Tentang kesehatan

Sindrom Kaki Gelisah

Kaki Anda terasa tidak mau berhenti bergerak bahkan ketika Anda mencoba untuk tidur. Sindrom 'kaki gelisah' dapat membawa Anda menuju malam-malam tanpa tidur. Jika Anda pernah mengalami hal seperti ini, sudah saatnya Anda memperoleh bantuan.

Apakah Sindrom Kaki Gelisah Itu ?

Sindrom kaki gelisah atau RLS (Restless Legs Syndrome) merupakan istilah yang digunakan untuk menjabarkan keadaan

bergeraknya kaki disaat tubuh sedang beristirahat. Mereka yang memiliki kondisi seperti ini sering mengatakan bahwa mereka memiliki keinginan yang tidak dapat dikontrol untuk menggerakkan kaki mereka bahkan ketika mereka ingin tidur.

Satu-satunya hal yang dapat membuat kaki merasa lebih baik yaitu dengan bergerak. Namun, jika terjadi di tengah malam, Anda akan lebih memilih untuk tidur dibandingkan dengan berjalan-jalan. Apa yang dapat Anda lakukan?

Jutaan orang mengalami kondisi seperti ini. Beberapa merupakan warisan, namun kemungkinan terjadinya RLS dapat bertambah seiring bertambahnya usia. Dalam setiap kejadian, seiring dengan hari yang semakin malam, kaki Anda semakin sulit untuk dikendalikan.

Apa saja yang terjadi dalam kondisi ini? Ada banyak sekali kata-kata yang berbeda yang digunakan untuk menjelaskan sensasi ini, namun berikut ini adalah beberapa:

  • Merangkak
  • Perasaan Geli
  • Rasa Sakit
  • Rasa seperti dialiri listrik
  • Tekanan
  • Gatal
  • Panas yang membakar
  • Perasaan seperti ada yang berjalan perlahan


Hal tersebut terjadi di keseluruhan kaki. Hal ini juga sering terasa di bagian paha dan betis. Beberapa orang bahkan merasakan juga sensasi tersebut pada tangan dan kaki mereka.

Tidak ada satupun yang mengetahui  mengapa sindrom kaki gelisah muncul. Para peneliti percaya bahwa ada kaitannya dengan tingkat syaraf pemancar tertentu, terutama dopamine. Dopamine merupakan syaraf pemancar yang mengendalikan pergerakan otot tubuh. Tingkat rendah dari dopamine dipercaya akan membawa masalah seperti hal di atas.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk bisa tidur malam dengan nyenyak lagi? Masih ada harapan. Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dialami kaki Anda dengan beberapa tips:

Berolahraga

Otot berubah dan bertumbuh sesuai dengan tegangan yang dialami olehnya. Hal ini dapat terjadi ketika Anda melakukan latihan seperti aerobik dan latihan beban. Otot memerlukan waktu untuk berisirahat dan memperbaiki diri setelah latihan yang baik dan akan membawa Anda kepada malam yang menenangkan.

 

Hindari kafein dan stimultan lainnya

Jika Anda ingin merasakan kesegaran di pagi hari, maka minumlah secangkir kopi. Namun, hindari meminumnya pada saat hari sudah mulai larut. Kafen dapat menstimulasi Anda secara berlebihan dan bahkan menambah pergerakan kaki di malam hari.

 

Latihlah pikiran Anda

Jika tubuh harus duduk, maka biarkan pikiran Anda tetap sibuk. Pada pagi hari, coba untuk membaca buku dan melatih pikiran Anda dengan mengisi teka-teki atau mencoba hobi seperti menjahit, merakit mainan atau melukis.

 

Lakukan mandi yang nyaman

Otot menjadi lebih lembut dan santai ketika bersentuhan dengan kehangatan. Cobalah untuk berendam semalaman dengan tambahan ekstrak lavender atau kamomil. Kedua tumbuhan tersebut dapat digunakan untuk membuat tubuh lebih santai. Berikan kedua kaki Anda pijatan sebaik mungkin untuk menenangkan mereka.

Sindrom kaki gelisah dapat mengganggu waktu tidur Anda dan seluruh hidup Anda. Gunakan tips di atas untuk mengatasi berbagai macam gejala sehingga Anda dapat mengendalikan hidup Anda kembali.

Olahraga dan kesehatan