Tentang kesehatan

Tentang Obat Homeopati

obat homeopatiHomeopati adalah bentuk obat alami dan aman karena terbuat dari bahan yang alami. Homeopati berasal dari bahasa Yunani, yaitu homios yang berarti seperti atau mirip, dan italios yang berarti penderitaan.

Homeopati adalah metode perawatan yang bukan hanya merawat penyakitnya namun merawat keseluruhan tubuh penderita. Ahli homeopati akan melihat pasien secara keseluruhan, secara fisik dan psikologis. Dengan melihat penampilan fisik pasien,

kesukaannya, ketidak-sukaannya dan temperamen si pasien. Maka perawatan akan lebih ke arah personal sehingga pasien yang menderita penyakit sama bisa diberikan pengobatan yang berbeda.

Homeopati adalah bentuk pengobatan yang teruji. Saat ini banyak perusahaan farmasi terkemuka yang meneliti dan memproduksi secara masal obat-obatan homeopati.

Obat-Obatan Homeopati

Obat-obatan Homeopati terlihat sama dengan obat pada umumnya, dikonsumsi dengan cara yang sama, namun cara bekerjanya sangatlah berbeda.

Obat-obatan homeopati bukanlah obat sintetis dan berasal dari sumber yang alami. Lebih dari 60% obat homeopati berasal dari sayuran dan tumbuhan. Obat yang lainnya terbuat dari mineral-mineral alami, termasuk besi, bahan-bahan non-besi, dan garam mineral. Sumber-sumber hewani dari homeopati adalah termasuk cumi-cumi (tinta atau jus penyedia sepia) dan madu lebah.

Obat-obatan homeopati dibuat dengan cara mendapatkan obatnya dalam bentuk yang paling terkonsentrasi, lalu kemudian melalui proses pengenceran yang panjang, dengan menyiapkan obat yang berpotensi cukup untuk mengobati. Potensi menerangkan ukuran keenceran dari obat dan ini dilambangkan dengan nomor yang mengikuti nama obat tersebut. Semakin tinggi angkanya, semakin besar pengencerannya (sampai dengan satu bagian obat berbanding satu triliun pengencer).

Obat-Obatan homeopati yang biasa disebut sebagai ramuan dapat berasal dari tumbuhan, mineral, atau hewan. Beberapa obat yang umum termasuk : arnica montana dari tanaman bunga leopard beracun; beladonna dari tanaman nightsade yang mematikan; calcarea, kalsium karbonat dari cangkang tiram; sepia, dari tinta cumi-cumi; dan elemen sulfur.

Saat ini obat-obatan homeopati diproduksi menggunakan rumus pengenceran seperti di hari Hahnemann. Pada perbandingan 1:100, satu tetes unsur homeopati ditambahkan dengan 99 tetes air atau alkohol. Campuran itu kemudian dikuatkan dengan proses yang disebut 'succusion' - diteteskan berulang-ulang ke permukaan yang keras dalam jangka waktu tertentu. Obat dapat dilarutkan sampai 1000 kali sampai hanya menyisakan jejak unsur yang sangat kecil. Obat biasanya diencerkan 10, 100, atau 1000 kali, yang diterjemahkan ke dalam potensi yang ditandai dengan angka romawi X, C, dan M. Obat homeopathic berkisar dari 6X sebagai potensi terkecil sampai ke 1M atau lebih sebagai potensi paling tinggi.

Obat dapat dikonsumsi secara oral dalam bentuk pil, bubuk, atau bentuk tetes, digosokkan, atau disuntikkan. Pengobatan homeopati biasanya tidak mempunyai efek samping, namun pasien dapat mengalami apa yang disebut sebagai "gangguan penyembuhan" yang merupakan gejala tekanan yang bersifat sementara. Ini dilihat sebagai tanda positif yang menunjukkan bahwa obat sedang bekerja. Tergantung pada keparahan dari gejalanya, seorang ahli homeopati bisa memilih antidot yang menghasilkan efek berlawanan dari obat tersebut. Antidot bisa berupa obat homeopati yang lain, atau unsur-unsur yang kuat, seperti parfum, kamper, atau kopi, yang dikenal dapat menghalangi efek obat.

Di Amerika Serikat, Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM) telah memasukkan obat-obatan homeopati sebagai golongan obat sejak 1938 dan bekerja sama dengan Homeopathic Pharmacopoeia Convention  untuk menghasilkan dan memperbaharui buku referensi mereka tentang obat-obatan homeopati. Selama bertahun-tahun, BPOM telah menggolongkan obat homeopati sebagai sebagai obat resep dan tanpa resep tergantung dari kekuatannya. Di Inggris, obat-obatan homeopati telah menjadi bagian dari Pelayanan Kesehatan Nasional (PKN) sejak tahun 1948. Saat ini terdapat 5 rumah sakit homeopati yang tergabung dalam PKN. Obat-obatan homeopati tersedia dalam dalam bentuk resep atau tanpa resep.

Keamanan dari Obat-Obatan Homeopati

Dikarenakan oleh dosis yang teramat kecil dalam pengobatan homeopati, maka obat ini sangat aman, tidak membuat ketagihan dan tidak mempunyai efek samping yang tidak diinginkan. Bahan penyembuh dari obat ini yang diencerkan dengan sangat tinggi membuatnya aman untuk pengobatan terhadap anak-anak dan bayi.

Selalu berkonsultasi dengan ahli sebelum membeli obat homeopati dan selalu menyimpannya dalam tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.

Tidak pernah ada kasus keracunan pernah terjadi yang berkaitan dengan obat homeopati jika dosis penggunaannya diikuti dengan benar.

Mendapatkan Pengobatan Homeopati

Pengobatan homeopati dilakukan oleh praktisi kesehatan berkualifikasi yang mengerti filosofi dari obat homeopati dan emosi pasien serta situasi sehari-harinya. Walaupun sebagian obat homeopati tersedia bebas di apotek dan toko kesehatan, anda HARUS berkonsultasi ke praktisi homeopati sebelum berusaha mengobati penyakit yang serius.

Jika saat ini Anda berada dalam pengobatan untuk kondisi kesehatan dan psikologi yang serius, Anda tidak boleh menghentikan konsumsi obat-obatan Anda untuk memulai pengobatan homeopati. Praktisi kesehatan Anda akan menyarankan perawatan paling bagus dan seringkali bekerja sama dengan dokter Anda.

Olahraga dan kesehatan