Remaja Wanita dan Jerawat

Remaja Wanita dan Jerawatebih dari 70% remaja mengatakan bahwa munculnya jerawat membawa dampak negatif buat mereka. Fakta bahwa mereka tidak sendirian menderita hal itu, karena diperkirakan ada 20 juta remaja lainnya yang bermasalah dengan jerawat, juga tidak menghilangkan rasa sakit yang mereka rasakan.

Perasaan sakit itu sebenarnya lebih cenderung pad

rasa malu dan kehilangan kepercayaan diri. Mereka bahkan bisa menjadi depresi dan menarik diri dari pergaulan.

Masalah jerawat sangat sulit diterima terutama bagi gadis-gadis remaja. Pada saat mereka mulai mengenal ketertarikan terhadap cowok seusia mereka, atau sebaliknya, munculnya jerawat akan sungguh mengenaskan. Hal itu disebabkan para remaja ini disuguhi dan dikelilingi oleh visi-visi kecantikan yang mereka lihat melalui televisi, film, majalah, dan internet. Kita hidup dalam masyarakat dan memuja kecantikan, keindahan dan bagaimana agar tampil tetap muda.

Para orangtua dapat membantu gadis remaja mereka dengan memberikan dukungan dan selalu ada untuk mendengarkan curhat anak-anak mereka. Orangtua juga wajib menjaga anak mereka tetap fokus pada kegiatan positif yang dilakukan para remaja ini yang dapat membantu mereka memperkuat rasa percaya diri.

Orangtua juga perlu untuk aktif mencari obat dan penanganan terbaik bagi masalah jerawat yang menyerang anak-anak mereka. Memberikan pengetahuan mengenai penyebab jerawat dan bagaimana cara-cara mengatasinya juga merupakan sesuatu hal yang harus dilakukan oleh para orangtua.

Tiga puluh tahun yang lalu orang-orang berpikir bahwa jerawat muncul diakibatkan karena salah makan makanan tertentu. Cokelat dan kentang merupakan terdakwa utamanya. Namun sekarang telah kita ketahui bahwa hal tersebut tidaklah benar. Makanan yang dimakan tidak memegang peranan utama dalam masalah jerawat. Makanan juga tidak ada kaitannya dengan kebersihan pada kulit wajah. Fakta yang sebenarnya ialah jerawat pada remaja disebabkan oleh aktivitas hormon pada kelenjar minyak kulit.

Selama masa puber, remaja lelaki dan perempuan mengalami peningkatan hormon yang disebut androgen. Hormon ini menyebabkan kelenjar sebaceous yang terletak di bawah kulit akan melebar. Kelenjar ini pun akan memproduksi minyak berlebih untuk merespon hormon sebaceous. Minyak yang dihasilkan lalu akan bercampur dengan bakteri dan sel-sel kulit mati pada permukaan wajah untuk kemudian menyumbat pori-pori. Di dalam pori inilah bakteri akan berkembangbiak dan menyebabkan peradangan pada kulit.

Pada banyak kasus masalah jerawat ringan hingga sedang dapat ditangani dengan pengobatan anti jerawat. Banyak pilihan yang dapat diambil. Pada beberapa orang, menggunakan benzoyl peroxide atau salicylic acid bekerja dengan sangat baik. Benzoyl peroxide dikenal sebagai pembasmi bakteri penyebab jerawat dan dapat ditemukan pada produk-produk pembersih wajah atau di tempat perawatan yang banyak ditemui di wilayah Anda.

Benzoyl peroxide bersifat kering sehingga dapat membuat wajah Anda seperti mengalami iritasi, terutama jika Anda baru saja mulai menggunakannya. Banyak penderita jerawat menggunakan pelembap pada wajah setelah membasuhnya terlebih dahulu dengan air. Terdapat bermacam-macam jenis pelembap tersedia di pasaran yang memang didesain khusus untuk membantu menangani jerawat. Mereka di antaranya Cetaphil, Eucerin, dan Neutrogena.

Beberapa jenis jerawat tidak mempan terhadap produk-produk di atas sehingga harus langsung ditangani oleh ahli kulit. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh seorang ahli kulit sebelum mengambil tindakan penanganan yang tepat. Ia akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pasien, seperti tingkat keakutan jerawat, umur pasien, gaya hidup pasien, dan kondisi-kondisi terkait lainnya. Setelah evaluasi dilakukan, seorang ahli kulit lalu akan menawarkan metode perawatan terbaik yang merupakan kombinasi dua atau tiga jenis terapi.

Ingatlah bahwa jerawat selalu membutuhkan waktu untuk hilang dari wajah Anda. Tidak peduli berapa jenis perawatan yang Anda lakukan atau siapa ahli kulit yang Anda kunjungi, perubahan ajaib dalam semalam tidak akan terjadi. Kira-kira perlu waktu enam hingga delapan minggu untuk melihat hasil perawatan yang telah dilakukan. Sayangnya pada remaja wanita, enam atau delapan minggu itu serasa menunggu seumur hidup.

Olahraga dan kesehatan