Apakah HIV Itu?

joomplu:926Apakah HIV itu? Apakah Anda tahu bahwa HIV adalah infeksi yang dapat Anda bawa hingga 10 tahun tanpa muncul untuk menjadi sakit? Apakah Anda tahu bahwa HIV bukan infeksi biasa yang membuat Anda pernah sakit? Apakah Anda tahu bahwa infeksi HIV tidak menyebar melalui udara seperti dingin melainkan melalui cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, air mani atau darah?

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang merupakan virus yang menyerang pada sistem kekebalan tubuh. HIV adalah infeksi yang menyebabkan AIDS - Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS adalah kondisi medis yang didiagnosis melalui tes darah yang menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh telah rusak parah. Kerusakan ini memungkinkan kanker, pneumonia, virus dan infeksi jamur untuk mengambil alih dan akhirnya membunuh penderitanya.

Ada banyak fakta yang kita ketahui tentang HIV yang membantu kita untuk membuat rekomendasi untuk mencegah penyebaran infeksi ini. HIV telah didiagnosis dan diobati selama beberapa dekade sekarang dan peneliti telah mulai untuk menentukan faktor-faktor yang meningkatkan risiko untuk tertular penyakit dan telah belajar untuk mengenali kapan Anda menjadi HIV positif bagaimana memperlakukan penyebaran infeksi dalam tubuh Anda.

Seseorang mempunyai risiko tinggi tertular infeksi ketika mereka terkena darah orang lain, cairan tubuh, air liur, cairan vagina atau air mani yang memiliki HIV. Ini adalah cara bahwa infeksi tersebut menyebar. Jadi seks dengan banyak pasangan, penggunaan jarum suntik untuk penggunaan narkoba, mencium banyak pasangan ketika ada luka terbuka atau gusi berdarah, orang yang bekerja di bidang perawatan kesehatan tanpa perlindungan dan mengobati luka pada orang lain tanpa menggunakan perlindungan akan meningkatkan risiko tertularnya infeksi.

Setelah seseorang telah terkena infeksi dan telah memasuki tubuh mereka, mereka mungkin atau mungkin tidak mengalami gejala pada dua minggu.  Beberapa orang mengalami demam, sakit kepala, sakit otot dan sendi, pembengkakan kelenjar, sakit perut atau ruam kulit. Semua gejala ini dapat dikaitkan dengan flu. Atau mereka mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Dalam kedua kasus, meskipun virus ini mereplikasi di dalam tubuh tidak memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh hingga beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Inilah sebabnya mengapa pengujian awal untuk HIV tidak akan menghasilkan tes positif bahkan jika orang tersebut telah berkata jujur. Hal ini membutuhkan tes pada 2 minggu, 1 bulan dan 3 bulan yang negatif untuk HIV sebelum orang tersebut terbebas dari HIV.

Tes HIV akan mencari antibodi yang membuat tubuh Anda kuat terhadap virus HIV. Antibodi ini tidak hadir sampai setelah beberapa minggu atau beberapa bulan setelah tertular. Wanita yang terinfeksi dapat menularkan virus tersebut kepada bayi mereka selama kehamilan, proses bersalin atau pada saat menyusui.

Sejarah virus HIV menemukan akar itu kembali ke awal abad ini ketika orang berburu dan memakan simpanse yang membawa virus HIV. Memakan hewan yang terinfeksi lewat virus dan menularkannya kembali ke manusia. Diyakini bahwa virus tidak akan datang ke proporsi epidemi sampai bagian akhir abad ini jika ada gerakan besar sebagian orang untuk mencegah penularan penyakit ini dan menghindari  peningkatan seks bebas.

Meskipun tidak ada obat untuk HIV atau AIDS, tetapi telah ada langkah besar pengobatan untuk mengurangi dampak infeksi pada tubuh dan meningkatkan masa hidup penderita. Bahkan perawatan medis telah meningkat sedemikian rupa hingga jumlah kematian terkait AIDS telah menurun di AS sejak 1993.

Olahraga dan kesehatan