Apakah Kanker Payudara Tingkat 1 Berbahaya?

Apakah Kanker Payudara Tingkat 1 Berbahaya?anker payudara adalah suatu penyakit dimana sel-sel yang tidak normal dan tidak berfungsi normal pada jaringan payudara, mulai berkembang biak atau tumbuh. Sel-sel ini biasanya tidak terbatas dan

dapat pecah dan mengambang pada tubuh di pembuluh darah dan jaringan limpha. Susunan sel tersebut tidak terkontrol dan tumbuh yang dapat menyerang jaringan lain. Tetapi apakah kanker payudara tingkat 1 ini berbahaya?

Ketika dokter Anda mulai merencanakan pengobatan Anda, dia perlu tahu sampai sejauh mana tingkat penyakit Anda ini. Biasanya tingkatan iniĀ  disebut stadium. Tingkatan tumor didasarkan pada ukuran, dan apakah tumor ini telah menyebar dan sampai sejauh mana.

Pada tingkat 0, sel-sel kanker berada pada lapisan lobulus atau pada pembuluhnya, tetapi belum menyebar. Baik kanker pada lobulus atau pembuluh dapat menyerang jaringan lain jika dibiarkan dan tidak diobati. Sel-sel ini biasanya diambil dengan mammogram menggunakan teknik deteksi terbaru.

Pada tingkat 1, tumor tidak lebih dari 2 cm dan belum menyebar pada jaringan payudara. Pertumbuhannya telah menyebar ke dalam jaringan payudara dari lobulus atau pembuluh dan diperhitungkan bisa menyerang jaringan lain pada titik ini.

Pada tingkat 2 tumor dapat berukuran lebih dari 2 cm tetapi sudah menyebar dan terjadi bengkak di bawah lengan atau bisa juga berukuran lebih dari 5 cm tetapi tidak menyebar.

Pada tingkat 3 dan 4
, tumor ini dapat berukuran lebih besar tetapi tidak menyebar, atau menyebar menjadi bengkak pada lengan bawah, atau tumbuh di dalam dinding dada atau kulit atau dapat terjadi juga dalam berbagai ukuran yang sudah menyebar pada getah bening dibelakang tulang payudara dan di bawah lengan atau bengkak yang terdapat di bawah atau di atas tulang leher.

Pertanyaannya adalah, apakah kanker payudara tingkat 1 berbahaya, maka jawabannya bisa beragam. Pengobatan kanker payudara tingkat 1 biasanya meliputi pengobatan lumpektomi dan radiasi. Beberapa pasien memutuskan untuk melakukan pengobatan mastectomi. Operasi juga bisa dilakukan untuk mengangkat bengkak getah bening dari lengan bawah. Pengobatan dilanjutkan dengan radiasi jika operasi yang telah dilakukan adalah lumpektomi atau terdapat sel-sel kanker pada tepian reseksi operasi.

Pada kanker payudara tingkat 1, pasien akan melakukan rekonstruksi operasi yang dilakukan bersamaan dengan lumpektomi atau masektomi.

Jawaban untuk apakah kanker payudara tingkat 1 berbahaya juga ditentukan oleh penggunaan kemoterapi. Pada kanker payudara tingkat 1 keputusan untuk menggunakan kemoterapi dilakukan berdasarkan ukuran dan tipe tumor itu sendiri. Jika ukurannya kurang dari 1 cm resiko yang diperoleh dibandingkan dengan manfaatnya, mungkin akan lebih banyak dengan melakukan kemoterapi. Jika ukuran tumor lebih besar dari 1 cm maka kemoterapi kemungkinan akan lebih disarankan.

Sekali tumor diperiksa dan dipotong, dokter akan menyarankan terapi hormon jika tumor yang terbentuk merupakan positif reseptor hormon. Jika pasien melakukan kemo dan radiasi maka terapi hormon bisa ditunda sampai kemo dan radiasi sebelumnya selesai dilakukan.

Rasa takut pada apakah kanker payudara tingkat 1 berbahaya menurun ketika para peneliti menemukan cara baru yang lebih canggih dalam mengobati para penderita kanker payudara pemula.

Statistik yang baru menunjukkan bahwa sekitar 100% wanita yang didiagnosa menderita kanker payudara tingkat awal akan dapat bertahan 10 tahun atau lebih dengan pengobatan baru ini. Hanya 3-4% akan mengalami hal yang sama yaitu bisa menderita penyakit ini kembali. Tiga faktor telah mempengaruhi statistik baru tersebut. Yang pertama adalah deteksi dini, yang kedua adalah bahwa pengobatan kanker tingkat 1 telah mendekati sempurna dan yang ketiga adalah terapi hormon.

Biasanya dokter menggunakan tamoksifen sebagai pilihan hormon untuk mengurangi tingkat kambuhnya penyakit ini. Tetapi tamoksin mempunyai efek negatif, yang meliputi peningkatan risiko terhadap kanker rahim, flash panas dan gumpalan darah. Kelompok baru dari obat seperti inhibitor Aromatase mempunyai kemampuan untuk menggantikan tamoksin.

Inhibitor Aromatase mengurangi tingkat esterogen di dalam tubuh dengan menghambat produksi hormon tersebut, yang memberhentikan hormon yang kemungkinan dapat menyebabkan tumor baru. Aromatase biasanya ditolerir oleh kebanyakan wanita tetapi hal ini bisa meningkatkan resiko terhadap osteoporosis.

Para pasien yang bertanya apakah kanker payudara tingkat 1 berbahaya mendapatkan berita baik. Dengan deteksi dini, diagnosa pada tingkat 0 dan 1 mempunyai kemungkinan meningkat. Antara deteksi dini dan peningkatan untuk pengobatan baru ini, akan memberikan kesempatan para penderita yang sebelumnya mampu bertahan 10 tahun juga menjadi meningkat.

Olahraga dan kesehatan