Kanker payudara

kanker payudara sinar x Sel-sel kanker adalah sel-sel yang tidak normal. Sel-sel kanker bertumbuh dan membelah dirinya lebih cepat dibanding sel-sel normal. Beberapa sel kanker dapat bertumbuh dan membentuk tumor. Semua tumor membesar ukurannya, sebagian tumbuh dengan cepat, sebagian lagi lambat. Sel-sel kanker dapat menyebar ke organ tubuh lainnya lewat darah dan sistem getah bening. Hal ini disebut dengan metastase.

Disebut kanker payudara apaibla kanker itu dimulai dari payudara. Kanker payudara dapat dideteksi dengan melakukan mamografi atau seorang wanita yang menemukan benjolan atau dengan pemeriksaan oleh dokter. Untuk dapat mendeteksi kanker payudara, sangatlah penting untuk :
  • Melakukan sendiri pemeriksaan payudara setiap bulannya
  • Melakukan pemeriksaan tahunan oleh dokter jika Anda berusia di atas 40 tahun.
  • Melakukan mamografi setiap tahun jika Anda berusia di atas 40 tahun.

Jaringan Payudara

Seorang wanita akan memiliki payudara yang lebih kencang dan kenyal sebelum menopause. Wanita memiliki kadar estrogen yang lebih rendah setelah menopause, sehingga payudara terasa lebih lembut dan tidak terlalu kenyal. Jaringan yang kencang dan kenyal dapat menyembunyikan benjolan kecil sehingga sulit untuk ditemukan.

Pemeriksaan

Jika ditemukan benjolan, mamografi dan ultrasonografi akan segera dilakukan. Biopsi juga sering dilakukan untuk mengetahui apakah benjolan itu adalah kanker, jika ya, apa jenisnya.
Biopsi adalah prosedur untuk mengangkat sebagian kecil dari jaringan. Jaringan tersebut kemudian diperiksa oleh dokter. Jika dalam biopsi ditemukan kanker, pemeriksaan-pemeriksaan lain akan dilakukan untuk mengetahui bilamana kanker sudah menyebar ke organ tubuh yang lain.

Jenis Perawatan

Berdasarkan hasil biopsi dan jenis kanker, Anda dan dokter Anda akan menentukan perawatan yang terbaik yang akan dilakukan untuk kanker payudara Anda. Berikut beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan :

Bedah / Operasi

Bedah /operasi dilakukan untuk mengangkat sebanyak mungkin jaringan kanker. Apakah payudara harus diangkat seluruhnya (masektomi) atau hanya sebagian saja yang harus diangkat (lumpektomi). Pilihan manapun yang dilakukan, tetap dilakukan pemeriksaan terhadap kelenjar getah bening di bawah ketiak untuk melihat ada/tidaknya kanker.
Anda juga dapat berdiskusi dengan dokter Anda tentang kemungkinan bedah rekonstruksi, artinya melakukan operasi agar payudara terlihat normal kembali.
Setelah operasi, Anda mungkin masih akan memerlukan perawatan lain. Dilakukannya masektomi atau lumpektomi tidak menjamin tubuh Anda bebas dari kanker payudara. Sel-sel kanker yang terlalu kecil untuk dideteksi mungkin saja masih tertinggal dalam tubuh Anda.

Terapi dengan Radiasi

Operasi lumpektomi seringkali diikuti dengan terapi radiasi. Terapi radiasi dilakukan untuk keseluruhan payudara. Terapi radiasi biasanya dimulai sekitar 4-6 minggu setelah operasi dilakukan.

Terapi Hormon dan Kemoterapi

Perawatan ini mungkin akan dibutuhkan untuk menghilangkan sel-sel kanker yang masih tertinggal di dalam tubuh. Terapi ini dapat dilakukan sebelum operasi dilakukan yaitu untuk memperkecil tumor, atau sesudah operasi untuk membunuh sel-sel yang mungkin telah menyebar ke seluruh tubuh.

Terapi Hormon adalah pemakaian obat yang berbentuk pil yang bekerja melawan estrogen di dalam tubuh. Efek samping yang paling umum adalah tanda-tanda menopause.

Kemoterapi adalah obat yang diberikan melalui saluran infus (intravena) di dalam pembuluh darah atau dapat juga berbentuk pil. Obat ini membunuh sel-sel kanker. Efek samping yang paling umum antara lain kelelahan, rambut rontok, dan rasa mual. Efek samping ini biasanya hanya bersifat sementara.

Berbicaralah pada dokter atau perawat apabila Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tertentu.

Olahraga dan kesehatan