5 Tips Pengobatan Jerawat yang Dapat Anda Gunakan Hari Ini

5 Tips Pengobatan Jerawat yang Dapat Anda Gunakan Hari Inieruntungnya, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan tiap hari untuk membuat kulit Anda tidak mudah terkena jerawat. Berikut adalah 5 tips untuk mengendalikan jerawat Anda mulai sekarang.

1. Olahraga

Menjaga bentuk tubuh dapat membantu melawan jerawat dengan cara

melawan tingkat negatif stres yang berasal dari perasaan rendah diri dan depresi. Tetapi, beberapa pencegahan perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat dari rutinitas olahraga Anda. Perhatikan pakaian yang Anda kenakan, peralatan dan perlengkapan olahraga. Contohnya, pakaian olahraga berbahan likra ketat dan nilon akan terlihat bagus dalam film dan majalah model, tetapi jika Anda rentan terhadap masalah jerawat maka hindarilah kain sintesis ini yang cenderung untuk menahan keringat dan panas tubuh sehingga dapat menyebabkan penumpukkan bakteri. Cobalah menggunakan pakaian longgar yang terbuat dari kapas atau bahan alami yang dapat membuat udara masuk lebih banyak ke dalam kulit. Ketika Anda selesai berolah raga, lepaskanlah pakaian yang basah karena keringat atau olahraga air, dan mandi serta gantilah pakaian bersih yang kering. Jagalah agar perlengkapan dan peralatan olahraga Anda bersih juga, contohnya penutup kepala yang kotor dapat mengiritasi bagian kening dan membuatnya rentan terhadap jerawat, maka dari itu masukkan penutup kepala ke dalam mesin cuci setelah melakukan aktivitas olahraga.

2. Kosmetik

Untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan iritasi kulit yang sejenis dan dapat menyebabkan jerawat, gunakanlah produk yang berlabelkan "tidak menyebabkan komedo" (noncomedogenic) atau yang bebas minyak. Pewarna kulit wajah yang mengkilap dapat mengandung flak mineral disebut mica yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyumbat pori-pori. Zat pewarna lain yang dapat menyebabkan reaksi yang sama adalah bara tar imitasi dan cairan merah berat dalam blush-on. Tindakan pencegahannya yaitu : gunakanlah lipgloss yang dapat memberikan hasil yang halus daripada gloss tinggi untuk penyumbatan yang lebih rendah; Sebagai catatan : semakin banyak kilapannya, semakin banyak zat dari comedogenic dan lebih banyak pori-pori yang dapat tersumbat. Berhati-hatilah karena krim mata dapat mengandung konsentrat kelembaban tinggi daripada krim dan lotion reguler, yang berarti mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk menyumbat pori-pori di sekitar wajah.

3. Makanan

Studi menunjukkan bahwa diet tidak memainkan peranan dalam menyebabkan atau menyembuhkan jerawat. Tetapi, yang direkomendasikan untuk perawatan pencegahan jerawat adalah apa yang terbaik untuk tubuh Anda juga terbaik untuk kulit Anda, terutama karena kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh. Jadi ingatlah untuk memperhatikan makanan Anda dan konsumsilah vitamin kesehatan, mineral, dan suplemen-suplemen lainnya. Ini akan membantu untuk mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat.

4. Kebersihan

Cara perawatan kulit yang sehat yaitu tidak boleh menggosok dengan keras atau terlalu banyak mencuci karena ini akan menyebabkan iritasi kulit atau produksi minyak yang berlebihan untuk menggantikan apa yang hilang saat tercuci sehingga akan menyebabkan pori-pori tersumbat dalam prosesnya. Produk dengan bahan yang mengandung pengangkatan lembut boleh digunakan, seperi kacang yang tidak kasar atau potongan kulit buah yang tidak dapat merobek kulit. Jangan menggunakan produk beralkohol jika mungkin karena ini akan mengikis permukaan kulit Anda dan menyebabkan kelenjar Anda untuk menghasilkan minyak berlebih dan menyumbat pori-pori. Jika Anda melihat area yang terinfeksi jerawat, jangan secara sembarangan menanganinya. Ingatlah bahwa jerawat ini telah berumur mingguan dan memencet atau menusuknya dapat membuatnya tertekan ke dalam, membuat lebih banyak masalah dan kemungkinan meninggalkan parut. Jika mungkin, mintalah bantuan dari dokter kulit untuk pengobatan alternatif.

5. Mencukur

Mencukur dalam pria dan wanita merupakan cara yang baik untuk mengangkat atau membuang kulit mati untuk mencegah penyebaran jerawat daripada membuatnya tetap menyumbat pori-pori. Untuk kasus jerawat ringan yang sedang tumbuh, mencukur dapat membantu mengangkat komedo dari wajah. Sebagai peringatan : untuk area dengan infeksi atau aktivitas inflamasi tinggi (kemerahan, sensitif, jerawat terbuka, luka, dll) jangan mencukurnya, atau paling tidak gunakanlah krim cukur untuk kulit yang sensitif!

Olahraga dan kesehatan