi. Hanya satu sperma yang akan berhasil membuahi telur, atau dua sperma tergantung pada keadaan, tetapi yang paling penting adalah menjaga agar mereka tetap terlindungi.

Prostat berbentuk seperti donat, dan akan membesar ketika Anda tumbuh.

Misalnya, pria muda akan memiliki prostat kira-kira sebesar kenari. Percaya atau tidak, saraf-saraf yang mengontrol ereksi ternyata mengelilingi prostat dan membuat perlindungan pada organ ini. Ada beberapa gangguan kesehatan yang dapat berasal dari prostat seperti sering kencing, sulit buang air kecil, terasa nyeri saat ejakulasi, adanya darah di sperma, atau ketidakmampuan untuk mempertahankan ereksi. Beberapa ganguan ini mungkin tidak mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, tetapi ada beberapa gangguan yang dapat menimbulkan masalah yang serius. Satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang adalah mereka percaya bahwa gejala ini merupakan efek samping yang alami karena usia yang semakin menua. Jika Anda merawat diri sendiri, Anda bisa hidup lebih lama, sehat, dan bebas dari rasa sakit.

Gangguan-gangguan kecil ini dapat mengakibatkan masalah prostat yang lebih serius jika Anda membiarkannya, seperti kanker prostat yang telah merajalela di seluruh dunia selama bertahun-tahun dan dapat mengancam jiwa. Percaya atau tidak, banyak yang telah menderita kanker prostat tanpa mengalami gejala apapun, dan hal ini merupakan sesuatu yang perlu Anda waspadai.

Kanker prostat adalah suatu kondisi yang terjadi ketika sel-sel prostat tertentu mulai berkembang biak terlalu cepat, dan kejadian ini akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan. Seiring berjalannya waktu, sel-sel kanker prostat akan keluar dari prostat dan menginfeksi seluruh tubuh. Apabila sudah mencapai titik ini, pasien sudah tidak mungkin lagi disembuhkan, tetapi masih dapat dilakukan perawatan dan pengobatan. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pencegahan sebelum hal ini terjadi agar Anda dapat hidup lebih lama.

Kanker prostat adalah penyakit laki-laki dan merupakan salah satu kondisi yang harus diberi perhatian yang serius. Semua pria harus melakukan pemeriksaan kanker prostat secara teratur sejak memasuki usia 40 tahun. Jika Anda memiliki riwayat kanker prostat dalam keluarga, maka Anda harus melakukan pemeriksaan lebih awal dan harus sangat berhati-hati untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih parah di kemudian hari. Kanker prostat adalah salah satu penyakit yang paling umum diderita oleh kaum pria, dan merupakan urutan kedua setelah kanker kulit.

Setiap tahun, diperkirakan akan ada dua ratus ribu kasus kanker prostat baru, dan meskipun hanya sebagian kecil dari mereka yang akan meninggal karena kanker prostat, Anda bisa saja menjadi salah satu dari mereka. Kira-kira satu dari enam pria didiagnosis terkena kanker prostat, dan sekitar dua juta orang yang didiagnosa terkena kanker prostat masih hidup. Mengingat angka-angka tersebut adalah untuk keseluruhan penderita dalam satu tahun tertentu, angka dua juta bukanlah jumlah yang besar. Berdasarkan hal itu, Anda tentu ingin memastikan bahwa Anda telah melakukan pemeriksaan secara teratur.

Hal ini mungkin terdengar menakutkan, tetapi seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kondisi ini sebenarnya dapat dicegah. Jika Anda merasa memiliki satu atau beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa mulai mencari berbagai macam informasi di internet sebelum Anda mengunjungi dokter. Namun jangan salah, Anda harus pergi ke dokter untuk memastikan apakah Anda berada dalam bahaya atau tidak. Sekali lagi, Anda tidak boleh menganggap enteng gangguan prostat!

Olahraga dan kesehatan