Resep Kaya Potasium

otassium (Kalium) adalah elektrolit yang sangat penting tapi sering kali dilupakan. Kekurangan potasium pada tubuh bisa dengan mudah dirasakan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membawa kembali potassium dalam kehidupan Anda.

Tubuh bergantung pada potassium
. Karena potassium berguna dalam jaringan otot, perkembangan tulang, kesehatan jantung, serta sejumlah

sistem lain dalam tubuh. Akan tetapi, dalam sebagian besar profil nutrisi kita setiap harinya, seringkali kurang akan potassium. Anda mungkin saja kekurangan jumlah potassium yang tepat sekarang dan bahkan Anda tidak menyadarinya.

[important color=orange title=Akibat rendahnya potasium]Apakah Anda merasa lelah bahkan ketika Anda berolahraga? Mungkin saja ini karena hipokalemia (rendahnya tingkat potassium). Anda mungkin mengalami kram, atau kekacauan otot selama olahraga, dan kurang koordinasi serta lemah lunglai. Karena potassium penting untuk kesehatan, Anda akan meningkatkan ketidakteraturan di jantung Anda ketika Anda mengurangi konsumsi potasium. [/important]

Bagaimana mengenalkan potasium ke dalam kehidupan Anda

Cara yang terbaik untuk mendapatkan nutrisi apapun yang Anda butuhkan adalah dari makanan segar. Sedangkan untuk potasium, Anda beruntung. Beberapa makanan mengandung potasium. Yang paling mudah adalah pisang. Sedangkan makanan lain yang juga mengandung potasium adalah: sayuran berdaun hijau, apricot, ikan, ayam, daging rendah lemak dan buah kiwi.

Makanan tersebut diatas tidak harus dimakan mentah. Ada beberapa ide resep untuk menggabungkan lebih banyak potasium kedalam menu diet Anda.

Trail Mix

Siapa yang tidak suka trail mix? Daripada beli di toko, mending membuat trail mix Anda sendiri tanpa bahan pengawet atau perasa. Tambahkan aprikot kering, kismis, kacang kulit, irisan almon, dan oat. Memakan sedikit trail mix beberapa kali dalam sehari akan memberikan Anda vitamin C, E lemak baik dan potasium.

Jus pisang

Jus dapat mengisi perut Anda dan bisa digunakan sebagai menu sarapan atau hidangan manis penutup. Kombinasikan irisan pisang, stoberi, blueberry, yogurt vanilla, dan sedikit jus aple serta bongkahan es. Campurkan dengan baik. Jika Anda ingin menambah rasa manis, tambahkan sebungkus truvia atau pemanis kesukaan Anda.

Manisan wortel

Daripada menyajikan biji - bijian hijau, buatlah keluarga Anda terkesan ketika makan malam dengan manisan wortel yang diiris tipis. Pertama, irislah tipis wortel. Tumis sayuran dan sedikit mentega dalam sebuah  wajan. Tambahkan gula merah. Masak hingga lunak.

Tumis sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak sekali hal baik, termasuk potasium. Masaklah hidangan sampingan yang lezat dengan memotong dan memasak daun daun hijau (lobak, kangkung, bayam). Sementara itu, tumislah bawang segar di wajan. Tambahkan dedaunan hijau dan membiarkan bawang merasuk kedalamnya. Hidangkan dengan dada ayam panggang atau daging babi panggang rendah lemak.

Sup sayur

Buatlah sup sayur dirumah agar rasanya lebih enak tanpa menambahkan perasa. Tambahkan potongan labu, tomat rebus, lentil (miju - miju), kacang merah, jagung, irisan bawang dan air. Biarkan termasak perlahan. Tambahkan bumbu kesukaan Anda seperti garam, merica, dan bubuk cabe agar rasanya lebih nendang.

Mendapatkan jumlah potasium yang Anda butuhkan tidak harus membosankan. Ada beberapa resep seperti diatas yang bisa Anda coba.

Olahraga dan kesehatan