Mewaspadai Kanker Kulit

Mewaspadai  Kanker KulitKanker kulit sama mematikannya seperti jenis kanker lain. Karena dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari langsung, maka tindakan waspada saat musim panas tiba merupakan hal yang penting bagi kita. Jika Anda berencana untuk banyak menghabiskan waktu di bawah sinar matahari bersama keluarga, Anda wajib mempelajari bagaimana cara melindungi kulit Anda.

Kulit adalah organ terbesar dan terluas dari tubuh kita,

yang juga bisa mengembangkan kanker sama halnya dengan sistem tubuh lain. Banyak orang tidak peduli bahaya kanker kulit sebagai suatu kondisi yang amat serius, apalagi jika mereka tidak tahu bagaimana mencari informasi mengenai hal tersebut.

Namun, selalu ada berbagai cara untuk melindungi diri Anda dari kanker kulit. Berikut merupakan beberapa tips agar Anda tetap dapat bersenang-senang selama liburan musim panas namun tetap aman dan mengurangi risiko terkena kanker kulit.

Menggunakan tabir surya.

Perbedaan antara tabir surya (sunscreen) dan sunblock ialah, jika sunblock menangkal semua radiasi terhadap kulit kita, maka tabir surya dapat membiarkan sedikit paparan radiasi masuk ke kulit. Namun begitu, Anda masih tetap dapat berjemur tanpa takut akan bahaya sinar Ultraviolet A (UVA) dan Ultraviolet B (UVB). UVA adalah sinar yang mampu menembus hingga ke lapisan kulit dalam sehingga kerusakan yang diakibatkannya bisa berakibat fatal. Cobalah gunakan Sun Protection Factor (SPF) 45 atau yang lebih tinggi.

Gunakan topi.

Pastikan Anda menggunakan topi yang bertepi lebar. Biasanya kebanyakan orang menghindari area mata dan wajah ketika menggunakan tabir surya. Dengan menggunakan topi, kehalusan kulit wajah Anda dapat tetap terjaga dari penuaan dan kerutan yang disebabkan oleh sinar matahari.

Minum banyak air.

Air menjaga kulit tetap lentur dan terhidrasi selama berjemur di bawah panas sinar matahari. Dengan kulit yang sehat, Anda akan merasa sangat terbantu karena kemampuannya untuk lebih bisa menahan paparan sinar matahari.

Gunakan tabir surya tahan air ketika berada di pantai.

Anak-anak senang bercanda ria dan bermain di air, namun tidak semua tabir surya cocok dengan kondisi demikian. Gunakan jenis yang tahan air, dan oleskan ke seluruh bagian tubuh. Ulangi pemakaian tiap dua jam, selama Anda masih menghabiskan waktu di air.

Gunakan kacamata hitam.

Kacamata hitam dapat melindungi area kulit wajah dan sekitar mata. Carilah jenis kacamata yang lensanya khusus dan mampu menahan radiasi UVA dan UVB.

Gunakan pakaian berwarna cerah dan berbahan ringan.

Walaupun Anda hanya sedang berjalan-jalan biasa dan bukan berada di pantai, paparan sinar matahari tetap dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Menggunakan blus atau kaos berlengan panjang terbuat dari material ringan akan membuat Anda tetap merasa nyaman dan juga melindungi kulit dari sinar yang berbahaya.

Gunakan make up yang berfungsi ganda.

Banyak produk kecantikan saat ini yang juga memiliki SPF. Jika Anda memakai alas bedak, lipstik, lip gloss, atau jenis make up lainnya, carilah produk yang telah memiliki tambahan SPF untuk perlindungan ekstra.

Pakailah sunblock ketika kondisinya cocok.

Ketika berjalan-jalan di tempat yang terkena sinar terik matahari, sunblock dapat menahan semua sinar yang mencoba masuk ke kulit. Ini baik untuk anak-anak kecil, bayi, dan para orang tua.

Apakah Anda suka menghabiskan waktu di luar ketika cuaca panas? Melihat sinar matahari memang menyenangkan namun juga bisa membahayakan bagi kulit. Karena kanker kulit saat ini semakin menjadi perhatian, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini dengan menjalani berbagai tips di atas.

Olahraga dan kesehatan