Tentang kesehatan

Pengobatan Kanker Otak

Pengobatan Kanker Otak cap=K]anker merupakan sebuah tumor, namun tidak semua tumor dapat disebut sebagai kanker. Tumor yang tidak dikatergorikan sebagai kanker disebut jinak, dan mereka muncul di otak. Jika tumor jinak tersebut tidak mengakibatkan masalah fungsi otak dan tidak bertumbuh, pengobatan sesungguhnya tidaklah diperlukan. Untuk tumor di otak yang tidak jinak, namun termasuk kategori ganas dan juga bertumbuh, pengobatan kanker otak amatlah

diperlukan, dengan kata lain jika kanker tidak dalam pengobatan, atau tidak dapat diakses dan tidak reseptif untuk pengobatan non invasif.

Kanker otak ditentukan melalui peninjauan MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan juga biopsi. Jika tumor dikategorikan sebagai tumor yang ganas, maka pengobatan jika mungkin harus dilakukan, akan dilakukan. Kanker otak dapat diobati melalui pembedahan, radiasi atau kemoterapi. Pembedahan sebagai pengobatan kanker otak, merupakan pilihan pertama dari pengobatan. Seorang ahli bedah akan mengangkat tumor tersebut. Hal ini bukanlah tugas yang mudah, karena otak merupakan bagian tubuh yang paling halus dan tanpa redundansi. Setiap bagian otak memiliki fungsi masing-masing yang dibutuhkan. Anda tidak boleh mengangkat bagian otak yang sehat selama proses pengangkatan tanpa mengganggu fungsi otak. Lokasi tumor menjadi suatu hal yang menentukan tingkat kesulitan. Jika otak harus mengalami kerusakan selama pembedahan untuk mengangkat tumor, beberapa fungsi otak akan terkena dampak yang buruk. Menentukan dan mengarahkan tumor merupakan trik di dalam pengobatan kanker otak. Dewasa ini, tidak banyak pembedahan yang sukses, namun dengan perkembangan terkini dalam bidang penggambaran elektronik dan navigasi otak yang dibantu komputer, tingkat sukses untuk mengangkat tumor dan menyingkirkannya dengan sedikit kerusakan pada otak tentu menjadi hal yang hebat.

Pembedahan otak masih memberikan risiko di dalam pengobatan kanker otak dan jarang sekali memberikan kesembuhan. Hal ini hanya sejauh mengurangi gejala-gejala kanker otak dan menambah kualitas dari harapan hidup pasien.

Radiasi sebagai pengobatan kanker otak juga telah berkembang dewasa ini, dan terima kasih ditujukan kepada teknologi komputer. Hal ini merupakan suplemen yang sempurna untuk pembedahan, terutama jika tumor masih muncul setelah pengangkatan. Efek samping yang di dapat seperti, kehilangan memori, rambut yang rontok, tubuh yang melemah, membuat radiasi menjadi pengobatan pilihan berikutnya disamping pengobatan utama, yakni pembedahan. Beberapa orang beranggapan bahwa radiasi tidak menambah harapan hidup pasien dan tidak seharusnya menjadi pengobatan utama selain pembedahan.

Ketika pembedahan tidak dimungkinkan, seperti pada tumor yang berada di belahan otak, terapi radiasi selanjutnya menjadi pilihan yang terbaik. Radiasi dilakukan dengan cahaya radiasi, sebanyak kurang lebih 200 sinar yang diarahkan ke tumor. Penggambaran digital yang baik membantu mengarahkan dan membantu menemukan lokasi tumor. Presisi merupakan hal yang utama dalam pengobatan radiasi, tetapi sekali lagi, komputer dan teknologi penggambaran tentu menambah presisi, sehingga tingkat keberhasilan terapi radiasi terus bertambah belakangan ini.

Kemoterapi, sebagai cara terakhir pengobatan kanker otak akan kita bicarakan disini, tetapi tidak pernah, setidaknya hingga saat ini, menjadi pilihan yang mudah. Hal ini dikarenakan adanya pelindung fisik antara otak, yakni pasokan darah. Dengan penemuan obat yang dinamakan TemodarĀ®, sebuah pil yang ditelan, keberadaan kemoterapi sebagai pengobatan kanker berubah. TemodarĀ® dapat menembus pasokan darah, menuju tumor, dimana akan menghancurkan DNA tumor, membunuh tumor tersebut. Obat ini memiliki efek samping yang masih dapat diterima : mual, sakit kepala dan tubuh yang melemah. Obat ini sangat efektif untuk melawan tumor yang agresif dan menunjukkan harapan dalam angka keberhasilannya.

Satu-satunya obat efektif yang lain sebagai pengobatan kanker otak yaitu wafer glidal. Obat ini dapat membunuh sel kanker, namun harus dimasukkan ke dalam otak setelah tumor telah diangkat melalui pembedahan. Obat ini akan meleleh setelah beberapa minggu dan mencuci sel kanker yang tidak dapat diangkat melalui pembedahan.

Teknik kemoterapi yang baru sedang digunakan untuk memasukkan obat ke dalam otak melalui kateter. Obat tersebut, AvastinĀ®, juga menunjukkan harapan sebagai sarana pengobatan kanker otak. Obat ini akan mencegah pasokan darah untuk masuk ke dalam tumor dan tidak terhambat oleh pelindung darah di otak.

Ketiga tipe dari pengobatan dapat digunakan sendiri-sendiri atau bahkan digabungkan seperti yang biasa digunakan. Percobaan masih tetap dilakukan pada bentuk pengobatan yang lain, tetapi, karena kanker otak jarang ditemukan, pembiayaan menjadi hal yang sulit dilakukan.

Kanker otak merupakan prospek yang menakutkan, tetapi manusia tengah di dalam tugas untuk mengalahkan dan mencari penyembuhan atas kanker paling berbahaya ini. Pengobatan Kanker otak dapat membatasi atau bahkan menyembuhkan kesakitan, dan menambah kualitas hidup. Pengobatan atas kanker otak merupakan salah satu bukti dari kehebatan ilmu pengetahuan dan kegigihan manusia.

Olahraga dan kesehatan