Mengenali Gejala Kanker Kulit

Mengenali Gejala Kanker Kulitulan Mei diperingati sebagai bulan Kesadaran Kanker Kulit. Saat menjelang musim semi yang hangat, matahari akan mulai sedikit keluar dari balik awan dan tidak ada salahnya bagi kita untuk menikmati sedikit sinar matahari, tetapi ingat paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membawa efek yang merugikan pada kulit kita. Sayangnya, ketika kita membuka diri terhadap sinar matahari, kita juga berpotensi terkena

sinar ultra violet yang meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit. Seperti banyak hal dalam hidup, ketika sinar matahari menyinari bumi, terlalu banyak hal baik bisa mengundang bahaya. Agar bisa mendapatkan takaran yang tepat, kita harus membedakan antara menyerap sinar matahari dan terbakar oleh sinar matahari.

Jika kita ingin mengobati kanker kulit secara efektif, perlu untuk mendeteksinya secepat mungkin sehingga pengobatannya dapat dimulai lebih awal dan peluang untuk membunuh kanker tersebut akan meningkat. Didiklah diri sendiri terhadap gejala kanker kulit sehingga Anda dapat mempersiapkan diri untuk mendeteksi gejala-gejalanya.

Ada 3 jenis utama kanker kulit: karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma. Gejala kanker kulit dapat berbeda tergantung pada jenis kanker kulit yang menyerang Anda. Gejala karsinoma sel basal biasanya terdeteksi pada wajah, telinga dan kulit kepala. Anda mungkin melihat adanya benjolan berbentuk mutiara atau seperti lilin, atau bekas luka yang rata dengan kulit berwarna-warni atau coklat.

Gejala karsinoma sel skuamosa bisa muncul pada wajah, bibir, telinga atau tangan. Karsinoma sel skuamosa terlihat seperti bintil merah yang keras pada kulit atau luka bersisik, berkerak dan rata. Terakhir, tanda-tanda melanoma dapat terjadi di sekujur tubuh, bahkan di tempat-tempat yang tidak terkena sinar matahari. Melanoma dapat berwujud seperti bintik coklat besar dengan bercak berwarna gelap, tahi lalat yang berubah ukuran, warna, rasa dan mungkin berdarah, luka kecil dengan batas yang kasar berwarna merah, putih, biru, atau biru-hitam, serta luka hitam di telapak tangan, telapak kaki, jari tangan atau jari kaki.

Gejala kanker kulit tidak terlalu sulit untuk dilewatkan. Jika Anda mencurigai bahwa Anda mungkin menderita kanker kulit, Anda harus segera pergi ke dokter. Ingat, tidak semua perubahan kulit adalah indikasi kanker kulit, tetapi jika Anda melihat sesuatu yang tidak semestinya pada kulit dan mengganggu Anda, tindakan yang terbaik adalah berkonsultasi dengan ahlinya untuk menentukan apakah penyebabnya adalah kanker kulit, terutama jika Anda yakin bahwa Anda terlalu sering terkena sinar ultra violet. Perbanyaklah informasi tentang gejala-gejala kanker kulit sehingga Anda akan siap mengambil tindakan jika diperlukan.

Olahraga dan kesehatan