Tentang kesehatan

Penyaring Air Radon

Penyaring Air RadonRadon adalah faktor resiko yang sering Anda dengar ketika membeli rumah baru. Pemeriksa rumah akan bertanya apakah Anda ingin pemeriksaan radon termasuk dalam pemeriksaan untuk mengatur tingkatan pada radon gas di rumah Anda. Radon tidak langsung dibawa melalui udara tetapi melalui sistem air. Pengetesan air hampir sesuai dengan penyaring air radon dan penutup pompa bak diperlukan untuk

mencegah atau mengeluarkan radon pada air tersebut.

Radon datang dari sumber air yang berasal dari air tanah keluar ke permukaan. Sumber air umum ataupun pribadi sama-sama mudah terpengaruh. Beberapa sumber air umum mempunyai penyaring air radon dan alat pengurang radon yang dipasang pada tanaman tetapi karena harganya yang mahal kemungkinan pemasangan tidak dilakukan.

Sebelum cadangan air mencapai pemakai terakhir, apakah dari sumur pribadi ataukah dari cadangan umum, kondisi penggunaannya dapat ditempatkan pada dua cara yang berbeda.

Penyaring air radon dapat dipasang pada titik masuk sebelum air masuk ke rumah. Peralatan berbentuk butiran yang diaktifkan karbon dapat digunakan sebagai penyaring atau peralatan aerasi. Walaupun penyaring ini harganya lebih murah daripada peralatan aerasi, tetapi juga dapat membuat radioaktif dan membutuhkan metode khusus pada sistem pembuangannya.

Penyaring air radon dapat juga dipasang pada titik penggunaan keran tetapi hanya dapat menghasilkan porsi air yang sedikit di rumah. Misalnya hanya mengolah air yang Anda minum tetapi tidak efektif dalam menurunkan resiko pada molekul aerasi ketika air digunakan di rumah.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan banyaknya jumlah radon yang dikeluarkan dari air seperti suhu air, konsentrasi radon, jumlah air yang digunakan, dan jumlah air pada daerah permukaan udara. Setiap faktor tersebut akan meningkatkan atau menurunkan jumlah radon yang keluar selama penggunaan.

Resiko radon gas berasal dari pernafasan molekul, yang dapat menyebabkan peningkatan resiko terhadap kanker paru-paru. Jadi memasang sistem pengurang radon pada keran kemungkinan akan menyelesaikan persoalan terhadap aerasi dengan air yang digunakan untuk minum, masak dan mencuci piring. Tetapi hal ini tidak menjawab masalah akan radon yang dikeluarkan ke udara pada titik lain di rumah seperti pada pancuran mandi dan mesin cuci.

Setelah Anda memasang sistem pengurang radon sebaiknya Anda mengetes kembali susunan tersebut setidaknya setiap dua tahun. Pengetesan kembali sebaiknya juga dilakukan jika susunan tersebut mengalami perubahan yang berarti atau perubahan model.

Radon masuk ke dalam cadangan air melalui peluruhan radium di dalam tanah. Molekul radon dibentuk ketika molekul radon mengeluarkan satu molekul, yang merubah susunan kimia dari radium menjadi radon. Penurunan dari pengeluaran molekul tesebut memaksa molekul masuk pada cadangan air.

Yang menarik, sumur-sumur yang ditutup mempunyai tingkatan radon yang berbeda sehingga walaupun Anda mempunyai tingkatan tinggi pada cadangan air di sumur Anda, tetapi mungkin tetangga Anda tidak punya. Setiap rumah sebaiknya dites dan dilakukan hal yang sama yaitu menyaring air radon secara terpisah.

Ketika Anda melihat sistem pengurangan radon, carilah lebih dari satu estimasi dan periksalah referensi untuk kontraktornya. Pekerjaan yang dikontrak untuk penyaring air radon harus sesuai dengan peraturan negara. Ketika pekerjaan sudah diselesaikan, pastikan mengetes sekali lagi tingkat radon di rumah.

 

Olahraga dan kesehatan