Tentang kesehatan

Gejala Gas Radon

Gejala Gas RadonGejala gas radon sulit untuk dideteksi sebelum ia memulai proses penyakit dalam tubuh. Karena alasan ini, banyak pemeriksa rumah merekomendasikan pengujian radon rumah sebelum membelinya untuk mengevaluasi tingkat radon di dalam udara dan air.

Radon adalah gas radioaktif alami yang berasal dari pemecahan radium yang

tersimpan di bumi. Selama proses pemecahan, molekul dilepaskan dan sisanya mendorong Radon ke dalam air tanah di sekitarnya. Gas ini tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa.

Menariknya, peneliti dari Jepang menerbitkan dalam Journal of Pain tahun 2004, bahwa diketahui sejumlah kecil radon yang terhirup dapat mengaktifkan oksigen dan menyebabkan penyembuhan gejala penyakit oksigen aktif seperti osteoarthritis. Meskipun manfaat medis radon ini telah diterapkan dalam lingkungan medis namun tidak untuk di rumah Anda.

Para ahli biologi percaya bahwa radon, hasil dari pemecahan radium, relatif tidak berbahaya. Hasil pembusukan radonlah yang diyakini meradiasi rangkaian  menyebabkan orang yang menghirup radon lebih berisiko terkena kanker paru-paru. Gejala gas radon tidak terlihat sampai diagnosis kanker paru-paru diterima.

Karena gejala gas radon sangat sedikit, pencegahan yang terbaik adalah dengan pertahanan yang baik. Pertama cari tahu jika rumah Anda berisiko lebih tinggi untuk Radon dengan menguji udara rumah. Alat tes ini harus digunakan di dua daerah yang berbeda dari tempat tinggal di rumah, biasanya bukan ruang bawah tanah. Alat uji dibiarkan terbuka untuk sejumlah waktu tertentu kemudian dikirim kembali ke produsen yang akan mengirimkan laporan kepada Anda.

Radon dapat memasuki rumah melalui ruang udara, dari pasokan air atau lepas dari tanah akibat penetrasi dasar gedung. Spesialis mitigasi, kontraktor yang menentukan metode terbaik untuk menghilangkan gas di rumah Anda, dapat merekomendasikan penutup pompa penampung air, ventilasi yang lebih baik, tidak menggunakan ruang bawah tanah sebagai tempat tinggal utama atau bahkan penyaring air radon.

Tingkat radon rata-rata di Amerika Utara cukup rendah tetapi memang ada variasi yang besar. Setelah penelitian terhadap lebih dari 11.000 rumah di 10 negara bagian ditemukan bahwa sebanyak 21% rumah memiliki tingkat radon lebih tinggi daripada tingkat radon maksimum yang disarankan oleh US Environmental Protection Agency (EPA). Dan tidak semua rumah berada di daerah dengan latar belakang tingkat radiasi alam yang tinggi.

Ada lebih dari 700 perusahaan yang menawarkan perangkat pengukur radon. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini memberikan detektor yang disertifikasi oleh Program Keahlian Pengukuran Radon EPA. Alat ukur ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda tidak menderita gejala gas radon.

 

Olahraga dan kesehatan