Tentang kesehatan

Pentingnya Bertanya Pertanyaan Medis Ketika Kesempatan Diberikan

Pentingnya Bertanya Pertanyaan Medis Ketika Kesempatan DiberikanPada suatu waktu adik perempuan saya menjalani tes laboratorium dan tidak ada prognosa apapun yang diberikan setelah pemeriksaan tersebut. Ia mengerti sepenuhnya bahwa hasil pemeriksaan butuh waktu beberapa hari untuk diketahui. Namun Ia hanya tidak menginginkan biaya tambahan baru sebagai kompensasi dari kunjungan berikutnya yang harus Ia lakukan untuk mengetahui hasil pemeriksaan. Kemarin Ia menerima panggilan, Ia diberitahu bahwa hasil tes sudah keluar namun Ia akan dikenakan biaya untuk kunjungan dokter. Saat itulah Ia

lalu menyadari pentingnya bertanya masalah medis ketika diberikan kesempatan.

Ia berkata bahwa Ia berharap dibawa ke dokter terlebih dahulu sebelum menerima panggilan mengenai hasil tesnya yang telah keluar, yang tidak termasuk dalam lingkup asuransi yang dimilikinya, yang oleh kerenanya Ia tidak mampu membayar biaya tersebut. Ia melanjutkan, Ia sepenuhnya mengerti dengan keadaan ini jika hasil tes akan merekomendasikannya untuk menjalani perawatan lanjutan. Namun bila Ia dipanggil hanya untuk mengkonfirmasi bahwa tekanan darahnya sudah kembali normal dan Ia harus membayar kira-kira Rp. 550.000,- lagi, maka Ia akan sangat marah mengenai hal itu.

Begitu halnya dengan apa yang pernah saya alami. Saya pernah memiliki kesempatan di mana saya diberi ruang untuk bertanya masalah medis berikutnya namun saya tidak memanfaatkan hal tersebut. Kemudian hal itu terus menghantui saya. Ketika itu saya berpikir bahwa saya menderita hernia. Saya lalu mengunjungi dokter untuk pemeriksaan rutin, namun lupa bertanya masalah hernia tadi. Saya menghubunginya kembali untuk bertanya, dan Ia berkata bahwa Ia akan memeriksa terlebih dahulu sebelum memastikan. Pertanyaan saya selanjutnya adalah apakah saya harus membayar lagi untuk kunjungan nanti, Ia menjawab, sayang sekali, ya!

Pada kesempatan berikutnya, saya memiliki masalah dengan dada saya yang sakit. Saya berpikir ketika itu saya menderita stomach ulcer. Setelah diperiksa, ternyata tidak ada masalah serius dengan itu. Saya kemudian menekankan bahwa saya juga memiliki keluhan sakit di area dada. Dokter lalu memberikan saya penjelasan panjang lebar mengenai apa penyebab-penyebab dada sakit dan bagaimana membiasakan diri dengan situasi seperti itu. Saya berterima-kasih lalu pergi meninggalkan ruang praktek dokter dengan perasaan bangga karena saya ingat untuk bertanya. Hal itu seperti melempar jatuh dua burung hanya dengan satu batu saja.

Terdapat banyak situs online di mana seseorang dapat bertanya mengenai masalah kesehatan dan mendapat respon cukup cepat, langsung dari seorang dokter. Ini akan lebih berguna ketika Anda memiliki dana terbatas untuk mengunjungi seorang dokter, atau ketika Anda ingin berkonsultasi setelah jam kerja dokter.

Selalu penting bagi siapapun untuk bertanya pertanyaan medis ketika Ia merasakan sakit atau disfungsi pada bagian tubuh tertentu. Apa yang biasa saya lakukan adalah mencatat daftar masalah yang saya rasakan dan alami sebelum saya berkunjung ke dokter. Biasanya hanya penyakit utama yang sedang saya derita adalah alasan mengapa saya berkunjung untuk mendapatkan perawatan dokter, namun dengan persiapan sebelumnya, semua hal akan menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan biaya tambahan.