Rangkaian Pilihan dalam Memilih Perawatan Kanker Paru-paru

Rangkaian Pilihan dalam Memilih Perawatan Kanker Paru – paruejumlah faktor menentukan pemilihan perawatan kanker paru-paru mana yang cocok bagi seorang pasien. Ahli onkologis pertama-tama harus menentukan tipe histopatologis dari kanker paru-paru yang diidap pasien dan tahap perkembangan penyakitnya. Selain itu, kesehatan pasien, catatan kondisi medis lain dan prognosis atau

perkiraan kedepan akan penyakitnya cukup penting untuk dipertimbangkan dalam mengembangkan rencana perawatan yang akan diambil. Pilihan- pilihan yang tersedia mencakup bedah reseksi, kemoterapi dan radiasi, masing masing perawatan bisa diberikan secara sendiri-sendiri atau digabungkan, tergantung faktor-faktor yang tadi disebutkan diatas.

Jika tumornya berada di paru-paru dan bisa dioperasi, hal ini mengindikasikan bahwa bedah reseksi mungkin untuk dilakukan. Ada banyak standar teknis untuk bedah kanker paru-paru invasif yang bisa dilakukan seperti operasi torakotomi dan sternotomi median. Ada metode pilihan juga, yaitu torakotomi yang terbatas pada anterior yang tidak begitu invasif. Secara keseluruhan pasien mengeluarkan darah lebih sedikit, serta rasa sakit dan pengeringan paska operasi juga lebih ringan.

Prosedur pembedahan yang paling mutakhir seperti thoracoscopi yang dibantu dengan penggunaan video membutuhkan irisan yang lebih kecil karena melibatkan penggunakan kamera. Namun, beberapa dokter merasa bahwa metode ini hanya cocok untuk kanker paru-paru tahap awal, karena pemeriksaan paru-paru dengan menggunakan kamera kurang sempurna. Teknologi ini sudah dikembangkan dengan pemindaian tomografi dengan komputer untuk pembedahan kanker paru paru yang lebih efektif.

Bagaimanapun juga, prosedur pembedahan diketahui akan menyebabkan limfositopenia, dengan kata lain penurunan limfosit dalam darah yang memperpendek jangka bertahan hidup si pasien yang sedang menderita kanker paru-paru yang sudah menyebar. Untuk mengatasi penurunan dalam sel darah putih yang disebabkan oleh prosedur pembedahan, pasien akan diberi interleukin sebelum operasi.
Tidak semua kanker paru-paru bisa dioperasi. Dalam carcinoma paru-paru dengan sel yang tidak kecil, dalam sebagian besar kasus operasi bisa menjadi pilihan yang baik untuk tahap 1 dan 2. Ketika perkembangan penyakitnya pada tahap 3a, pelaksaanaan operasi cukup terbatas, pembedahan pun mungkin direkomendasikan, tapi tidak untuk tahap 3b. Tapi dalam carcinoma sel kecil, pembedahan tidak memungkinkan untuk dilakukan kecuali dalam kasus-kasus langka ketika penyakitnya masih dalam tahapan awal perkembangan. Pilihan perawatan disini adalah kombinasi dari radioterapi dan kemoterapi.

Radioterapi direncanakan untuk setiap pasien berdasarkan pertumbuhan penyakit dan tingkat kesehatannya juga. Sebagian besar diberikan dalam bentuk kombinasi dengan kemoterapi dan jika pembedahan mungkin untuk dilakukan, maka akan disertakan juga. Teknik pencitraan yang sudah dikembangkan seperti CT dan pemindaian PET(Positron emission tomography )membantu para radiologis dalam mencari sasaran tumor secara tepat dari beberapa sudut dan tidak terlalu menghancurkan jaringan sehat lainnya. Radioterapi tubuh stereotaktik bekerja dengan presisi yang luar biasa pada tumor kecil, dan penelitian yang kini sedang dikembangkan mencoba melihatnya apakah tehnik ini bisa menjadi pilihan dalam intervensi operasi.

Kemoterapi adalah sejenis perawatan pengobatan yang membunuh sel – sel kanker. Bisa diminum bisa juga di masukkan kedalam intravena. Bersamaan dengan terapi radiasi, tehnik ini akan menghadapi kanker secara efektif. Pada tahap ekstensif dari penyakitnya, perawatan ini menjadi pilihan utama. Ketika obat yang sudah di uji coba gagal untuk mencakup penyakitnya, obat obatan yang masih dalam tahapan uji coba secara klinis juga diberikan. Obat-obatan ini mungkin tidak bisa menyembuhkan kanker tapi mampu memperbaiki kualitas hidup si pasien, dan mungkin saja, bisa memperpanjang harapan hidupnya.

Olahraga dan kesehatan