Masalah Kulit Berjerawat

Jerawat cap=J]erawat, salah satu dari masalah kulit umum yang menyerang manusia tidak peduli usia, kelas, warna kulit, jenis kelamin, dan lain-lain. Jerawat menyebabkan rasa malu yang berlebihan dan masalah yang berat. Jerawat dapat didefinisikan sebagai pemunculan berwarna merah pada kulit, yang biasanya berisi cairan putih yang gatal dan

juga menyakitkan. Hal itu merupakan masalah, dimana kita tidak dapat mengontrolnya.

Ada beberapa cara untuk mengobati jerawat.  Anda dapat memilih pengobatan dari pakar kulit atau mencoba pengobatan sendiri dengan menggunakan obat-obatan alami. Pengobatan alami memakan sedikit waktu, sedikit biaya, dan tidak mempunyai efek samping dan hanya membutuhkan sedikit lebih kesabaran karena rutinitas harus diikuti dengan rajin untuk menghilangkan masalah jerawat selamanya. Pengobatan alami untuk jerawat adalah sama efektifnya dengan pengobatan dari dokter.

Berikut merupakan beberapa pengobatan alami untuk mengobati jerawat Anda.

Untuk memulainya, konsumsi air harian Anda minimal harus 8 – 10 gelas. Ini akan membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Makan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak juga dapat menyebabkan jerawat, jadi makanan yang digoreng dan pedas harus dihindari. Mengkonsumsi khrom bersama makanan Anda juga membantu untuk mengobati jerawat. Intinya, harus ada kombinasi nutrisi yang seimbang dan perawatan kulit yang benar.

Campuran dari  bubuk pala dengan susu mentah ketika dioleskan pada bagian yang teriritasi secara rutin akan membantu mengobati jerawat. Campuran serbuk kayu manis dengan madu juga sama efektifnya untuk mengobati jerawat. Rebusan daun nimba juga berfungsi sebagai penawar racun ketika dioleskan. Dan bagian yang teriritasi harus dicuci dengan sabun anti jerawat minimal 3 – 4 kali sehari.

Make-up harus dihindari ketika menderita jerawat karena dapat memperburuk kondisi jerawat. Jerawat tidak boleh dipencet karena akan menyebar dan menjadi lebih buruk. Memencet jerawat akan meninggalkan bekas permanen pada kulit Anda, yang akan membuatnya kelihatan jelek. Juga jaga agar rambut tidak mengenai daerah yang teriritasi jerawat. Rambut harus diikat untuk mencegah kontak dengan jerawat. Sarung bantal juga harus dicuci tiap hari untuk mencegah penyebaran kuman. Serta pembersihan rutin kulit harus dilakukan untuk membuatnya bebas dari kuman.
Selain dari semua itu, gaya hidup yang sehat harus juga dilakukan dengan makan, olahraga, dan tidur yang teratur. Ingat, jika Anda merawat diri Anda dengan baik, tidak ada penyakit kecil seperti jerawat yang akan menganggu Anda !