Kanker Payudara Stadium 4 dan Pemahamannya

Kanker Payudara Stadium 4 dan Pemahamannyaanker payudara stadium 4 juga disebut kanker payudara metastatis, saat ini diderita sekitar 160.000 orang wanita dengan sejumlah 40.000 orang wanita yang meninggal akibatnya setiap tahun. Meskipun masih belum bisa disembuhkan, kanker ini tidak menyebabkan kematian dengan

cepat namun kemungkinan kesembuhan juga jauh dari jangkauan kita.

Wanita dengan kanker payudara stadium 4 dapat hidup 10 tahun atau lebih apabila terdiagnosis lebih awal, tapi harapan hidup rata-rata jika terdiagnosis adalah sekitar 27 bulan. Meski demikian, angka tersebut terus meningkat.

Pilihan pengobatan kanker untuk memperpanjang dua puluh bulan lebih itu semakin meningkat dan prospek perkembangan selanjutnya adalah lebih baik. Penelitian ilmiah sedang dilakukan dengan giat. Kita telah melihat bagaimana keajaiban dunia pengetahuan mengubah dunia, dan kita mungkin memiliki tingkat percaya diri lebih tinggi bahwa para peneliti yang berdedikasi tersebut akan membuat terobosan baru untuk mengalahkan musuh utama wanita ini dalam waktu dekat.

Kanker payudara stadium 4 bukanlah kanker yang sederhana karena kanker tersebut memang berasal dari payudara, tapi pada stadium 4 kanker tersebut telah berpindah ke organ-organ lain. Jika kanker payudara didiagnosa pada stadium awal, prosedurnya adalah dengan mengangkat benjolan (lumpektomi) dan diberikan terapi radiasi, diikuti dengan pemberian tamoxifen untuk beberapa tahun. Sebagian besar jaringan kanker payudara memiliki konsentrasi tinggi gen yang disebut HER2 (Human Epidermal growth factor Receptor 2) yang ditemukan dalam jaringan payudara yang normal, jadi obat seperti Herceptin atau trastuzumab yang bertujuan mengatasi reseptor tersebut juga dapat digunakan.

Tumor stadium awal mungkin sensitif terhadap hormon, eseptor estrogen, dan berdampak positif, sehingga terapi hormonal dapat dilakukan. Pada sebagian besar kasus, pengobatan regemin ini dapat menghambat dan bahkan mungkin melenyapkan kanker, tapi sayangnya kemungkinan kanker untuk kembali selalu ada. Jika kanker kembali muncul, kasusnya pada stadium 3, masektomi dan kemoterapi diperlukan. Sebagian besar kanker payudara stadium 3 tidak berkembang lebih lanjut. Kemungkinan kecilnya kanker bisa ke stadium 4 meski telah melalui prosedur-prosedur radikal ini yakni kanker telah menyebar ke salah satu atau lebih organ tubuh lainnya.

Penyebaran dan jenis tumor kanker stadium 4 akan menentukan pengobatannya. Tidak semua tumor stadium 4 bersifat sensitif terhadap estrogen, menghilangkan kemungkiinan penggunaan obat  tersebut. Tidak perlu ditakuti, karena sesungguhnya  para pekerja kesehatan memiliki senjata lain untuk memerangi stadium ini. Obat-obatan seperti Navelbine, atau vinorelbmine, dan Herceptin dapat diberikan lewat intravena sebagai pengobatan kemoterapi yang menghasilkan efek samping minimal. Jika kanker menyebar ke organ tubuh yang lain, obat-obatan lebih beragam seperti; Albraxane, reformulasi paclitaxel, tersedia untuk melakukan pertempuran tersebut dan obat-obatan ini mungkin tidak hanya memerangi kanker, namun memperbaiki kondisi tersebut.

Untuk kanker payudara stadium 4, perjuangan untuk bertahan hidup menjadi sangat sulit. Akan timbul rasa sakit  yang sering muncul, namun hal itu tidak harus mempengaruhi hidup Anda. Sebagian besar orang bisa hidup cukup aktif, mereka bisa menikmati hal-hal yang mereka lakukan sebelum penyakit menyerang, bisa menikmati keluarga mereka, pekerjaan mereka, apa yang telah memberikan arti dan tujuan dari hidup mereka. Miliki harapan dan jalani terapi Anda. Dengan berjuang, hidup masih bisa  bisa terasa indah.

Olahraga dan kesehatan