Pengaruh Zat Besi pada Jerawat

Pengaruh Zat Besi pada JerawatBanyak sekali vitamin (yang harus dikonsumsi) jika ada satu saja yang kurang, yaitu vitamin Zat Besi (Zinc) maka bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Zat besi salah satu vitamin penting yang dapat memerangi dan mencegah timbulnya jerawat, dan berguna sekali untuk kulit dan tubuh manusia. Kekurangan zat besi menyebabkan timbulnya banyak jerawat, makanya zinc patut dimasukkan ke dalam

menu diet seseorang yang sedang penyembuhan dari masalah jerawat atau yang ingin mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Zat besi bertindak sebagai antioksidan, inilah yang membuat zinc sangat berguna untuk menghilangkan jerawat. Antioksidan dapat membersihkan tubuh manusia dari unsur bahaya racun dan radikal bebas. Unsur tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh manusia, adapun efeknya di kulit adalah tumbuhnya jerawat dan bintil kulit. Zat besi membantu memelihara kebersihan dan kesehatan kulit, dan mencegah berkembangnya racun dan radikal bebas di dalam tubuh, secara bersamaan juga mencegah jerawat tumbuh.

Zinc berguna dalam mengatur kelenjar lemak (dalam tubuh). Walau penyebab terjadinya jerawat (pimple) tidak ketahui secara pasti, namun diketahui bahwa sebum yang berasal dari kelenjar lemak ini perperan dalam tumbuhnya jerawat tadi. Pengaturan minyak yang baik dapat mengurangi atau mengecilkan bintil kulit dan mencegah penyebarannya sekaligus. Jadi jelas sekali bahwa zinc tidak hanya menyembuhkan namun dapat mencegah timbulnya jerawat.

Ketika timbul jerawat, zinc dapat membantu memulihkan jaringan (kulit) dan mencegah atau menyembuhkan luka yang ditimbulkan akibat jerawat seminimal mungkin. Zinc juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, selain menyembuhkan luka yang ada. Sistem imun yang baik membantu pencegahan tumbuhnya jerawat, seiring dengan zinc turut memelihara sistem imun tetap sehat dalam berbagai cara.

Sebagaimana dijelaskan diatas, manfaat Zat besi pada tubuh manusia sangat beragam, seperti untuk menyembuhkan dan mencegah timbulnya jerawat dan memelihara sistem imun tetap sehat. Kekurangan zat besi akan menyebabkan tumbuhnya jerawat tak terkendali sehingga seseorang harus mengkonsumsinya dalam kadar yang tepat setiap harinya.

Olahraga dan kesehatan